Mengapa Media untuk Petani Adalah Hal yang Penting?

Pernah saya datangi pedesaan dalam rangka survei tertentu, tanpa perlu terkejut ataupun kaget, masyarakat pedesaan itu pastinya mayoritas berisikan petani. Ketika sedang melakukan wawancara di sana, terkadang saya menanyakan hal-hal yang menarik minat saya sendiri sehingga keluar dari jalur pertanyaan-pertanyaan yang telah ditentukan dalam skema wawancara.

Seperti mengapa kelompok tani diwajibkan, serta mengapa pengambilan pupuk dan lain-lain pun membutuhkan kartu anggota kelompok tani, dan juga saya sendiri mendapatkan jawaban yang mengejutkan seperti hubungan antara keberadaan peraturan terhadap kelompok tani dan politik daerah tersebut.

Tetapi, tentu yang kadang kala membuat miris adalah entah mengapa perjumpaan para petani tersebut dengan media sangat jarang. Padahal, dengan mulai menjadi-jadinya teknologi modern kekinian ini, seharusnya segala jenis akses terhadap informasi maupun berita terbaru sangat mudah. Media untuk para petani menjadi semakin terbuka lebar.

Pikiran spekulatif saya pun muncul, dalam keterhubungan dengan pendidikan serta usia para petani. Saya pikir mungkinkah ini karena para petani tersebut memang merasa tidak perlu sebuah informasi terbaru mengenai dunia pangan mereka, ataupun juga akses akan informasi tersebut yang tidak bisa mereka dapatkan.

Padahal, menilik juga bahwa masih besarnya penduduk di Indonesia yang bekerja sebagai petani. Terlebih lagi kewajiban setiap petani untuk menjadi anggota tani agar mereka bisa lebih mengorganisasikan segala hal kebutuhan bersama mereka.

Menurut saya, platform Pak Tani Digital ini dan juga platform digital pertanian lainnya yang sejenis dapat menjembatani berbagai hal tentunya. Sebuah media tentunya bukan saja memberitakan apa yang menjadi kejadian maupun sesuatu yang terjadi saja, tetapi lebih lanjut bahwa media tersebut dapat membentuk persepsi petani, memberikan pembelajaran, menambah ide, menggalang kreativitas, maupun menjadi sebuah alat untuk mengajukan tuntutan mereka.

Baca Juga: Bagaimana Sebenarnya Pertanian 4.0 Itu?

Sawah Petani

Berikut kemudian saya akan mencoba memperlihatkan skema-skema bahwa tugas media adalah menjembatani kesulitan tertentu yang berbasis kepada pengetahuan dan kemudian malah lebih tepat adalah ke kesadaran.

Pengetahuan merupakan sebuah hal yang vital di zaman sekarang ini, pengetahuan memberikan banyak hal, dan terutama sekali bahwa kepemilikan terhadap pengetahuanlah yang kemudian dapat memajukan maupun menambah kekuatan yang apabila dalam skema ekonomi di pertanian adalah memajukan kepentingan para petani.

Apa saja yang memungkinkan para petani membutuhkan pengetahuannya? Bahwa di dalam penghidupannya, para petani berhubungan dengan kelompok tani, dan kemudian berhubungan lagi dengan mekanisme pasar yang diatur beberapa halnya oleh pemerintah seperti pengaturan mengambil pupuk, pengambilan bibit per lahan.

Tentu pemerintah melaksanakan pengaturan tersebut dalam kepentingan tertentu juga, kepentingan sesuatu, politik apapun itu. Oleh sebab itu, dalam hal ini, kebutuhan informasi yang membukakan mata para petani adalah sebuah hal yang sangat membantu.

Selain itu, mulai bermunculannya platform-platform yang dapat membantu kerja petani kadang kala tidak terdengar sampai kepada para petani itu sendiri. Misalnya, terdapat aplikasi yang membantu pelaksanaan pengaturan dan tata pengorganisasian panen, pembibitan agar dapat mempersiapkan segala hal yang menjadi kendala di hari esoknya.

Oleh karena itu, dengan tertentukannya apa saja, termasuk keluhan-keluhan masyarakat petani, dapat dilihat dari sebuah trend bergerak yang dapat teramati dari media dan grup-grup agar kemudian dapat diberikan pencerahan solutifnya. Karena di masa sekarang ini, informasi berbasis kognitif adalah hal yang sangat laku. Para petani memiliki hak untuk mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan kehidupannya tersebut.

Klik & Baca: Prospek Pengembangan Pertanian di Indonesia

Penulis: Muhammad Aufa R P

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.