daun kelor

Daun kelor merupakan jenis tanaman yang memberikan banyak manfaat. Daun dengan nama latin Moringa oleifara memiliki ciri-ciri daun berukuran kecil dan bulat telur. Daun kelor termasuk ke dalam jenis daun majemuk dan dapat hidup subur di ketinggian 7-11 meter.

daun kelor

Bunga dari tanaman kelor sendiri akan muncul sepanjang tahun. Selain bisa diolah menjadi sayur, nyatanya daun yang satu ini juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, daun kelor sendiri banyak digunakan oleh negara-negara miskin sebagai alternatif obat-obatan mereka.

Melihat tingginya manfaat yang dimiliki oleh daun kelor, maka membudidayakanya untuk dijadikan sebagai bisnis usaha tentu sangat menguntungkan. Lalu apa saja manfaat yang dihadirkan oleh daun kelor dan bagaimana analisis dan prospek usaha untuk tanaman ini? Agar tidak penasaran, ini dia informasinya.

BACA JUGA: Olahan Kelor yang Sukses Dikembangkan Oleh Petani Karawang

Kandungan dan Manfaat Daun Kelor

Daun kelor memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sering digunakan sebagai tanaman obat tradisional. Daun ini sendiri memiliki beragam kandungan khasiat seperti antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

daun kelor

Kandungan penting yang ada di dalam tanaman daun kelor antara lain vitamin C dengan kandungan 7 kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk, serta kandungan kalium 15 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang.

Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan kalium, protein, kalium , zat besi, serta asam amino yang bisa menyembuhkan dan membangun otot. Orang-orang zaman dahulu sering menggunakan tanaman ini sebagai obat untuk menyembuhkan beragam penyakit mulai dari infeksi bakteri dan virus, nyeri sendi, kanker, diabetes, hingga permasalahan jantung.

Peluang  Usaha Daun Kelor

Potensi daun kelor ternyata sangat menjanjikan di pasar internasional. Namun hingga saat ini masih banyak para petani Indonesia yang belum memaksimalkan pembudidayaannya. Menurut Direktur PT.Moringa Organik Indonesia, Dudi Krisnadi, pasar daun kelor sangat terbuka luas terutama di daerah Timur Tengah.

Hingga saat ini, pasokan daun kelor untuk kebutuhan dunia masih didominasi oleh Indonesia, padahal kualitas kelor di Indonesia sendiri jauh lebih tinggi sehingga akan sangat menguntungkan jika serius dibudidayakan dan dipasarkan di pasar international.

Analisis Usaha Daun Kelor

Sebelum melakukan usaha budidaya daun kelor, maka Anda harus bisa menganalisis modal usaha dan keuntungan terlebih dahulu. Sebagai informasi, ini dia rincian biayanya.

Modal Awal usaha

  • Pembelian bibit daun kelor: Rp.700.000
  • Pupuk: Rp. 720.000
  • Pupuk kimia: Rp.840.000
  • Pestisida dan obat: Rp.Rp.900.000
  • Transportasi: Rp.780.000
  • Packing: Rp.432.000
  • Penyusutan alat pertanian (cangkul, pompa, golok, gerobak dorong, mesin oven pengering, dll): Rp.1.000.000
  • Pembukaan lahan: Rp.1.200.000
  • Total modal yang harus dikeluarkan yaitu: Rp.6.572.000

Keuntungan Usaha Daun Kelor

Di pasaran, daun kelor kering biasa dijual dengan kisaran harga Rp.35.000 per kgnya. Jika dalam satu hari, Anda bisa panen 9 kg daun kelor maka dalam sehari keuntungan yang bisa didapat yaitu:

9 kg x Rp.35.000= Rp.315.000

Sedangkan dalam sebulan keuntungan yang bisa didapat yaitu 30 x Rp.315.000 = Rp.9.450.000

Oleh karena itu keuntungan yang bisa didapatkan yaitu:

Laba = Total keuntungan- total biaya produksi

Rp.9.450.000 – Rp.6.572.000 = Rp.2.878.000

Berdasarkan hasil analisis di atas, maka bisa dikatakan bahwa budidaya daun kelor sangat menguntungkan, karena hanya dengan modal Rp.6.000.000, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan bersih hampir Rp.3.000.000 sehingga modal akan bisa dikembalikan hanya dalam waktu 2 bulan saja.

BACA JUGA: Cara Menanam Kelor Dengan Mudah Bagi Pemula

Itulah tadi ragam manfaat serta prospek dan analisis usaha dari bisnis usaha daun kelor. Jika dilakukan dengan serius dan bisa menghasilkan produk yang berkulitas, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan tentu akan sangat melimpah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru lainnya? Langsung saja klik di sini.


Sumber:

https://m.merdeka.com/jatim/3-manfaat-daun-kelor-untuk-tubuh-dan-cara-mengolahnya-kln.html

http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-daun-kelor-dan-analisa-usahanya.html

https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20181130/12/865266/potensi-ekspor-kelor-sangat-menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.