barista1

Ingin berkarir sebagai barista? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk Anda. PTD akan membagikan tips sebagai barista.

Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang sangat digandrungi oleh masyarakat saat ini, khususnya generasi muda.

Banyak dari mereka yang menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan teman, belajar, bekerja dan aktifitas lainnya dengan ditemani secangkir kopi.

Sebagian besar dari mereka juga sudah tak asing dengan yang namananya Barista. Barista adalah orang yang menyiapkan atau meracik kopi yang akan disuguhkan ke pelanggan/penikmat kopi.

Tidak hanya pandai meracik kopi, tetapi barista juga harus mengerti seluk beluk kopi. Tak heran jika seorang barista memerlukan waktu yang lama untuk membangun karir sebagai barista.

Tips Sebagai Barista

Bagi Anda yang ingin menggeluti dunia barista dapat mengikuti beberapa tips berikut sebagai barista pemula:

Baca Juga: Langkah-Langkah Membudidayakan Kopi Robusta

Mengetahui Ilmu Tentang Kopi dan Barista

Hal petama yang harus dilakukan jika ingin menjadi seorang barista, tentu Anda harus tahu dan mengerti segala sesuatu tentang kopi dan dunia barista.

Dimulai dari jenis dan karakteristik kopi hingga teknik-teknik dalam meracik kopi yang nikmat. Untuk  menjadi ahli tentang kopi dan barista anda dapat mulai belajar di lingkungan terdekat, seperti teman.

Selain itu, Anda dapat mendaftar di kelas belajar barista. Hal ini merupakan salah satu cara cepat bagi Anda yang benar-benar memulai dari awal karir sebagai barista.

Tentu hal ini memerlukan biaya, namun Anda dapat mecari informasi tempat belajar yang sesuai dengan kantong Anda.

Cara lain, Anda dapat bergabung kedalam grub atau komonitas barista. Disana Anda dapat saling bertukar ilmu dan kemampuan sehingga akan semakin ahli dan berpengalaman.

Selain itu, di komunitas Anda juga akan mendapatkan informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai barista yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Selain sebagai pemasukan pendapatan, Anda juga bisa sambil mengasah kemampuan barista Anda.

Barista3

Tidak Takut Belajar Hal Baru Mengenai Kopi dan Dunia Barista

Sebagai seorang barista tentu Anda akan berhubungan dengan pelanggan yang sebagian besar adalah generasi muda yang senang dengan hal baru.

Anda akan dituntut untuk dapat melakuakan teknik-teknik baru atau meracik kopi dengan peralatan baru yang lebih canggih. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu belajar hal baru mengenai dunia kopi dan barista.

Sering berkomunikasi dengan teman barista yang lain dan tidak malu untuk bertanya atau segan untuk meminta bantuan dalam menguasai hal baru tentang barista.

Baca Juga: Kopi Nasional Kian Dicintai Lokal dan Internasional, Peluang & Tantangan

Mencintai Pekerjaan dan Pantang Menyerah

Mencintai pekerjaan sebagai barista bermaksud bahwa Anda harus melakukan pekerjaan sebagai barista dengan sepenuh hati. Usahakan setiap cangkir kopi yang anda sajikan adalah kopi dengan rasa enak yang Anda buat dengan sepenuh hati.

Perlu anda perhatikan bahwa setiap pekerjaan pasti memiliki kendala dan hambatan tak terkecuali sebagai seorang barista.

Namun, jika Anda melakuan pekerjaan dengan sepenuh hati dan pantang menyerah, tentu kendala tersebut dapat Anda atasi dengan mudah.

Tidak terpuruk, mau berkembang, dan selalu mencari jalan keluar adalah hal-hal yang harus Anda lakukan jika mendapatkan hambatan.

Ingin Mengeksplor Kemampuan Diri Sebagai Barista

Setiap orang pasti ingin berkembang dimasing-masing bidang yang dinginkan. Salah satunya sebagai seorang barista yang dituntut untuk terus berkembang dalam hal menyajikan secangkir kopi yang disukai pelanggan.

Dengan mengeksplor kemampuan barista dalam diri Anda dapat berkembang dengan baik. Cara mengeksplor diri yang bisa Anda lakukan sebagai barista adalah menonton video-video barista di media sosial.

Karena saat ini media sosial menjadi akses yang mudah. Anda dapat memanfaatkanya sebagai sumber kemampuan baru yang bisa anda kembangkan di dalam diri Anda.

Terus mengasah kemampuan tersebut dengan terus berlatih, dapat menjadikan kemampuan barista Anda berkembang dan lebih baik.

barista2

Memiliki Softskill Dalam Bekerja Diluar Sebagai Barista

Selain kemampuan di dunia barista, softskill-softskill tertentu juga harus Anda kuasai. Karena, hal ini dapat membatu karir barista Anda kedepannya.

Softskill yang harus Anda perhatikan adalah kempuan komunikasi yang baik. Karena sebagai barista Anda akan sering berkomunikasi dengan pelanggan dan anggota tim kerja.

Selain itu, kemapuan kerja sama dengan teman juga menjadi softskill yang Anda perlukan. Teliti, ramah, sopan dan dapat diandalkan merupakan softskill yang harus dimiliki. Dengan memiliki kemampuan-kemampuan tersebut, Anda akan menjadi barista yang baik.


Nah, jika kamu tertarik ingin berkarir sebagai barista. Tips-tips diatas dapat kamu jadikan pedoman loh. Semoga bermanfaat.

Demikian beberapa tips yang Anda dapat ikuti jika ingin memulai karir sebagai barista. Terus berusaha dan pantang menyerah akan membuat Anda menjadi barista yang sukses. Sekian, terimaksih.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ingin Buka Bisnis Kopi dengan Modal Kecil? Coba 4 Ide Ini

Penulis: Dino Laferda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://majalah.ottencoffee.co.id/tips-menjadi-seorang-barista-dari-dasar/
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Barista

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.