kelor

Mau tau bagaimana cara menanam tanaman kelor? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pohon Kelor

kelor
pixabay.com

Baca juga: Ikuti 5 Langkah Ini untuk Menanam Bunga Walisongo

Kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman yang dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 7 meter atau bahkan ada 12 meter. Dengan memiliki batang yang berkayu, tegak, berwarna putih kotor, kulit yang tipis serta permukaannya yang kasar.

daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Daun kelor ini teruji secara klinis dapat menyembuhkan penyakit-penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes, rematik, alergi, dan obesitas.

Berbagai manfaat yang didapat tak lepas dari kandungan yang terdapat dari tanaman ini. Yaitu argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylaline, threonine, thryptopan, dan valin

Tanaman Kelor ini mudah untuk ditanam dan juga mempunyai daya tahan yang sangat baik jika terjadi perubahan musim. Untuk memulai budidaya Kelor, berikut ini cara budidaya daun Kelor agar menguntungkan dan mudah.

Cara Budidaya Tanaman Kelor

Pemilihan Lahan Tanam

Lahan harus terkena matahari langsung minimal 6 jam dan bersihkan dari gulma yang menggangu. Berikan pupuk organik secukupnya ke dalam lubang.

Kemudian tutup dengan tanah sampai 3/4 bagian dan diamkan selama 2 minggu dan buat lubang berdiameter 50-70cm serta kedalaman sekitar 50cm.

kelor
pixabay.com

Pembibitan Pohon Kelor

Pembibitan dari Biji

Metode ini yang harus memakai biji yang berasal dari tanaman yang sehat tidak berpenyakit. Cara pembibitan adalah ambil polong kelor yang sudah tua dan hampir busuk.

Jemur biji dari polong kelor tadi di bawah sinar matahari kurang lebih selama 5 jam. Jika biji sudah mengering, ambil dan simpan ditempat sejuk (kering).

Pembibitan Dengan Cara Stek

Pilihlah pohon kelor besar dengan kondisi sehat dengan ukuran batang 50-70 cm.Tancapkan batang kelor yang akan distek tadi ke dalam polybag sampai tumbuh beberapa tunas.

Penanaman Bibit Kelor

Bibit kelor dalam polybag tadi tinggal dibindahkan ke tanah humus sebaiknya tanam pada waktu sore hari setelah itu tanaman disiram.

Tahap Perawatan

Lakukan penyiraman 5 sampai 7 hari sekali melihat dari kadar air dalam tanah. Hindari tanah di sekitar akar pohon becek dan menggenang air dalam waktu lama karena akan mengakibatkan pembusukan akar.

Pemupukan ini dilakukan satu bulan sekali menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik utuk memberikan nutrisi pada tanah dan kaya akan unsur hara.

Untuk hama yang mengganggu dapat menggunakan insektisida untuk menanggulanginya dan fungisida untuk jamur yang mengganggu tanaman.

Pemanenan

Untuk bagian pohon kelor yang dapat dimanfaatkan dalam panen adalah daun yang dalam keadaan kering dan bijinya sudah berwarna coklat dan dijemur 3-5 jam lalu disimpan dalam tempat yang sejuk.


Itulah informasi menganai cara menanam tanaman kelor. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Menanam Kedondong Dalam Polybag Dengan Benar

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.