Kopi Instan, Apa Saja Alasan untuk Tidak Mengonsumsinya?

Mau tau alasan untuk tidak mengonsumsi kopi instan? Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Alasan Untuk Tidak Mengonsumsi Kopi Instan

kopi instan
pixabay.com

Baca juga: Kenali 3 Macam Proses dalam Pengolahan Kopi

Segala sesuatu yang didapatkan karena hasil instan itu belum tentu baik, begitu pula dengan kopi instan. Sehingga setiap orang yang menyeduh dan mengonsumsi kopi instan belum tentu memiliki kesehatan yang baik.

Kopi instan yang dikonsumsi secara terus menerus tentu bukanlah hal baik. Sehingga kamu harus mengetahui beberapa alasan mengapa kopi yang diseduh secara instan tidaklah baik, diantaranya sebagai berikut:

Pengolahan Kopi Yang Tidak Alami

Pembuatan kopi yang berjenis instan diolah dengan berbagai kandungan zat kimia yang mungkin bisa menyebabkan penyakif dalam tubuh. Hal tersebut bisa berupa bahan pengawet yang membuat kopi bertahan lebih lama.

Bukan Merupakan Kopi Asli, Melainkan Hanya Perasa Kopi

Karena kopi dalam kemasan bukanlah sebuah kopi asli, melainkan hanya perasa kopi yang dijualnya. Sehingga, rasa manis serta pahitnya kopi bisa merusak kesehatan dalam tubuh.

Berbeda dengan kopi asli yang terbuat dari biji kopi berkualitas, yang tentunya memiliki harga lebih mahal. Sehingga, rasa kopi asli yang dihasilkan lebih enak dan berkualitas, dibandingkan dengan perasa kopi.

Kopi Instan Tidak Memiliki Kandungan Anti Oksidan

kopi instan
dekuruma.com

Baca juga: Ingin Buka Bisnis Kopi dengan Modal Kecil? Coba 4 Ide Ini

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kopi memiliki kandungan Antioksidan didalamnya yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari segala radikal bebas berbahaya yang menyerang tubuh.

Namun, berbeda dengan kopi instan yang tidak memiliki kandungan antioksidan didalamnya. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan kopi secara instan yang justru akan menghilangkan kandungan antioksidan dalam kopi.

Penyeduhan Kopi Secara Instan Tidak Memberikan Sensasi Yang Menyenangkan

Dalam penyeduhan kopi secara instan tentu tidak memberikan kesan apapun, karena kamu hanya perlu menuangkan bubuk kopi ke gelas lalu disiram dengan air panas.

Berbeda dengan kopi asli yang pembuatannya harus melalui beberapa proses yang menyenangkan. Dimulai dari menyesuaikan temperatur air, mengatur rasio, memilah berbagai biji kopi dengan flavor yang berbeda, menggunakan beberapa alat seduh yang dibutuhkan.

Dengan begitu, kamu bisa melatih skill untuk dikembangkan dalam pembuatan kopi alami yang sehat.

Tidak Bisa Merasakan Eksplorasi Kopi Secara Instan

Penyeduhan dari kopi secara instan hanya memiliki satu rasa, sehingga jenis kopi instan yang kamu seduh itulah yang akan kamu rasakan.

Hal tersebut membuat kamu tidak bisa merasakan eksplorasi kopi. Lain halnya dengan pembuatan kopi yang dilakukan secara alami dari biji kopi segar.

Dengan begitu kamu bisa mengeksplorasi kopi sesuai dengan keinginan, mulai dari cita rasa kopi, cara penyeduhan kopi, tingkat penghalusan kopi. Dengan mengeksplorasi kopi, membuat kamu memiliki pengalaman yang tak biasa dari penyeduhan kopi.


Itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh mengkonsumsi kopi instan. Membuat diri menjadi malas, serta tubuh menjadi tidak sehat. Semoga informasinya bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 6 Profesi di Dunia Kopi yang Kamu Wajib Kamu Tahu

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber: https://majalah.ottencoffee.co.id/5-alasan-untuk-tidak-mengonsumsi-kopi-instan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.