Ingin buka bisnis kopi dengan modal kecil? Di artikel berikut ini PTD akan membagikan beberapa ide yang dapat dijadikan pedoman.

Minuman kopi sejak dulu merupakan minuman sejuta umat. Meminum kopi telah menjadi sebuah tradisi di Indonesia. Bahkan saat ini para generasi muda telah menjadikan minum kopi sebagai sebuah kebiasaan.

Banyaknya penikmat kopi membuat masyarakat menjadikannya peluang usaha, dengan membuka usaha warung kopi atau kopi Shop.

Saat ini banyak sekali warung-warung kopi baik kelas menengah ke bawah hingga kelas atas. Hal ini membuktikan bahwa usaha kedai kopi menjadi usaha atau bisnis yang dapat diperintahkan saat ini.

4 Ide Buka Bisnis Kopi dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang ingin memiliki usaha atau bisnis yang berhubungan dengan kopi berikut 4 ide Bisnis Kopi yang dapat Anda jadikan referensi, yaitu:

Berbisnis Cold Brew

Cold Brew adalah salah satu teknik menyeduh kopi dengan menggunakan air dingin. Jika biasanya kopi diseduh dengan air panas atau hangat, sedangkan cold brew diseduh menggunakan air yang temperaturnya lebih dingin atau bersuhu ruangan.

Berbisnis kopi dengan cara cold brew ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Anda cukup memiliki bahan kopi dan alat seduh yang harganya berkiran ratusan ribu.

Anda juga tidak harus memiliki kedai besar, menggunakan gerobah kecil saja Anda dapat berjualan kopi dengan metode ini.

Hal yang perlu di perhatikan adalah marketing Anda, gaya kemasan yang banyak disukai semua kalangan. Sehingga orang-orang tertarik untuk menikmati kopi Anda.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membudidayakan Kopi Robusta

Berjualan Biji Kopi

Bisnis satu ini yang bisa dibilang lebih mudah. Anda tidak perlu keahlian menyeduh kopi. Namun, Anda hanya harus pandai membangun koneksi antara petani dan para pebisnis kopi lain.

Posisi Anda adalah sebagai penyalur antara kopi jadi dari petani ke para pengusaha seperti Coffeeshop atau perorangan.

Namun, tetap saja Anda harus mengerti karakteristik biji kopi yang berkualitas tinggi, sehingga Anda dapat menentukan harga jual yang tepat.

Selain menjualnya langsung, Anda dapat melakukan branding atau pemberian brand/merk Anda sendiri sehingga lebih mudah dalam penjualan.

biji kopi

Baca Juga: Kopi Gayo Tembus Pasar Kanada dan Amerika Serikat

Kedai Kopi atau Coffeeshop

Memiliki kedai kopi tak harus memerlukan modal yang selangit. Tak perlu barang-barang atau perabotan mewah untuk menghiasi kedai kopi Anda.

Anda dapat mengusung tema sederhana atau tradisional yang tidak memerlukan perabotan atau hiasan mahal. Hal yang harus Anda tekankan disini adalah kualitas kopi yang Anda sajikan.

Yang penting adalah membuat pengunjung puas sehingga lain waktu ingin kembali. Strategi promosi juga perlu diperhatikan.

Lihat sasaran utama Anda apakan anak-anak muda atau orang-orang yang lebih dewasa. Tentu hal ini harus diperhatikan untuk menentukan strategi pemasaran Anda.

Bisnis kopi

Coffee Truk

Coffee truk memiliki peluang bisnis yang sangat besar. Hal ini, karena pelaku usaha yang satu ini tidak terlalu banyak di Indonesia. Namun, jika Anda melihat negara-negara di Eropa, Coffee Truk menjadi hal yang biasa.

Anda tidak pelu memerlukan modal yang banyak, karena Anda cukup mempersiapkan gerobak atau truk yang di gunakan untuk berkeliling menjajakan kopi Anda.

Namun sebelum itu, Anda harus menentuka jenis kopi yang ingin di jual. Kekuatan promosi melalui media sosial menjadi salah satu kekuatan yang bisa Anda manfaatkan.

Melalui media sosial Anda dapat men update posisi Anda berjualan, sehingga pelanggan dapat mengetahui posisi coffee truk Anda saat itu.


Demikian 4 ide usaha yang berhubungan dengan kopi dengan modal yang terjangkau. Degan usaha keran dan ulet, tentu usaha apapun dapat menjadi sukses. Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 6 Jenis Kopi yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Penulis: Dino Laferda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://majalah.ottencoffee.co.id/apa-beda-cold-brew-cold-drip-dan-iced-coffee/
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/4-ide-bisnis-di-dunia-kopi-dengan-modal-ringan/
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kopi_seduh_dingin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.