Prinsip Sukses Petani Muda yang Wajib Kamu Ketahui

Banyak orang yang masih berpikir bahwa jenis pekerjaan populer seperti dokter, guru, dan arsitektur sebagai tolak ukur kesuksesan, serta mengesampingkan pekerjaan yang tidak memiliki gaji atau keuntungan yang tetap seperti bertani ataupun berternak. Hal itu menyebabkan kurangnya minat anak muda dalam pekerjaan tersebut. Namun, jika Anda benar-benar berbakat dalam bidang tersebut, cobalah untuk menghilangkan gengsi dan sebaiknya fokus agar berhasil.

Tidak perlu minder bila Anda ingin menjadi petani di usia muda. Namun sebaliknya, Anda harus bangga karena petani adalah pekerjaan mulia. Bila tidak ada petani, maka kita tidak bisa makan dengan baik dan juga tidak bisa mengolah berbagai makanan sehat. Tak bisa dipungkiri, bahwa menjadi petani bisa membuat keberhasilan dalam hidup layaknya pekerjaan orang-orang sukses.

Menjadi petani juga tak menutup kesuksesan seseorang, dimana ia harus memiliki prinsip yang mendukung kesuksesannya. Tak perlu memandang umur yang masih muda, justru saat muda-lah kita harus lebih produktif.

Berikut ini adalah beberapa prinsip sukses yang wajib dimiliki oleh petani muda, yaitu sebagai berikut:

Tidak Berhenti Berinovasi

Inovasi menjadi prinsip sukses utama dalam kesuksesan petani muda, entah itu dari segi teknologi maupun pembibitan. Menciptakan hal yang baru dan lebih maju memerlukan kreativitas tinggi dari petani itu sendiri. Kreativitas itulah yang akan membuat hasil produksi menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga memajukan kesejahteraan pertanian.

Wajib memiliki semangat kesuksesan

Sifat kesuksesan harus tertanam pada orang yang ingin berhasil, salah satunya adalah petani. Di usia muda, seharusnya sudah mulai berpikir, bergerak, dan berorientasi ke masa depan. Para pemuda yang ingin menjadi petani, harus bekerja keras untuk memajukan bidang pertanian yang digelutinya, selalu disiplin dan menghargai waktu, produktif, serta optimis jika yang dilakukan hari ini akan dituai di masa depan.

Baca juga: Kenalkan I Gusti Made Dwiadya, Petani Hidroponik Sukses Asal Bali

Petani juga bisa sukses bila memiliki prinsip yang tepat

Berusaha perluas pasar yang dituju

Para petani harus mengetahui jangkauan pasar yang menjadi targetnya. Pasar merupakan segmen penting bagi petani untuk menjual produk yang dihasilkan. Selain itu, para petani juga harus mengetahui tinggi rendahnya nilai jual dari produknya.

Di era milenial, memperluas jaringan pasar bisa dilakukan dengan menggunakan kecanggihan internet dan teknologi sehingga jaringan pasar bisa sangat luas hingga ke penjuru wilayah Indonesia, bahkan dunia. Hal itu akan memperbesar peluang para petani untuk bisa menjual banyak hasil taninya.

Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh petani muda adalah aplikasi Pak Tani Digital. Pak Tani Digital adalah aplikasi marketplace pertanian yang menghubungkan petani dengan pembeli akhir, penyedia alat/bahan pertanian, dan pelaku pertanian lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, petani dapat menjangkau calon pembeli yang lebih banyak. Aplikasi Pak Tani Digital dapat di-download di Google Play Store atau bit.ly/paktaniapp.

Baca juga: Mengapa Harus Pak Tani Digital?

Harus menghasilkan produk yang berkualitas

Dalam bertani, kualitas produk sangatlah diutamakan. Untuk menghasilkan produk yang baik, para petani harus tekun dalam menjalani kebun atau ladangnya. Harga pasar juga akan ditentukan dari kualitas produk itu sendiri.

Pintar memanfaatkan keadaan menjadi peluang

Yang sering dialami oleh petani Indonesia adalah bertani sesuai musim dan juga popularitas dari produk pertanian tersebut. Misalnya saja, jika produk cabai sedang banyak diincar oleh masyarakat, para petani mengubah lahan mereka menjadi cabai meskipun awalnya adalah kangkung. Hal itu menyebabkan kelabilan dalam jiwa seorang petani sehingga mereka tidak fokus untuk menanam tanaman yang telah ditetapkan.

Namun, hal itu tentu tidak dilakukan oleh para petani yang memiliki prinsip sukses. Pasalnya, mereka akan menjadikan hal itu sebagai peluang dimana produk yang mereka jual harus memiliki nilai tinggi.


Itulah beberapa prinsip sukses yang harus dimiliki oleh para petani sukses di usia muda. Gunakanlah prinsip-prinsip tersebut agar pekerjaan menjadi suatu penghasilan yang menguntungkan.

Baca juga: Ini Lho Untungnya Jika Anda Menjadi Seorang Petani

Penulis: Epin Supini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.