Siapa sih yang tidak mengenal tanaman bonsai? Tanaman ini merupakan pohon yang dengan sengaja dibuat dalam ukuran kecil (kerdil) sehingga bisa ditanam dalam sebuah pot. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai hiasan karena bentuknya yang sering dijadikan miniatur dari pohon yang ada di alam bebas. Tetapi tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai media pembelajaran.

Jenis Tanaman Bonsai

Selain ukurannya yang unik, tanaman ini juga semakin banyak digemari orang karena tanaman ini memiliki banyak sekali jenis-jenis sehingga meningkatkan keindahan tanaman kerdil ini. Nah, pada artikel ini, saya akan bagikan beberapa jenis bonsai yang indah dan menarik.

1.Bonsai Beringin

Bonsai yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Tanaman bonsai yang satu ini adalah salah satu bonsai yang paling sering dijumpai dan paling akrab dengan budaya Indonesia. Bonsai ini memiliki ciri khas daun yang rimbun dengan ukurannya yang kecil ditambah lagi bentuk batangnya yang unik membuat tanaman bonsai beringin ini menjadi indah.

Sumber: https://www.google.com

2. Bonsai Azalea

Bonsai ini merupakan bonsai cantik dari jepang. Bonsai yang satu ini memiliki warna bunga yang indah yaitu merah muda dan sangat cantik. Bunga ini akan membuat interior semakin berestetik.

Sumber: https://www.google.com

3. Bonsai Anggur

Mungkin tidak banyak yang percaya bahwa tanaman merambat seperti anggur akan indah jika dibuat menjadi bonsai. Pada faktanya bonsai anggur cukup cantik jika dijadikan tanaman bonsai. Dengan buahnya yang banyak diminati membuat pemilik bonsai anggur dapat menikmati buah anggur segar langsung dari pohonnya.

Sumber: https://www.google.com

4. Bonsai Maple

Bonsai yang satu ini adalah salah satu bonsai yang disebut dengan bonsai tercantik. Bagaimana tidak? Daunnya yang berwarna cerah seperti ungu, pink dan biru membuat para penikmatnya jatuh hati. Tanaman bonsai ini juga berasal dari Jepang.

5.Bonsai Bougenville

Bonsai yang satu ini disebut juga sebagai bunga kertas. Bunga ini memiliki warna cerah yang sangat cocok jika dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Sumber: https://www.google.com

Baca Juga: Langkah-langkah Membuat Bonsai Bunga Kertas Bagi Pemula 

Cara Membuat Tanaman Bonsai

Setelah mengenal beberapa jenis tanaman bonsai, pasti banyak nih yang tertararik untuk mempelajari tentang bonsai. Untuk yang ingin tau cara membuat dan merawatnya, mari kita bahas bersama.

Langkah-langkah yang perlu diiikuti adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah pot yang tepat untuk digunakan sebagai wadah untuk menanam bonsai. Pada saat memilih pot, selain memilih bentuk yang anda inginkan pastikan juga pot tersebut memiliki akses drainase yang mampu mengeringkan air dan pupuk ekstra dari akar tanaman bonsai.
  2. Gunakan tanah yang berkualitas dan cocok bagi tanaman bonsai. Tanah yang berkualitas dan cocok adalah tanah yang mengandung nutrisi dan mampu menyerap air dengan baik.
  3. Selalu siap sediakan beberapa alat yang menjadi pendukung menanam dan merawat tanaman yang satu ini. Beberapa yang termasuk alat pendukung seperti air yang bersih, gunting tanaman, timah untuk membentuk pohon (bisa juga mengunakan kawat alumunium), tang untuk membentuk kawat dan juga membuang akar, pokok dan dahan yang tebal.
  4. Lakukan perawatan yang baik dan benar pada bonsai. Contohnya tempatkan di bagian luar rumah dimana bonsai dapat terpapar sinar matahari. Melakukan penyiraman dengan rutin tapi jangan sampai berlebihan karena mampu membuat akar bonsai menjadi berjamur.
  5. Untuk meningkatkan pertumbuhannya, buatlah setidaknya stu laposann material komposit pada wadah (pot) seperti kerikil ataupun pasir. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari tanah.
Baca Juga: Panduan Mudah dan Lengkap Tanam Bonsai Bagi Pemula 

Pemanfaatan Bonsai

Menarik bukan membahas tanaman kecil yang menggemaskan ini? Nah selain jenis dan cara menanamnya, artikel ini juga akan berbagi manfaat dari tanaman bonsai yaitu:

  1. Hiasan bagi rumah, kantor dan tempat lainnya.
  2. Sering disebut menjadi salah satu artistik kolaboratif bagi para pemiliknya.
  3. Membersihkan udara dan meningkatkan kadar oksigen keseluruhan didalam ruangan.
  4. Mampu mengurangi penyakit atau alergi yang berhubungan dengan suhu dingin.
  5. Bonsai juga sering dijadikan sebagai hadiah.
  6. Meningkatnya kreativitas. Ini tentu saja tidak dibantah. Karena untuk menanam dan merawatnya membutuhkan kreativitas pemiliknya. Ditambah lagi pada saat membentuk batangnya dibutuhkan seni yang mampu memperindah bonsai
  7. Mengurangi stress. Ini dianggap benar karena pada faktanya bonsai sering ditemui di meja kerja yang katanya mampu menenangkan pikiran.

Itulah beberapa informasi yang dapat dijelaskan di artikel ini kepada para pembaca. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Kaktus yang Mudah 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

https://dosenpertanian.com/manfaat-bonsai/

https://www.dekoruma.com/artikel/84840/cara-membuat-dan-merawat-pohon-bonsai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.