Panduan Budidaya Bunga Aglaonema Hingga Perawatannya

Apakah kamu tertarik untuk budidaya bunga aglaonema? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Para pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan tanaman hias bunga aglaonema bukan? Walaupun aglaonema bukan termasuk kedalam jenis tanaman yang menonjolkan keindahan bunganya, namun bagian daun yang dimilikinya memiliki berbagai motif yang menarik.

Motif yang dihasilkan pada bagian daunnya bermacam-macam. Motif atau corak yang dihasilkan oleh tanaman yang satu ini muncul akibat perkawinan silang dari berbagai jenis bunga aglaonema.

Karena motif daunnya yang sangat cantik, maka harga aglaonema juga cenderung mahal. Oleh karena itu, tanaman yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai ladang bisnis karena keuntungannya yang sangat tinggi.

Langkah Mudah Budidaya Bunga Aglaonema

Aglaonema termasuk kedalam jenis tanaman yang perawatannya cukup mudah, Bagi Anda yang ingin mencoba budidaya sendiri, ini dia beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Pembibitan

Untuk melakukan proses pembibitan bunga aglaonema, ada berbagai cara pembibitan yang bisa dilakukan anatara lain biji, stek, dan juga cangkok.

Biji

Jika Anda ingin melakukan pembibitan dengan menggunakan biji, maka carilah tanaman induk yang sudah tua dan menghasilkan biji.

Setelah biji dari tanaman induk diambil, rendam biji terlebih dahulu selama 2-3 jam untuk merangsang perkecambahan.

Stek

Pada proses pembibitan dengan menggunakan stek, Anda bisa menggunakan stek yang diambil dari bagian pucuk tanaman indukan bunga aglaonema.

Pilih tanaman indukan yang memiliki batang yang kokoh. Potong bagian pucuk tanaman indukan yang akan dijadikan stek dengan menggunakan pisau atau gunting yang tajam.

Setelah bibit stek berhasil didapatkan, tanam bibit pada media tanam lalu letakkan pada tempat yang sejuk dan terhindar dari gangguan.

Cangkok

Walaupun jarang dilakukan, namun proses pembibitan dengan cangkok juga bisa menjadi pilihan. Proses pencangkokan pada aglaonema membutuhkan kehati-hatian agar tidak terjadi pembusukan.

Sebelum melakukan pencangkokan, pilihlah indukan yang memiliki batang kokoh dan berwarna coklat.

Kupas kulit batang yang sudah dipilih lalu lapisi dengan media kombinasi pasir malang, humus, pakis, dan sekam lalu tutup dengan plastik atau sabut kelapa.

Ikat sabut kelapa atau plastik di kedua ujungnya. Setelah terturup rapat buat lubang kecil di seluruh permukaan plastik untuk menjaga sirkulasi udara.

Semprot tanaman cangkok secara rutin 2 kali sehari, setelah 3-4 minggu, tanaman cangkok sudah menghasilkan perakaran.

Pemisahan Anakan

Cara lain yang paling mudah untuk melakukan pembibitan adalah dengan melakukan pemisahan anakan. Anda tinggal perl mencari tanaman induk yang sudah menghasilkan anakan.

Potong akar sambung antara anakan dengan tanaman induk. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa tanaman anakan sudah memiliki perakaran yang cukup kuat sehingga siap untuk dipindahkan.

Ciri-ciri akar yang kuat antara lain berwarna putih dan gemuk.

bunga agalaonema
www.bukalapak.com

Persiapan Media Tanam

Untuk menjaga dan menunjang tumbuh kembang bunga aglaonema, ada beberapa jenis media tanam yang bisa menjadi pilihan. Beberapa media tanam yang bisa digunakan pada rposes pembudidayaan antara lain:

Pakis

Pakis merupakan salah satu jenis media tanam yang sangat cocok untuk algaonema karena sifatnya yang steril dan tahan lama. Namun kelemahan pakis adalah daya serapnya yang kurang baik sehingga perlu dicampur dengan media tanam lainnya.

Arang Sekam

Memiliki sifat yang sama seperti media pakis, arang sekam dapat digunakan sebagia salah satu media tanam karena tahan lama dan steril. Namun bahan ini harus dicampur dengan jenis media tanam lain karena daya serap airnya yang kurang.

Cocopeat

Cocopeat merupakan media tanam yang terbuat dari sabut kelapa yang sudah dihancurkan. Cocopeat dapat menahan air dengan baik sehingga sering dijadikan sebagai media tanam untuk berbagai jenis tanaman hias.

Campur berbagai jenis media tanam seperti arang sekam, tanah humus dan pakis dengan perbandingan 1:1:1. Siapkan pot berukuran sedang dengan luabng drainase di bagian bawah. Masukkan media tanam kedalam pot. Tanam bibit yang sudah disiapkan.

Jika bibit yang digunakan berupa anakan, maka olesi bekas potongannya dengan perangsang akar. Jangan lupa celupkan bibit pada larutan fungisida agar terhidar dari serangan jamur. Letakkan pot yang sudah ditanami bibit di tempat yang teduh.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Globe Amaranth di Perkarangan Rumah

Penyiraman

Sejatinya proses penyiraman algaonema tidak terpatok oleh waktu. Anda bisa melakukan penyiraman jika dirasa kondisi lingkungan cenderung lebih panas dan media tanam sudah tidak menyimpan air.

Untuk menjaga kesehatan tanaman, gunakan selalu air bersih pada proses penyiraman.

pemupuka bunga aglaonema
ariefmas.wordpress.com

Pemupukan

Tanaman aglaonema dapat dipupuk secara rutin sebanyak 2 minggu sekali. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK.

Salah satu teknik yang harus dilakukan agar daun tanaman menjadi semakin cantik adalah dengan rutin melakukan pemupukan dan juga menjaga kelembaban tanaman 50%-75%.

Selain pupuk NPK, Anda juga bisa melakukan pemupukan dengan pupuk organik.

Perawatan Tanaman

Beberapa jenis perawatan yang harus dilakukan pada tanaman aglaonema antara lain perawatan dari hama penyakit, perawatan saat musim kemarau, pengkilapan daun,

Hama dan Penyakit

Penyakit yang umum menyerang aglaonema antara lain layu fusarium yang disebabkan oleh jamur fusarium. Sedangkan serangan hama yang umum terjadi pada algaonema adalah serangan ulat, belalang, dan juga kutu putih.

Untuk mengatasi serangan ulat. Anda bisa menyomprotkan cairan sabun. Sedangkan untuk mengatasi serangan jamur fusarium, gunakan fungisida dengan dosis yang tepat.

Perawatan Pengkilapan Daun

Daya tarik tanaman hias aglaonema terletak pada keindahan corak daunnya. Oleh karena itu untuk memperjelas keindahan daunnya, Anda bisa melakukan perawatan pengkilapan daun.

Ada berbagai bahan yang bisa digunakan untuk membuat daun algaonema menjadi lebih mengkilap antara lain ampas kelapa, air, dan juga susu.

Aplikasikan bahan tersebut pada daun dengan menggunakan spons bersih. Lap seluruh permukaan daun dengan bahan-bahan tersebut secara rutin hingga daun aglaonema menjadi semakin mengkilap.

Perawatan Musim Kemarau

Karena suhu lingkungan pada musim kemarau meningkat drastis, maka penguapan daun pada algaonema juga semakin meningkat. Agar tanaman tidak rusak dan mati, maka Anda harus melakukan perawatan yang tepat.

Cek selalu kondisi media tanam. Lakukan penyiraman lebih sering untuk menjaga kelembaban media tanam.

Jika biasanya Anda menggunakan susu murni untuk melakukan pengilapan daun, maka hentikan proses ini sementara pada saat musim kemarau.

Repotting

Untuk menjaga kualitas tanaman, maka Anda juga disarankan untuk melakukan repotting atau penggantian media tanam setiap 6 sampai 12 bulan sekali.

Repotting bertujuan untuk menjaga pasokan nutrisi pada media tanam sehingga tanaman tetap bisa tumbuh dengan sehat.

Bunga aglaonema bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki tanaman hias cantik dengan perawatan yang mudah. Untuk bisa mendapatkan daun tanaman yang cantik, maka proses perawatan yang rutin sangat penting dilakukan.


Semoga artikel ini dapat menjadi panduan tepat bagi Anda yang berencana untuk budidaya bunga aglaonema di rumah. Selamat mencoba!

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Tanam Bunga Lavender di dalam Pot? Terapkan 5 Tips Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-algaonema
  • https://www.kampustani.com/cara-menanam-aglaonema-agar-tumbuh-subur/amp/

One thought on “Panduan Budidaya Bunga Aglaonema Hingga Perawatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.