Ini Dia Cara Sangrai Biji Kopi di Rumah Dengan Mudah

Mau tau cara sangrai yang mudah dan dilakukan di rumah? Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Sangrai Biji Kopi di Rumah

sangrai kopi
majalah.ottencoffee.com

 

Banyak orang menyukai meminum kopi, apalagi rasa kopi sesuai dengan seleranya. Untuk medapatkan rasa kopi sesuai yang dikehendaki, tak sedikit orang yang memilih membeli biji kopi mentah dan mengolahnya sendiri di rumah.

Salah satu proses penting dalam mengolah kopi adalah menyangrai biji kopi. Karena dari proses menyangrai dapat menciptakan rasa kopi berbeda-beda.

Jika anda termasuk orang yang suka mengolah kopi sendiri, berikut Cara Menyangrai Biji Kopi yang anda dapat ikut di rumah:

Baca juga: 6 Jenis Kopi yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Membeli Biji Kopi Mentah

Pilihlah jenis biji kopi yang berkualitas. Jika hanya untuk diminum sendiri anda cukup membeli 1-2 Kg biji kopi. Jenisanya tergantung keinginan anda. Anda ingin Robusta atau Arabika.

Memilih Metode Menyangrai Biji Kopi

Karena kegiatan dilakukan dirumah sendiri, anda dapat memilih metode sangrai sesuai keinginan anda. Sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan peralatan di rumah anda.

Yang paling sederhana, anda dapat menggunakan kompor atau oven untuk menyangrai biji kopi anda.

Menentukan Tikatan Sangrai Biji Kopi

Karena proses penyangraian dilakukan di rumah sendiri anda dapat menentukan tingkat sangrai sesuai keinginan. Waktu menyangrai harus diperhatikan karena biji kopi yang disangrai relatif sedikit, maka waktu penyangraian juga lebih singkat. Menyangrai kopi membutuhkan waktu 10-15 menit.

Menentukan Sendiri Fase Sangrai

sangrai kopi
majalah.ottencoffee.com

Baca juga: Wajib Tahu! Ternyata Ini Dia 3 Manfaat Kulit Kopi

Tentukan fase sangrai kopi sesuai keinginan, untuk menyangrai 50 gram kopi anda memerlukan suhu 250º. Saat warna biji kopi mulai berubah kecoklatan, setelah itu dapat menurunkan suhu dan mejaga panas menyebar ke biji kopi secara merata.

Terdapat beberapa jenis fase penyangraian yang tentu berpengaruh terhadap rasa kopi yang dihasilkan, antara lain:

Light roast

Jenis fase sangrai ini dicirikan dengan biji kopi yang berubah menjadi kecoklatan dan mulai retak. Retakan ini disebabkan karena uap air yang bertemu dengan Co2, selain itu biji kopi mengeluarkan suara letupan seperto popcron.

Karakter rasa pada kopi jenis sangrai seperti ini adalah sedikit ringan dan rasa asam yang dominan.sedangkan, secara visual kopi memiliki warna coklat terang.

Medium roast

Jenis selanjutnya adalah medium. Pada jenis ini, kopi memiliki rasa yang lebuh manis. Selain itu, rasa, dan aroma kopi dengan sangrai medium lebih ringan dan seimbang di banding jenis lainnya.  Warna biji kopi dengang fase sangrai medium adalah coklat gelap.

Dark roast

Jenis memiliki warna yang lebih gelap dibanding dengan medium roast dengan minyak yang mulai tambak di bagian luar kopi serta ukuran yang lebih besar dibandi biji kopi mentah. Untuk jenis ini kopi memiliki rasa yang cenderung pahit dengan kafein lebih rendah.

Melakukan Resting (Pendinginan)

Tahapan ini adalah proses pendinginan kopi setelah disangrai. Pendinginan dapat dilakukan dengan perlahan di suhu ruangan biasa atau menggunakan kipas angin yang bertujuan untuk menormalkan suhu bijij kopi.

Menikmati Biji Kopi Sendiri Dirumah

Biji kopi yang telah di resting dapat disimpan atau langsung digiling  dan diseduh. Anda dapat menggunakan mesin pengiling kopi atau menumbuk kopi secara manual.

Kegiatan ini dapat lakukan menyesuaikai peralatan rumahtangga sehari-hari seperti kompor wajan, blender atau alu (alat penumbuk) dan sebagainya untuk memudahkan anda dalam mengolah biji kopi.


Itulah cara sangrai biji kopi di rumah dengan mudah dan dengan peralatan sederhana. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kopi Instan, Apa Saja Alasan untuk Tidak Mengonsumsinya?

Penulis: Dino Laferda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://majalah.ottencoffee.co.id/mengapa-biji-kopi-setelah-roasting-perlu-resting/
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/tips-sangrai-biji-kopi-sendiri-di-rumah/
  • https://tanameracoffee.com/ID/coffee-roasting-proses-penting-penentu-karakter-kopi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.