plastikperak

Bagi kamu yang ingin hasil pertaniannya menjadi lebih tinggi, maka artikel ini cocok buat kamu. Diartikel kali ini akan mengulas tentang memasang mulsa plastik hitam perak, yang dapat membantu hasil pertanian menjadi lebih tinggi.

Mulsa plastik terbuat dari bahan sintetis yang sukar, terurai dengan tanah ini dianggap baik untuk budidaya pertanian di daerah tropis.

Mulsa plastik yang sering digunakan dalam budidaya tanaman pertanian salah satunya mulsa plastik hitam perak. Mulsa plastik hitam perak merupakan mulsa anorganik yang sering digunakan dalam budidaya tanaman holtikultura.

Di banding dengan budidaya konvensional penggunaan mulsa plastik hitam perak memiliki beragam manfaat, seperti menekan perkembangan gulma dan penyakit, menjaga kelembaban tanah, mengurangi evapotranspirasi lahan pertanian yang menggunakan mulsa, mengalami penguapan air tanah dan air hujan hanya sekitar 10%, dan mengurangi kehilangan pupuk akibat penguapan.

Di sebutkan pula pengunaan media mulsa plastik  hitam perak dapat meningkatkan produksi hasil pertanian menjadi lebih tinggi.

Mulsa plastik ini dinamakan hitam perak karena mulsa tersebut terdiri dari dua warna, yaitu warna hitam dan perak. Lapisan berwarna perak berada di bagian atas dan lapisan berwarna hitam di bagian bawah.

Warna perak yang dibagian atas memberi manfaat sebagai pemantul cahaya matahari. Dari pantulan cahaya matahari ini proses fotosintesis menjadi lebih maksimal.

Hal lain dari mulsa berwana perak di bagian atas membuat tanaman tidak terlalu lambat sehingga mengurangi penyakit dan mengusir serangga pengganggu seperti Thrips dan aphids.

Mulsa plastik berwarna hitam dibagian bawah mampu menyerap suhu panas pada akar menjadi lebih hangat. Suhu hangat pada akar dampak dari mulsa plastik yang dipasang pada lahan pertanian ini maka akar akan berkembang dengan baik.

Mulsa plastik hitam mampu mencegah sinar matahari tembus ke dalam tanah, dan juga mampu menekan tumbuhnya gulma.

Mulsa plastik terbuat dari bahan kimia dalam jangka pendek tidak banyak berpengaruh, tetapi jangka panjang berdampak pada lingkungan dan kerusakan.

Ketika melakukan budidaya tanaman dengan menggunakan mulsa plastik jenis hitam perak ini perlu mempertimbangkan banyak faktor, mulai dari ketersediaan mulsa, harga, dampak bagi tanah.

Sisi lain dari mulsa plastik ini perlu juga mendapatkan perhatian dalam budidaya tanaman pertanian, yaitu tingkat penyerapan air, reaktivitas terhadap tanah, karena bisa jadi beberapa jenis mulsa mengandung gulma dan patogen membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Lakukan 5 Langkah Ini untuk Budidaya Cabe Merah di Lahan Luas

Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Memasang mulsa plastik hitam perak ada beberapa cara sederhana yang perlu mendapatkan perhatian agar nanti hasilnya berkualitas dan melimpah, yaitu:

Waktu Pemasangan Mulsa

Salah satu yang harus dierhatikan pada saat pemasangan mulsa plastik adalah waktu.

Waktu yang tepat memasang mulsa hitam perak tidak pada waktu pagi atau siang hari, namun waktu yang tepat memasang mulsa hitam perak yaitu waktu siang hari sewaktu matahari sedang terik pukul 14.00-16.000.

Hal ini, dilakukan supaya plastik mulsa dapat dikembangkan secara maksimal.

waktu pemasangan mulsa
medium.com

Alat Memasang Mulsa

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian saat memasang mulsa plastik hitam perak yaitu alat. Alat untuk memasang mulsa plastik hitam perak ini dianggap penting.

Alat tersebut antara lain pasak bambu berbentuk U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa plastik, spidol dan mulsa plastik hitam perak. Sebelum mulsa hitam perak dipasang menutupi bendengan.

Bendengan yang telah dibuat diberi pupuk buatan atau pupuk alami. Pupuk buatan yang ditabur di atas bendengan biasanya berasal dari pupuk kandang.

Setelah bendengan yang telah diberi pupuk buatan, baru kemudian mulsa plastik hitam perak ini dipasang pada bendengan yang telah diberi pupuk buatan dengan dilakukan minimal 2 orang.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Asal Usul Cabe Peter dan Cara Budidayanya

Pemasangan Mulsa Pada Bedengan

Cara memasang mulsa hitam adalah menarik kedua ujung mulsa plastik ke masing-masing ujung bendengan, arah memanjang.

Selanjutnya ambil pasang bilah bambu berbentuk U yang ditancapkan di setiap sisi bedengan, agar mulsa plastik yang di pasang pada setiap bedengan menjadi kuat tidak mudah lepas.

Langkah lain dalam memasang mulsa plastik hitam perak pada setiap bedengan, yaitu dengan menarik lembar mulsa plastik ke bagian sisi kiri dan kanan (lebar) bedengan hingga tampak rata menutup permukaan bedengan.

Setelah itu pasang masing-masing sisi dengan pasak bilah bambu pada setiap jarak 40-50 cm. Setelah selesai pemasangan bendengan.

Bendengan tersebut dibiarkan tertutup mulsa plastik hitam perak selama 3-5 hari sebelum dibuat lubang tanam. Hal ini dilakukan agar pupuk kimia yang diberikan dapat berubah menjadi bentuk lebih sederhana atau terurai dalam tanah, sehingga dapat diserap dengan mudah oleh tanaman.

mulsa plastik pada bedengan
cyberspaceandtime.com

 

Membuat Lubang Tanam Pada Bedengan

Cara unik dalam membuat lubang tanam pada bedengan yang telah di tutup mulsa plastik hitam perak, yaitu menandainya dengan spidol bisa berbentuk lingkaran, dan segitiga.

Jarak antar lubang disesuaikan dengan jenis tanaman. Hal lain yang perlu menjadi perhatian dalam memasang mulsa plastik adalah jarak. Jarak tanam harus disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh akar, tinggi tanaman dan kebutuhan sinar matahari.

Misalnya pada tanaman cabai, dengan tinggi 75 cm × 50 cm. Lubang tanam ditandai dengan spidol berbentuk lingkaran atau segitiga. Setelah itu baru membuat lubang dengan menggunakan pelubang mulsa.

Pelubang dari mulsa plastik merupakan alat yang berdiameter sekitar 10 cm. Menariknya, salah satu ujung pelubang mulsa ini berbentuk gerigi tajam terbuat dari baja yang tahan dari karat.

Cara lain membuat lubang pada mulsa plastik hitam perak dengan menggunakan kaleng bekas.

Cara pembuatannya yaitu dengan menancapkan dan mendorong pelubang mulsa ke mulsa plastik yang telah dipasang pada bedengan, sambil memutarnya sampai dengan kedalaman sesuai alat, hal ini dilakukan agar membentuk lubang pada mulsa. Melubangi bedengan adalah cara terakhir proses memasang mulsa plastik.


Itudia beberapa cara sederhana memasangan mulsa plastik hitam perak yang dapat Anda coba dirumah. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Budidaya Cabe Hidroponik

Penulis: Ning Tree

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.