Tips Menanam Caisim Hidroponik untuk Mengisi Kegiatan Saat WFH

Work From Home atau WFH merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk melarang warganya bepergian ke luar rumah saat Covid-19 melanda.

Selama WFH, banyak orang yang akhirnya bosan dan bingung harus melakukan kegiatan apa. Jika Anda ingin mencari kegiatan seru di rumah yang sangat bermanfaat dan bisa dilakukan dengan anggota keluarga, maka menanam caisim hidroponik bisa menjadi pilihan tepat.

Caisim

Caisin sendiri termasuk kedalam jenis sawi-sawian yang banyak digunakan sebagai pelengkap berbagai jenis makanan baik mie, bakso, dan lain sebagainya. Saat ini menanam caisim bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan menggunakan media hidroponik.

Langkah Penanaman Caisim Secara Hidroponik

Bagi Anda yang penasaran ingin mempraktekkan proses penanamannya bersama dengan keluarga, ini dia beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan :

  1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum masuk ke proses penanaman, maka Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Benih sawi hijau/caisim
  • Rocwool
  • Pinset
  • Penyemprot air

Setelah alat dan bahan disiapkan, rendam benih sawi selama 12-24 jam terlebih dahulu untuk memecah masa dormansi dan mempercepat proses perkecambahan.

Baca juga 1: 5 Langkah Mudah Untuk Menanam Sawi Hijau Hidroponik

  1. Persiapan Media Tanam

Untuk media tanam, gunakan rockwool dengan ukuran sekitar 1 x 1 cm dan ketebalan 2,5 cm. Jika roclwool masih berbentuk lembaran, potong-potong sesuai dengan ukuran yang telah disebutkan.

Lubangi masing-masing permukaakn rockwool yang sudah dipotong dengan menggunakan tusuk gigi untuk tempat penanaman benih.

  1. Penanaman Benih

Masukkan benih sawi yang sudah direndam sebelumnya kedalam lubang yang sudah disiapkan. Semprot benih yang sudah dimasukkan kedalam rockwool dengan menggunakan sprayer agar tetap lembab.

Jangan lupa untuk meletakkan wadah semaian di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

Baca juga 2 : 5 Langkah Mudah Budidaya Cabe Hidroponik

  1. Pemindahan Tanaman

Setelah benih sawi tumbuh dan memiliki sekitar 3 daun, maka tanaman sudah bisa dipindahkan ke media hidroponik dan diberi larutan nutrisi hidroponik.

Umumnya, benih sawi sudah bisa dipindahkan ke media hidroponik ketika berusia sekitar 7-10 hari. Pisahkan tanaman dari media rockwool berdasarkan irisan yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca juga 3 : 5 Langkah Budidaya Selada Hidroponik dengan Mudah

  1. Penanaman Tanaman dengan Sistem Hidroponik

Benih yang sudah dikeluarkan kemudian bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidrponik. Anda bisa menggunakan sistem sumbu wick atau NFT.

  • Sistem NFT

Untuk sistem NFT, masukkan potongan rockwool dengan tanaman tadi kedalam netpot yang sudah diberi sumbu.

Masukkan net pot kedalam rangkaian sistem hidroponik lalu beri larutan nutrisi. Untuk tahap pertumbuhan awal, Anda bisa memberikan nutrisi dengan kepekatan awal sekitar 600 ppm.

Setelah 5 hari, tingkatkan kepekatan larutan nutrisi hingga 800 ppm, lalu naikkan lagi hingga 1200 ppm. Jaga kepekatan nutrisi agar selalu stabil hingga tanaman memasuki masa panen.

Baca juga 4 : Bertanam Hidroponik? Ini Dia Cara Membuat Pupuk AB Mix Sendiri

  • Sistem Sumbu Wick

Pada sistem sumbu wick, Anda bisa menanam caisim hanya dengan menggunakan botol bekas. Belah botol bekas yang sudah dipisahkan dengan cutter atau pisau menjadi dua bagian. Setelah itu buatlah lubang pada bagian tutup botol untuk tempat pemasangan sumbu.

Masukkan sumbu atau kain flannel ke lubang tuutp botol yang sudah disiapkan sebelumnya. Isi bagian atas botol dengan menggunakan media arang sekam lalu pindahkan rockwool yang sudah dipotong kedalam media tersebut.

Isi bagian bawang botol dengan larutan nutrisi hidroponik lalu pasangkan dengan bagian atas botol yang sudah terpasang dengan sumbu dan tanaman caisim.

Baca juga 5 : Ingin Budidaya Bawang Putih Hidroponik? Ini Dia Caranya

  1. Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan tanaman caisim sangatlah mudah. Anda hanya cukup memastikan bahwa larutan nutrisi tanaman tidak habis. Selain itu, untuk mengendalikan hama dan penyakit, semprot tanaman dengan menggunakan insektisida berbahan alami.

Baca juga 6 : 5 Langkah Mudah Budidaya Hidroponik Kangkung Bagi Pemula

  1. Pemanenan Caisim

Caisim atau sawi hijau yang ditanam dengan sistem hidroponik sudah bisa ditanam ketika memasuki usia 30-40 hari. Untuk memanennya, Anda bisa langsung mencabut tanaman caisim dari rockwool secara perlahan.

Demikianlah langkah-langkah membudidayakan sawi secara hidroponik. Semoga bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga saat WFH. Selamat bertani!

Baca juga 7 : Hanya 4 Tahap Menanam Kacang Hijau Secara Hidroponik

Sumber:

http://hidroponikpedia.com/stepstep-cara-menanam-sawicaisim-hidroponik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.