Prospek Pengembangan Pertanian di Indonesia

Bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang kaya akan sumber daya alam. Bangsa ini selalu dijuluki sebagai bangsa agrarian, sebuah bangsa dimana sektor pertanian menjadi salah satu pekerjaan utama masyarakatnya. Berbagai dinamika terus menerpa dunia pertanian, yang disebabkan oleh sektor pertanian mampu menghasilkan sebuah produk yang sangat erat dengan kehidupan manusia, salah satunya berupa bahan pangan.

Pangan hingga saat ini telah menjadi salah satu komoditas unggulan. Kebutuhan akan asupan gizi berupa karbohidrat telah menuntut manusia untuk terus memenuhi kecukupan gizi tersebut. Bila kecukupan gizi tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami keterhambatan dalam proses pertumbuhan.

Selain itu, dari sisi ekonomi, produk pangan merupakan sebuah produk unggulan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Salah satu contoh tanaman penghasil pangan yang sangat potensial untuk dikembangkan tersebut adalah tanaman padi (Oryza sativa).

Tanaman padi merupakan salah satu komoditas pertanian yang paling dekat dengan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan masyarakat dalam mengonsumsi nasi.

Baca juga: Fakta tentang Padi (Beras) di Indonesia

Prospek Pengembangan Pertanian Masih Terbuka Lebar

Data hasil perhitungan dari Kementan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa tingkat konsumsi masyarakat terhadap nasi masih mencapai angka 60% lebih. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasi masyarakat yang mencapai angka 60% tersebut, diperlukan persediaan beras dalam jumlah yang sangat signifikan. Hal inilah yang kemudian membuka jalan untuk melakukan sebuah kegiatan kewirausahaan yang sangat menjanjikan.

Selain dengan melakukan proses kewirausahaan di bidang beras, aspek lain yang mampu dijadikan sebagai salah satu peluang usaha adalah pada sektor penyedia (penangkar) benih. Pada sektor ini, peluang pengembangannya sangat besar, dibarengi dengan pangsa pasar yang besar juga. Hal ini juga sangat didukung oleh tingkat kebutuhan benih pada tingkat petani yang sangat tinggi, yang tentunya menjadi pangsa pasar utama pada sektor pengembangan perbenihan tersebut.

Selain dari sisi pengembangan tanaman pangan, salah satu peluang pengembangan produk pertanian adalah komoditas hortikultura. Produk hortikuktura ini terdiri dari berbagai macam tanaman sayur, buah, hingga tanaman hias. Dengan tingkat konsumsi masyarakat yang masih sangat tinggi, sektor hortikultura ini menjadi sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hortikultura

Petani Muda Sebagai Harapan Pertanian Indonesia

Petani Muda Sebagai Harapan Pertanian Indonesia

Dengan beberapa keunggulan dan peluang pengembangannya di atas, dunia pertanian kini semakin dilirik oleh masyarakat, khususnya kaum milenial.

Tercatat, pada pendaftaran SBMPTN tahun 2019, jurusan pertanian menduduki posisi ke-2 dengan peminat terbanyak secara nasional setelah kedokteran. Hal ini mengindikasikan bahwa para kaum milenial saat ini sudah semakin tertarik untuk berkecimpung di dunia pertanian. Dengan tingkat peminat kaum muda yang semakin tinggi tersebut, hal tersebut mampu menjadikan peluang pengembangan dunia pertanian semakin besar.

Hal ini karena kaum milenial merupakan kaum yang sangat identik dengan kemajuan pengembangan teknologi dan informasi. Dengan begitu, peluang terciptanya era industri pertanian pun akan semakin besar, terlebih bila kita melihat perkembangan revolusi industri yang saat ini sudah berada pada revolusi industri 4.0.

Oleh karena itu, dengan beberapa peluang serta pengembangan yang begitu pesat, sektor pertanian menjadi sebuah tambang penghasilan yang sangat besar untuk terus mengisi tiap ruang-ruang kehidupan manusia.


Itulah narasi tentang prospek pengembangan pertanian di Indonesia. Peluang pengembangan pertanian masih sangat besar dan terbuka bagi siapapun, terutama para kaum muda atau para sarjana pertanian. Petani muda adalah tonggak pertanian Indonesia untuk ke depannya.

Nah, bagaimana pendapat kamu Sobat PTD? Jangan lupa komen-komen di bawah ya!

Klik & Baca: Pertanian Modern, Sang Penunjang Pertanian Nasional

Penulis: M. Lukmanul Hakim

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.