Kopi Gayo Tembus Pasar Kanada dan Amerika Serikat

Acara pembinaan pelaku ekspor bagi pelaku usaha kopi Gayo di Takengon, Aceh berujung pada tembusnya penjualan hingga ke pasar Kanada pada saat mengikuti TPSA. Yuk, lanjut baca artikel pertanian ini selengkapnya di bawah.

Adapun acara yang diikuti oleh para pelaku ekspor kopi tersebut adalah Program Indonesia-Canada Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project. Program tersebut diprakarsai oleh Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kanada.

Program yang dijalankan tersebut dilakukan secara komprehensif kepada calon eksportir tersebut dan diharapkan mendapatkan manfaat di dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : Tips Menanam dan Memupuk Tanaman Kopi yang Efektif

Melalui program ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kualitas produksi, pemenuhan standar, strategi promosi, cara negoisasi, hingga mendapatkan motivasi untuk terus maju.

“Hasilnya, pelaku usaha kopi gayo mampu untuk melakukan ekspor secara langsung”, jelas Marolop Nainggolan, Direktur Kerja sama Pengembangan Ekspor dalam keterangan persnya di Jakarta pada Selasa (6/8).

Tidak hanya itu saja, Arinagata Ara Sibarani selaku ketua KSU juga mengatakan bahwa manfaat dari kegiatan ini juga senada seperti yang ditulis sebelumnya.

Kopi gayo tembus pasar kanada dan amerika serikat

Suksesnya Petani Kopi Gayo Meraih Pasar Internasional

Kesuksesan acara tersebut dilihat dari manfaat yang didapatkan yaitu para pelaku usaha asal Aceh yang mendapatkan beberapa penghargaan. Mereka ialah Koperasi Redelong Organik, Koperasi Wanita Gayo (Kokowagayo), Koperasi Serba Usaha (KSU) Arinagata, PT Meukat Komuditi Gayo, dan PT Orang Utan Kopi Lestari.

Hasil nyata yang diterima pun tidak main-main. Koperasi Kokowagayo menerima kontrak dari Kanada dengan mengirim 4 kontainer pada bulan Juli lalu.

Baca Juga : Kopi Nasional Kian Dicintai Lokal dan Internasional, Peluang dan Tantangan

“TPSA Project telah memberikan pengetahuan dan kepercayaan diri bagi pelaku usaha kopi untuk masuk pasar global. Sebagai hasil nyata dari TPSA Project, perusahaan kami telah mendapatkan beberapa kontrak dari Kanada dan telah dikirim 4 kontainer pada Juli yang lalu”. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Koperasi Kokowagayo.

Sementara itu, KSU Arinagata juga demikian, hasil yang ia terima dari Kanada adalah kontrak sebanyak 10 kontainer dari TPSA Project. Uniknya, pengiriman dilakukan tanpa perantara tetapi langsung dikirim ke Kanada dan Amerika Serikat.

Kopi Gayo

Hubungan Berkelanjutan Pemerintah Kanada dan Pemerintah Indonesia

Karena TPSA merupakan proyek kerja sama antara Indonesia-Kanada, Ditjen PEN-Kemendag dengan Pemerintah Kanada berkeinginan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas produksi, pemenuhan standar, strategi promosi, dan cara untuk bernegosiasi dengan calon buyers, serta memotivasi pelaku usaha untuk terus maju. Semuanya itu dilakukan agar pelaku usaha kopi gayo dapat melakukan ekspor secara langsung tanpa perantara.

Baca Juga : 4 Syarat Tumbuh Tanaman Kopi yang Wajib Diketahui

“Kemendag akan terus berupaya menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan di beberapa negara. Dan memanfaatkan tenaga ahli di bidangnya agar mendukung upaya peningkatan daya saing pelaku usaha untuk sanggup ekspor”, tutup Marolop.

Tidak hanya sampai disitu, Kemendag juga memberikan kesempatan dengan mendorong pelaku usaha yang ingin memperluas pasar ekspor. Hal ini dapat dilakukan dengan ikut berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34. Rencananya, acara ini dijadwalkan berlangsung pada 16-20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.