kayu manis

Mau tau informasi mengenai cara menanam kayu manis dengan benar? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Kayu Manis

kayu manis
medanbisnisdaily.com

Baca juga: Ikutin Langkah Mudah Untuk Budidaya Kemiri

Kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) merupakan termasuk salah satu komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Terbukti banyak negara yang meminati salah satu rempah ini untuk di ekspor dengan berbagi manfaat dari kayu mannis. Untuk mendapatkan kayu manis yang terbaik maka diperlukan perawatan yang optimal.

Dalam waktu 4-5 tahun pohonnya akan padat dan tampak seperti hutan, kondisi tanaman akan baik, pertumbuhan batang pokok akan lurus dengan percabangan yang banyak dan kualitas kulit kayu yang baik.

Dengan mimiliki peranan yang besar daalam menunjang ekspor hasil pertanian dan devisa negara maka diperlukan petani yang memperhatikan teknik budidaya kayu manis dengan benar.

Apalagi produksi dan mutu kulit kayu manis serta hasil olahannya dipengaruhi oleh jenis atau spesies, teknik budidaya, pemanenan dan perlakuan pascapanennya.

Cara Budidaya Kayu Manis

Pemilihan lahan

Lahan yang dipilih yaitu memiliki jenis tanah latosol atau tanah andosol.Tanah latosol yaitu yang mengandung humus, berpasir, remah, dan mudah menyerap air.

Sementara, tanah andosol adalah tanah mediteran, podsolik merah kuning. Keasaman (pH) yang sesuai dengan tanaman kayu manis adalah pH 5,0-6,0 .

Bersihkan lahan dari semak dan gulma hingga ke akarnya dan cangkul sedalam 20 cm. Jika pada lahan miring, setelah tanah dicangkuli, buat kontur atau teras guna mencegah erosi. Masing-masing teras memiliki jarak 1,5-2 meter.

Buat lubang berukuran 40×40×40 cm dan bersihkan dari batu atau akar pada lubang. Biarkan lubang terbuka selama 1-2 bulan.

Campurkan tanah galian bagian bawah dengan pupuk kandang sebanyak 20-30 kg per lubang. Masukkan tanah bagian bawah dahulu, kemudian tanah bagian atas setelah 1-2 bulan, menjelang musim hujan.

kayu manis
pertanianku.com

Baca juga: 5 Langkah Mudah Budidaya Cengkeh Agar Cepat Panen

Teknik Pembenihan

Pilihlan benih dari induk tanaman yang sehat, pertumbuhan normal dan berumur lebih dari tujuh tahun dan benih bisa diambil dari biji  tanaman kayu manis yang jatuh dari pohon kayu manis.

Pembibitan

Benih bisa ditanam di polybag atau di lahan yang sudah dibuat dan lokasi pembibitan yang baik yaitu lokasi yang dekat dengan sumber air, dekat jalan, dekat dengan daerah penanaman dan lokasi yang bertanah subur.

Penanaman

Terdapat 2 sistem penanaman kayu manis, yakni sistem monokultur dan sistem tumpang sari. Untuk sistem monokultur, satu lahan hanya ditanami 1 jenis tanaman dengan masing-masing jarak 1,5 × 1,5 meter untuk 4.400 pohon/ha.

Sementara, untuk sistem tumpang sari, satu lahan ditanami berbagai macam tanaman seperti sayur, palawija, cengkih, kopi, dan buah. Jarak yang digunakan adalah 2 × 2 meter, 4 × 4 meter atau 5 × 5 meter.

Jika yang digunakan selingan adalah tanaman sayur, buah semusim atau tanaman palawija, maka jaraknya lebih rapat dibandingkan dengan buah tahunan atau tanaman perkebunan lain.

Teknik Drainase Pada Bedeng

Buat parit drainase pada setiap bedeng agar kalian mudah menanam, menyiram, dan memindahkan bibit tanaman kayu manis. Lebar parit drainase yang kalian buat berkisar 30 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm.

Pada bagian atas media penyemaian kalian lapisi tanah setebal 5 cm. Langkah yang terakhir yaitu penanaman biji tanaman kayu manis dengan jarak tanam sekitar 5 cm.

Jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin agar kebutuhan air pada tanaman kayu manis tercukupi dengan baik.


Itulah cara menanam kayu manis dengan benar. Selamat mencoba dan semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaata ya sobat PTD!

Baca juga: Ketahui Budidaya Pala Dengan Mudah

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://www.pertanianku.com/mudah-budidaya-tanaman-kayu-manis-dengan-cara-ini/
  • https://tanipedia.co.id/cara-budidaya-kayu-manis-yang-bernilai-ekonomi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.