Tanam Anggrek dengan Media Arang? Ini 5 Tips Mudahnya

Butuh tips tanam bunga anggrek dengan media tanam arang? Apakah sulit melakukannya?  Pak Tani Digital akan memberikan tips yang mudah. Berikut dibawah ini penjelasannya!

Siapa yang tidak mengenal anggrek dengan keindahannya? . Dibandingkan dengan bunga hias yang lain, bunga anggrek termasuk tanaman hias paling populer.

Oleh karena itu, peminat tanaman anggrek meningkat di kalangan masyarakat. Bunga anggrek memiliki ribuan spesies.

Oleh karena itu, untuk bisa membudidayakan anggrek ada beberapa tips khusus yang harus dilakukan. Jika sembarangan, Anda justru merugi karena anggrek yang ditanam tidak bisa berbunga dengan indah.

Tips Tanam Bunga Anggrek Yang Harus Anda Ketahui

Secara umum ada berbagai media yang bisa digunakan untuk menanam anggrek antara lain pakis, arang, moss sphagnum, sabut kelapa, rockwoll, dan lain-lain.

Salah satu media yang bisa menjadi pilihan adalah arang karena bahannya yang lebih mudah didapat dibandingkan dengan media tanam lain. Lalu apa saja tips yang harus dilakukan ketika menanam anggrek? Ini dia penjelasannya.

Siapkan Bibit Berkualitas

Sebelum membudidayakan angrek di media arang, maka Anda harus mempersiapkan bibit berkualitas terlebih dahulu.

Jika Anda berencana membudidayakan anggrek yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan juga diminati para hobbis, maka spesies anggrek bulan dan dendrobium bisa menjadi pilihannya.

Bibit anggrek memiliki jenis yang beragam, namun agar tingkat keberhasilan pertumbuhannya tinggi, maka Anda disarankan untuk menggunakan bibit kompot.

Beberapa ciri-ciri bibit kompot berkualitas antara lain:

  1. Daun panjang dan berukuran lebar
  2. Daun berwarna hijau cerah
  3. Kenali asal usul bibit
  4. Kondisi akar sehat
  5. Bibit sehat dan terhindar dari serangan hama dan penyakit

bunga anggrek

Baca juga: Ingin Menanam Bunga Marigold? Berikut ini Langkah-Langkahnya

Lakukan Proses Aklimatisasi

Apa itu proses aklimatisasi? Aklimatisasi merupakan prodses pemindahan tanaman dari pot yang lebih kecil kedalam pot yang lebih besar. Aklimatisasi dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih maksimal.

Ketika masih dalam kondisi bibit, biasanya tanaman anggrek berada pada wadah kecil. Anda bisa merawatnya hingga perakarannya kuat sebelum nantinya dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan ketika akan melakukan proses aklimatisasi.

  1. Siapkan media tanam serta pecahan batu bata yang sudah disterilkan. Cara mensterilkan batu bata bisa dilakukan dengan merebusnya terlebih dahulu.
  2. Isi 1/3 bagian pot dengan batu bata yang telah disterilkan. Fungsi dari pecahan batu bata yaitu sebagai pemberat sehingga pot tidak rebah ketika tanaman anggrek tumbuh menjadi besar.
  3. Isi 2/3 bagiannya dengan arang kayu yang sudah disterilkan. Cara mensterilkan arang kayu sama dengan pecahan batu bata yaitu dengan disterilkan terlebhi dahulu. Jika ukuran arang terlalu besar, Anda bisa memecahnya menjadi bentuk yang lebih kecil.
  4. Keluarkan bibit dari kompot lalu rendam dengan larutan fungisida sebanyak 2g/l sekitar 15-20 menit. Anda harus mengeluarkan bibit secara hati-hati dari dalam kompot akar- akarnya tidak rusak.
  5. Angin-anginkan bibit yang sudah direndam hingga kering sebelum melakukan penanaman.
  6. Ketika menanam bibit anggrek didalam pot, pastikan bahwa seluruh akar telah tertutup oleh media, selain itu pastikan juga posisi tanaman tegak lurus dengan pot.
  7. Bibit yang sudah diaklimatisasi kemudian dimasukkan kedalam rumah jaring dan disusun dengan rapi.
bunga anggrek
bibitbunga.com

Penyiraman dan Pemupukan

Agar anggrek dapat tumbuh dengan sehat, maka proses penyiraman dan pemupukan juga harus diperhatikan. Penyiraman pertama pada anggrek bisa dilakukan ketika anggrek memasuki usia 5 hari setelah tanam.

Agar air dapat mengenai seluruh bagian tumbuhan, maka disarankan untuk menyiram anggrek menggunakan handsprayer.

Perhatikan juga musim yang berlangsung. Jika memasuki musim hujan, maka Anda harus mengurangi frekuensi penyiraman untuk mencegah terjadinya kebusukan pada tanaman.

Sedangkan ketika memasuki musim kemarau, maka frekuensi penyiramannya bisa dinaikkan.

Untuk pemupukannya, Anda bisa menggunakan pupuk nitrogen cair yang disemprotkan langsung ke tanaman.

Lakukaan Pengendalian Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit tentu akan menyerang kapan saja. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek yaitu busuk akar dan juga busuk daun.

Penyebabnya terjadi karena faktor kelembaban yang tinggi dan sering terjadi ketika musim hujan.

Anda bisa melakukan pengendalian prevententif dengan menyemprotkan bakterisida dan fungisida yang bisa membantu mengendalikan bakteri dan jamur yang menyerang tanaman.

Baca juga: 4 Tahap Mudah Menanam Bunga Matahari dari Biji

Lakukan Pemanenan dengan Benar

Bunga anggrek siap dipanen ketika sudah memasuki usia kurang lebih 1 tahun. Pemanenan pertama kali biasanya hanya menghasilkan bunga yang sedikit.

Untuk pemanenan berikutnya, hasil panen baru mengalami peningkatan. Angrek biasanya bisa dipanen secara produktif hingga usianya mencapai 5 tahun.

Setelah bunga yang siap panen mekar sempurna, maka bunga akan gugur dan akan kembali mekar ada musim berikutnya. Bertanam anggrek memang tidak sesulit yang dibayangkan.

Selain bisa ditanam sebagai penghias halaman rumah, jika dilakukan secara telaten, rutin, dan dibudidayakan dalam jumlah besar, maka Anda juga bisa menjual tanaman anggrek siap berbunga yang saat ini diminati oleh banyak hobbis anggrek.

Harga jual dari tanaman anggrek yang sudah menghasilkan bunga juga lebih mahal sehingg bisa menjadi peluang usaha yang bagus. Selamat mencoba!


Itulah tips tanam bunga anggrek yang bisa kamu lakukan, mudah bukan? Apakah sobat PTD tertarik mencobanya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca juga: Ingin Budidaya Bunga Aster? Ini Dia 5 Langkah Mudahnya

Penulis : Novita Awalia Rahmah

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-anggrek-dengan-media-arang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.