Profesi di Dunia Kopi

Kopi telah menjadi gaya hidup yang populer saat ini. Banyak profesi yang dapat digeluti jika Sobat PTD tertarik untuk terjun ke dunia kopi.

Walaupun budaya minum kopi sudah banyak ada dari zaman dulu, tetapi sekarang ada banyak perubahan seperti modifikasi rasa, tempat, teknis pembuatan, hingga alat-alat yang digunakan.

Profesi di Dunia Kopi

Nah, apa saja profesi-profesi di dunia kopi yang bisa kamu coba? Simak di bawah ini.

Petani Kopi

Menjadi petani kopi merupakan profesi yang paling dasar. Profesi ini yang menentukan ketersediaan kopi yang diperlukan oleh masyarakat. Para petani kopi juga menentukan kualitas kopi yang akan kamu nikmati bersama teman-teman.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin menjadi petani kopi adalah kamu harus menentukan jenis kopi yang ingin kamu tanam. Hal itu juga tidak lepas dari memperhatikan keadaan lahan yang akan ditanam.

Kamu harus benar dalam memilih jenis kopi yang sesuai. Selain itu, mengerti tentang cara-cara budidaya kopi serta memiliki kesabaran dan ketekunan adalah bekal yang harus kamu miliki selain lahan, pekerja, dan modal.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membudidayakan Kopi Robusta

Green Buyer

Profesi Green Buyer adalah orang yang membeli biji-biji kopi dari para petani. Langkah awal jika kamu ingin menjadi green buyer adalah mengetahui biji kopi yang berkualitas.

Hal ini penting karena dengan biji kopi yang berkualitas, akan memiliki daya jual yang tinggi. Green buyer biasanya tak hanya membeli kopi dari satu petani. Mereka akan melakukan perjalanan ke petani lain atau ke tempat pelelangan untuk mendapatkan kopi dengan rasa otentik sesuai yang diinginkan atau sesuai pesanan.

Coffee Roaster

Coffee Roasting

Profesi di dunia kopi yang ketiga adalah coffee roaster. Profesi ini adalah bagian yang paling penting karena di bagian ini, kopi yang tadinya masih mentah akan disangrai sehingga mengeluarkan aroma dan rasa yang digemari oleh para pembeli.

Oleh sebab itu, profesi ini menjadi sangat penting dalam perjalanan pengolahan kopi hingga ke cangkir pelanggan.

Coffee Roaster harus benar-benar paham dalam membuat kopi dengan rasa yang luar biasa karena coffee roaster yang bertanggung jawab atas keluarnya rasa nikmat dari kopi yang akan disajikan.

Sepenting itulah bagian coffee roaster dalam perjalanan kopi-kopi yang akan dinikmati.

Baca Juga: Kenali 3 Macam Proses dalam Pengolahan Kopi

Professional Cupper

Profesi ini dapat disamakan dengan polisi dalam dunia kopi. Kopi yang telah dihasilkan akan dicoba oleh Professional cupper.

Professional cupper, taster, dan judges adalah orang-orang yang menentukan kelayakan produk kopi yang akan disuguhkan ke pelanggan. Untuk itu, seorang professional cupper tak hanya harus mengetahui tentang rasa dari sebuah kopi, tapi harus paham dengan karakteristik yang ada pada kopi.

Kamu harus tahu bahwa profesi ini adalah yang menjembatani antara petani dan pembeli. Jika kamu ingin menjadi professional cupper, kamu harus memahami selera pembeli dan pintar mendapatkan rasa tersebut sebelum kopi tesebut diracik.

Barista

Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa barista adalah orang yang meracik kopi dan dihidangkan kepada pembeli.

Sama seperti profesi di dunia kopi yang lain, kamu harus mengetahui seluk beluk tentang kopi, dan tahu cara meraciknya dengan benar dengan alat-alat yang tepat. Dengan begitu, pembeli dapat menikmati kopinya dengan puas.

Tak hanya pintar tentang cara meracik kopi, seorang barista juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik saat melayani pelanggan yang memesan.

Baca Juga: Ingin Berkarir Sebagai Barista? Ketahui Tips-Tips Ini

Barista

Sales

Paham dengan keinginan pasar adalah salah satu syarat sukses jika kamu ingin menjadi seorang sales kopi. Saat ini, ada banyak sekali penggemar kopi sehingga menjadi sales adalah peluang yang sangat besar.

Tah hanya sales kopi, kamu juga dapat menjadi sales peralatan kopi. Tentu sama seperti profesi di dunia kopi yang lain, kamu harus mengetahui semua hal tentang kopi, proses pengolahan, dan alat pengolahan kopinya.


Itulah enam profesi di dunia kopi yang dapat kamu geluti.

Hal yang paling penting sebelum kamu terjun ke dunia kopi adalah kamu harus mencintai segala hal  tentang kopi. Dimulai dari sejarah, jenis, teknik pengolahan, dan rasa kopi yang baik.

Baca Juga: Ingin Buka Bisnis Kopi dengan Modal Kecil? Coba 4 Ide Ini

Penulis: Dino Laferda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • https://majalah.ottencoffee.co.id/6-profesi-penting-dalam-dunia-kopi/
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/siapa-green-bean-buyer-apa-yang-mereka-lakukan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.