Mudahnya Budidaya Ginseng di dalam Pot dengan 3 Tahap Ini

Apakah Anda ingin budidaya ginseng? Anda sudah berada di artikel pertanian yang tepat.

Salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan sebagai obat segala macam penyakit adalah ginseng. Tanaman ini berasal dari daerah subtropis dan banyak tumbuh di dalam hutan.

Beberapa negara pusat budidaya ginseng terbesar antara lain Korea Selatan, China, Amerika, Eropa, dan Kanada. Di Indonesia sendiri, ada tanaman sejenis ginseng yang memiliki khasiat sama dan juga bisa tumbuh dengan baik, yakni Ginseng Jawa.

Ginseng Jawa berasal dari family tanaman Portulacaceae, dengan nama ilmiah Talinum paniculatum (Talesom) dan Talinum triangulare (Kolesom). Kedua tanaman ini berasal dari Amerika tropis dan bisa tumbuh pada ketinggian 5 – 1250 meter dari permukaan laut. Ginseng Jawa banyak digunakan sebagai obat tradisional, sayur, dan tanaman hias.

Ginseng merah korea yang terkenal karena harganya yang sangat mahal, berasal dari family Araliaceae dengan nama ilmiah Panax ginseng. Berbeda dengan Ginseng Jawa, tanaman Panax ginseng sendiri hanya bisa tumbuh di negara 4 musim. Untuk itu, di Indonesia, belum ada yang membudidayakan ginseng varietas ini.

Nah, khasiat Ginseng Jawa sebenarnya tidak kalah dengan Ginseng Korea. Dari hasil penelitian, manfaat Ginseng Jawa di antaranya menguatkan paru, tonikum dan afrodisiak, serta penambah stamina pada pria. Daunnya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Bagian daun ginseng mengandung saponin, flavonoid, dan tannin.

Menanam Ginseng Jawa tergolong sangat mudah. Anda bisa menanamnya sendiri di rumah dengan menggunakan pot atau polybag dimana umbi Ginseng Jawa bisa mulai dipanen setelah umur tanaman mencapai 7 bulan.

Persiapan Media Tanam

Supaya bisa menghasilkan umbi dengan baik, tanaman ginseng membutuhkan media tanam yang kaya akan unsur hara, gembur, dan lembab. Untuk itu, siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan cocopeat dengan perbandingan 1:2:1.

Tanaman Ginseng

Pupuk kandang berfungsi sebagai penyedia nutrisi bagi pertumbuhan tanaman ginseng, sedangkan cocopeat atau sabut kelapa meningkatkan porositas tanah. Di samping itu, sabut kelapa memiliki kemampuan dalam mengikat ai, sehingga media tanam dapat terus terjaga kelembabannya.

Dengan komposisi media tanam tersebut, maka akar tanaman lebih mudah untuk berkembang di dalam tanah, sehingga nantinya akar ginseng yang dihasilkan bisa berkualitas.

Baca Juga: Budidaya Kol Lebih Mudah dengan 5 Langkah Ini

Penanaman Ginseng

Ketika akan menanam ginseng, gunakan teknik perbanyakan secara genetatif, yaitu melalui stek batang dari tanaman yang sehat.

Teknik penanaman menggunakan stek batang, selain bisa mendapatkan hasil tanaman yang sama dengan induknya, tanaman juga lebih cepat dalam memproduksi umbi.

Budidaya Ginseng Jawa di pot setidaknya membutuhkan waktu 7 bulan hingga bisa dipanen umbinya. Waktu penanaman tersebut tergolong jauh lebih cepat dibandingkan dengan Ginseng Merah Korea dimana waktu yang dibutuhkan agar bisa dipanen mencapai 7-10 tahun. Itulah sebabnya Ginseng Korea memiliki harga yang sangat mahal.

Perawatan Budidaya Ginseng

Teknis perawatan Ginseng Jawa yang ditanam di pot tidaklah rumit. Bahkan tanaman ini tidak jarang kita temui di pekarangan dan tumbuh dengan liar. Tanaman Ginseng Jawa dapat terus hidup dengan subur selama Anda menjaga kelembaban media tanam. Untuk itu, lakukan penyiraman setiap hari, setidaknya sebanyak satu kali di pagi hari.

Perlu kiranya Anda lakukan penyiangan gulma atau rumput liar yang tumbuh di pot. Dengan begitu, tanaman Ginseng Jawa dalam pot bisa tumbuh dengan baik dan tidak bersaing dalam menyerap nutrisi dalam tanah.


Nah, itulah 3 tahapan mudah budidaya Ginseng Jawa dalam pot. Untuk memanen Ginseng Jawa, cukup membongkar bagian akar tanaman ginseng. Biasanya, setelah tanaman mencapai umur 7 bulan, setiap satu tanaman bisa menghasilkan akar ginseng segar seberat 250 gr.

Baca Juga: Hanya 7 Langkah Budidaya Kacang Panjang Saat Musim Kemarau

Penulis: Taufik Setyo Purnomo

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • Carroll, C. Ohio State University Extension (2019).  Growing American Ginseng in Ohio: An Introduction.
  • Oder, T. Mother nature network (2014). How to grow ginseng
  • Telkamp, M. Hgtv (2019). How to grow ginseng at home
  • Persons, S.W Mother earth news (1983). How to grow ginseng for profit
  • Ikhtimami, A. Unair (2012). Pengaruh Periode Subkultur Terhadap Kadar Saponin Akar Rambut Tanaman Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn)
  • Praptiningsih dan Soertojo I. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Jember (2015). Respon Pertumbuhan Umbi Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn) Pada Berbagai Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.