Sapi Belgian Blue

Yuk, kenali Sapi Belgian Blue? Berikut informasi dari Pak Tani Digital.

Sapi Belgian Blue

Sapi Kekar Bobot Bisa Mencapai 1 Ton

Sapi Belgian Blue merupakan salah satu jenis sapi persilangan yang diketahui berasal dari persilangan breed Shorthorn dan Charolais yang mulai dikembangkan oleh Pemerintah Belgia sejak tahun 1960an. Sapi jenis ini pun mulai dikembangkan di Indonesia melalui Balai Embrio Transfer (BET Cipelang).

Pengembangan sapi jenis ini sebenarnya telah dilakukan oleh LIPI dan PT. KAR sejak tahun 2015 lalu berlokasi di Rumpin Bogor. Penelitian ini berusaha untuk melakukan persilangan antara Sapi Belgian Blue dengan sapi betina dari jenis Sapi Sumba Ongole. Pemuliaan membutuhkan waktu 15 – 20 tahun, pengembangan 3 – 5 tahun sampai bibit siap didistribusikan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menarik dari Sapi Belgia Blue.

"<yoastmark

Baca juga : APA ITU BANGSA SAPI POTONG EROPA DAN JENIS – JENISNYA?

Sapi Berotot dan Berbadan Besar

Sapi Belgian Blue dikenal karena memiliki otot serta badan yang besar dari sapi potong pada umumnya. Sapi ini diketahui memiliki perototan ganda (double muscle) yang terjadi karena hipertrofi otot disebabkan mutasi genetik myostatin (GDF-8). Sapi ini mampu menghasilkan karkas 80 % dan meat yield yang dikabarkan mencapai 85 %.

Kelemahan yang mungkin anda temukan pada daging sapi ini ialah dagingnya berwarna lebih pucat, kualitas karkas rendah serta daya ikat air yang kurang karena pengaruh protein turn over, serta penampakan eksterior yang menunjukkan sapi ini lebih terlihat berotot dan kekar.

Bobot Badan Mencapai 1 Ton

Faktor lainnya yang membuat Sapi Belgian Blue menarik ialah bobot badanya yang mampu mencapai rata – rata 1 ton, untuk sapi jantan mampu mencapai bobot badan 1.100 – 1.250 kg dengan tinggi 1,45 – 1,50 m sedangkan sapi betina mencapai bobot badan 850 – 900 kg dengan tinggi lebih dari 1,40 m.

"<yoastmark

Baca juga : 5 Faktor Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi

Lebih Jinak

Bila dilihat dari penampilannya secara eksterior maka dapat dipastikan bahwa sapi ini akan liar dan sangat sulit untuk dikendalikan, apalagi dengan otot serta badan yang dimilikinya cukup besar dibandingkan dengan sapi pada umumnya. Namun perkiraan itu salah besar, karena sapi ini lebih jinak dan sangat bersahabat.

Keuntungan Ganda (Dwifungsi)

Pemeliharaan Sapi Belgian Blue selain menghasilkan daging ternyata juga dapat menghasilkan produksi susu yang cukup melimpah. Dalam satu kali periode laktasi sapi ini mampu menghasilkan 4.000 liter susu dengan 3,23% protein dan 3,48% lemak.

Kelemahannya dalam pemeliharaan dengan tujuan penghasil susu cukup sulit untuk melakukan pemerahan pada ambing dikarenakan ambingnya jauh lebih kecil dari sapi lainnya dan tersembunyi oleh struktur tubuh dan ototnya.

Kebutuhan dan Konversi Pakan

Pemeliharaan sapi ini membutuhkan jenis pakan yang berbeda dengan sapi lainnya dikarenakan bobot kulit dan jeroan   hanya 15% dari bobot tubuhnya. Pakan yang paling baik untuk ternak ini ialah konsentrat, biji – bijiann dan serealia walaupun akan menghabiskan lebih banyak biaya dibandingkan dengan jenis sapi lainnya.

Namun hal tersebut sebanding dengan pola pertumbuhan sapi ini yang relative lebih cepat dibandingkan dengan sapi pada umumnya.

Proses Kelahiran Dibantu Operasi Caesar

Proses kelahiran pada sapi ini harus dibantu dengan operasi Caesar, disebabkan saluran reproduksi betina (vulva) tidak cukup muat untuk melakukan kelahiran normal. Tentu saja ini bermasalah untuk peternak dengan tujuan pembibitan karena memerlukan biaya untuk melakukan operasi Caesar dengan bantuan Dokter Hewan.

REFERENSI

  • https://sinauternak.com/fakta-sapi-belgian-blue/
  • https://alamtani.com/berita/mengenal-sapi-belgian-blue/

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.