Melirik Data Pangan Satu Pintu, Program Kerja Mentan Syahrul

Terpilihnya Menteri Pertanian periode 2019-2024 Syahrul Yasin Limpo di kabinet Indonesia Maju membuat beliau ingin membuat gebrakan baru terhadap pertanian Indonesia.

Dalam program 100 hari kerja pertamanya, ia akan mengumpulkan seluruh data pertanian yang akan divalidasi lewat satu pintu. Kebijakan ini dilakukan agar seluruh perencanaan dan kebijakan oleh pusat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga : Hadapi Resistensi Hama, Kementan Anjurkan Petani Pakai Pestisida Sesuai Dosis Anjuran

Ia juga menegaskan bahwa setiap data yang dikeluarka harus mengacu kepada lembaga negara yang sah dan mengikat dengan undang-undang seperti Badan Pusat Statistik (BPS). Karena itu, kata Syahrul, tidak boleh ada satu lembaga atau kementerian yang saling mengeluarkan data.

Apresiasi Mantan Mentan Terhadap Kebijakan Data Pangan Satu Pintu

Kebijakan yang akan dibawakan Mentan Syahrul ternyata mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Tak terlepas dari apresiasi mantan mentan Andi Sulaiman.

Hal ini dikatakan oleh mantan Mentan Andi Sulaiman pada acara sertijab beberapa waktu lalu. Ia menuturkan bahwa langkah yang diambil lewat data pangan satu pintu adalah langkah yang tepat untuk membawa sektor pertanian lebih kuat.

“Soal data pangan yang disampaikan pak Syahrul, saya mendukung karena langkah tersebut sangat tepat. Memang ini harus diperbaiki karena banyak mafia yang bermain. Saya yakin pak Syahrul bisa membawa pertanian menjadi lebih kuat,” katanya belum lama ini.

Data pangan satu pintu
Ilustrasi : Data pangan satu pintu adalah program kerja yang dibawakan oleh Kementan agar pertanian lebih kuat lewat data yang hanya disajikan oleh lembaga yang sah dan mengikat secara Undang-Undang.

Mentan Syahrul Dinilai Mampu Membawa Pertanian Indonesia Lebih Kuat

Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawes Selatan mengaku sangat bangga melihat putera daerah Sulsel diangkat untuk membawa pertanian Indonesia. Nurdin mengaku bahwa ia yakin Syahrul dapat mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia dalam lima tahun kedepan.

Sebagai masyarakat Sulsel, kami bangga putra daerah terbaik Sulsel dipercaya mengambil peran dalam membangun bangsa. Saya yakin ke depan beliau bisa membawa pertanian lebih baik kagi,” katanya.

Dukungan juga datang dari Leta Rafael, Pengamat Petanian di Universitas Nusa Cendana.

Baca Juga : Penyaluran Pupuk Bersubsidi Dikawal Oleh Kementan

Ia mengutarakan bahwa presiden tidak salah memilih Syahrul sebagai menteri pertanian berikutnya di periode 2019-2024. Ia menilai bahwa Syahrul adalah sosok yang brilian serta dapat diandalkan untuk membawa Indonesia lebih maju di sektor pertanian.

“Pengalaman Syahrul sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, seharusnya bisa memberikan energi positif bagi pembangunan pertanian. Artinya, dengan pengalamannya sebagai gubernur, tentu Syahrul tahu apa yang harus dilakukan pemerintah, dan petani dalam arti luas, untuk memajukan pertanian di Indonesia,” tukasnya.

Sekedar diketahui, Syahrul merupakan putra daerah Sulawesi Selatan yang meniti karir dari Kepala Desa. Kemudian langkahnya meranjak ke Lurah, Camat, Bupati, Wakil Gubernur hingga dua periode Gubernur.


Nah itu dia sedikit ulasan mengenai Data Pangan Satu Pintu oleh Mentan Syahrul. Bagaimana menurut kamu sobat PTD? Apakah program ini efektif?

Baca Juga : Ikuti 5 Tahap Ini untuk Budidaya Apel dari Biji

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.