10 Manfaat Kelapa Sawit yang Perlu Diketahui

Kelapa Sawit adalah salah satu komoditi penting bagi perekonomian Indonesia. Ini tidak mengherankan mengingat luasan lahan dan hasil produksi yang besar, serta banyaknya manfaat tanaman yang bernama latin Elaeis guineensis ini.

1. Bahan bakar biodiesel

Diesel adalah salah satu jenis mesin yang memiliki keunggulan, terutama untuk kendaraan yang cenderung membutuhkan tenaga dalam porsi besar untuk mengangkut hasil kebun, tambang atau pendistribusian komoditas antar daerah. Selain itu, mesin diesel juga kerap digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik.

Nah, bahan bakar utama diesel ini bisa diperoleh dengan menggunakan campuran minyak kelapa sawit, yang dinamakan biodiesel. Biodiesel dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar diesel biasanya.

2. Olahan minyak goreng

Kelapa sawit merupakan bahan baku pembuatan minyak goreng. Bisa dikatakan, kebanyakan minyak goreng yang beredar di pasaran saat ini berasal dari hasil olahan sawit.

3. Bahan membuat mentega

Mentega juga kerap digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti membuat kue atau menumis. Salah satu bahan utama dari mentega adalah minyak kelapa sawit.

Baca: Jangan Dibuang Dulu! Kulit Buah Ini Ternyata Banyak Manfaatnya!

4. Bahan olahan pembuat lotion dan krim kecantikan

Produk-produk kecantikan adalah komoditi yang semakin laris di pasaran. Bukan hanya wanita, kini para lelaki pun merasa penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Salah satu bahan pembuatan krim kecantikan atau lotion perawatan adalah minyak kelapa sawit yang terkenal memiliki kandungan baik untuk menjaga kelembaban kulit. Minyaknya ini kemudian diformulasikan dengan berbagai macam bahan lain seperti serum dan vitamin.

Baca: Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah

5. Sebagai pelumas

Pelumas dari tanaman ini bisa digunakan untuk melumuri bagian luar mesin dan perkakas lain yang menggunakan motor sebagai penggeraknya. Kadang, ada juga beberapa jenis mesin bertipe 2 tak yang menggunakan minyak goreng kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli samping.

6. Bahan baku pembuat cat

Kelapa Sawit Bisa Dimanfaatkan Sebagai Bahan Baku Pembuat Cat

Minyak kelapa sawit juga bagus digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuat cat tembok, cat mobil, vernis atau compound yang sering digunakan untuk melakukan proses pemolesan pada bodi mobil.

7. Bahan baku industri baja

Dalam industri baja, minyak sawit dikenal sangat bagus untuk melapisi baja dan besi. Ini bertujuan agar baja dan besi tersebut menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap karat atau korosi.

8. Bahan pembuat pomade

Olahan tumbuhan ini sering digunakan sebagai bahan pembuat pomade karena kualitasnya yang baik.

9. Membantu proses penyamakan kulit

Minyak sawit bisa membantu proses penyamakan kulit hewan. Kulit hewan seperti sapi dan kambing biasanya akan mengalami proses penyamakan terlebih dahulu sebelum kemudian diolah menjadi bahan baku kulit untuk produksi tas atau dompet.

10. Bisa digunakan sebagai kompos

Ampas dari tandan buah segar (TBS) dan bahkan sawit itu sendiri bisa diolah menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos cukup dikenal sebagai bahan yang baik untuk membantu menyuburkan tanah dan membantu pertumbuhan tanaman karena unsur-unsur hara yang dimilikinya.

Baca: Manfaat Bunga Matahari Yang Wajib Kamu Ketahui

Sumber gambar utama: tirto.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.