Usetania

Apakah Anda sudah tahu apa itu Usetania? Software ini sangat membantu petani dalam mengatur lahan pertaniannya.

Perkembangan teknologi merupakah hal-ihwal yang selalu terjadi. Dalam hal ini, apabila dilihat dalam pertanian, penemuan peralatan cangkul, traktor, pembajak, dan lainnya yang memudahkan pekerjaan manusia adalah contoh-contohnya.

Hal ini berlanjut sampai ke masa modern dimana telah ditemukannya teknologi komputasi yang begitu memudahkan kehidupan manusia.

Namun, peranan perkembangan digital dalam dunia pertanian belum besar sekali dampaknya dalam masyarakat tani Indonesia. Padahal, kenyataannya, kebutuhan piranti lunak juga nyatanya memudahkan tugas-tugas tertentu dalam pertanian.

Mengenal Usetania

Usetania merupakan software open source yang dapat digunakan secara GRATIS oleh petani untuk mengatur usaha pertaniannya dengan mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan.

Software ini memiliki fitur-fitur yang digunakan baik oleh petani rumahan untuk konsumsi sendiri maupun petani dalam skala yang lebih besar.

Pada awalnya, pembuat Usetania mencoba membuat sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi greenhouse di rumahnya seperti kelembapan, curah hujan, dan lain-lain.

Dashboard Software Usetania
Dashboard Usetania | Foto: usetania.org

Tentu di dalam greenhouse tersebut, telah ada alat digital yang mampu melakukan pengukuran tersebut secara otomatis sehingga petani tidak perlu setiap hari mengecek keadaan tanaman-tanamannya.

Bukan berarti kegunaannya hanya untuk pertanian kecil atau yang berbasis rumahan saja. Selain fitur yang menghubungkan dengan sensor-sensor yang biasa dimiliki oleh pertanian model greenhouse, fitur lainnya yang terdapat di Usetania adalah sistem akuntannya yang membantu petani dalam mencatat maupun menganalisis secara presisi apapun kebutuhan di dalam ladang pertanian.

Baca Juga: Pentingnya Pembukuan Akuntansi untuk Petani

Perhitungan yang Presisi

Contohnya ialah penggunaan pestisida, pupuk, maupun bibit. Kadang kala, penghitungan dan pencatatan tidak dilaksanakan sehingga kerugian tidak terduga dapat terjadi.

Dengan mencoba fitur yang membantu penghitungan secara presisi di Usetania, maka dapat diketahui apa yang sebenarnya bisa dioptimalkan. Hal ini dapat menghemat sumber daya dan juga mengarahkan petani ke hal yang memang memerlukan sumber daya.

Selain pencatatan dan analisa, ada lagi fungsi lain dari software opensource ini, yaitu membantu membuat sistem jadwal yang akan membantu petani dalam mengolah lahan sesuai waktu yang telah ia tentukan.

Software Usetania
Foto: usetania.org

Secara singkat, software ini sangat membantu petani me-manajemen segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pertanian secara presisi.

Bagi para petani yang ingin menggunakan Usetania, selanjutnya dapat mempelajari lebih lengkap di website resminya yaitu usetania.org.

Selain itu, juga terdapat grup telegram yang berisikan petani-petani dari banyak daerah baik di Indonesia maupun luar Indonesia karena Usetania ini memang dibuat untuk penggunaan global. Dari grup tersebut, petani dapat menanyakan maupun bertukar informasi dengan petani lainnya yang saling berbeda daerah.

Karena sudah gratis dan dapat mempertemukan sesama petani, maka tidak ada salahnya mencoba Usetania ini.

Baca Juga: Teknologi Nanobubble, Ciptaan Sarjana S2 ITB Untuk Panen Udang Lebih Maksimal

Penulis: Muhammad Aufa R P

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.