6 Langkah Menanam Rosella Dengan Mudah Bagi Pemula

Mau tau langkah menanam rosella? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi tersebut. Simak ulasannya!

Tanaman Rosella

rosella
caraherbalkita.com

Baca juga: 5 Tahap Menanam Bunga Dahlia Sampai Perawatannya

Rosella (Hibiscus sabdariffa linn) atau sering disebut frambozen adalah tanaman yangi dikenal akan buahnya yang memiliki bentuk seperti kelopak bunga yang terlihat indah dan menarik.

Rosella merupakan tanaman semusim yang mengalami satu kali saja masa produksinya untuk dimabil seratnya.Ekstrak dari kelopak bunga rosella banyak manfaatnya.

Rosella mengandung 9,6 mg anthocyanin, antioksidan, senyawa gossipetin, antosianin serta vitamin C yang biasanya dapat diolah menjadi sari buah, saus, salad, asinan, jeli dan lainnya.

Selain itu, dengan mengkonsumsi rosella terdapat banyak manfaat rosella bagi kesehatan tubuh seperti memberikan perlindungan terhadap tubuh dari radikal bebas, mencegah kanker, menurunkan resiko serangan jantung, mengatasi gejala diabetes serta dapat menurunkan berat badan.

Dengan melihat banyaknya manfaat dari rosella maka budidaya rosella menjadi salah satu peluang membuka usaha serta menambah pendapatan dan nilai tambah pada tanaman rosella sendiri.

Cara Menanam Rosella

rosella
olx.co.id

Persiapan Lahan Rosella

Lahan yang digunakan sebelumnnya harus dibajak agar rata dan dibuat bedengan dengan kedalaman sekitar 25cm. Lahan juga diberi pupuk dasar yaitu pupuk organik yang didiamkan selama 1 minggu untuk memberi nutrisi padalahan.

Pemilihan Bibit

Benih Rosella yang digunakan untuk pemibitan yang berasal dari pemungutan pertama karena pertumbuhan bijinya lengkap dengan memilih biji yang terbesar supaya membawa tanaman berkecambah dengan kuat dan juga segar tanpa adanya cacat fisik.

Penanaman

Jarak tanam bergantung dalam keadaan tanah biasanya dengan jarak 12×12 cm, 15×15 cm, 20×20 cm. Pembibitan sendiri haruslah terpisah dijauhkan dari pertanaman produksi serat karena hama penyakit bisa berpindah dengan mudah.

Jaraknya yang digunakan adalah 75×50 cm, 75×75 cm, 100×75 cm. Dan waktu terbaik menanam Rosella ialah dibulan agustus pertengahan hingga akhir oktober.

Cara Bertanam Rosella

Bedengan diairi supaya terjaga dan juga tidak kering serta tanah menjadi tidak terlalu basah dan kemudian ditugal sedalam 1-3 cm. Benih dimasukkan kedalamnya dimana sebelumnya bibit dilakukan perendaman selama 12-24 jam untuk pertumbuhan bibit yang merata.

Pemeliharaan Rosella

Biasanya Rosella akan tumbuh diwaktu 2 sampai 3 hari saat setelah penanaman. Lakukan penyulangan jika ada rosella yang tidak tumbuh.

Penyiangan juga dilakukan 2-3 kali dalam seminggu agar tidak ada terjadi kompetisi dengan rumput. Waktu pemupukan yang baik adalah pagi hari dengan  pupuk ZA, dengan dosis 400 kg/Ha dan juga pupuk N dosis 119 kg/Ha.

Pemanenan Rosella

Pembentukan bunga dari Rosella ini biasanya diusia 5-6 bulan dan cara memanen tanaman Rosella ialah dengan cara mencabut hingga ke akarnya dan dibuang.

Akarnya dibakar untuk menjaga penyebaran penyakit dan untuk pengolahan batangnya dipotong sama panjang dan diikat lalu direndam diair selama seminggu.

Karena perendaman yang terlalu sebentar akan menghasilkan Rosella kurang bermutu sedangkan perendaman yang terlalu lama akan menjadikan serat tidak terlalu kuat.


Itulah informasi mengenai cara menanam rosella. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Hanya Dengan 4 Tahap Untuk Menanam Bunga Gladiol

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.