Panduan Cangkok Tanaman

Halo Sobat PTD, apakah Anda sudah pernah melakukan cangkok pada tanaman? Ternyata, ada beberapa langkah-langkah untuk mendapatkan hasil cangkok tanaman agar berkualitas baik lho.

Cangkok tanaman seringkali digunakan oleh seseorang untuk memperbanyak tanaman, dengan memotong dahan pohon yang diinginkan.

Bahkan, sampai saat ini cara mencangkok tanaman menjadi andalan bagi para petani atau tukang kebun untuk memperbanyak tanaman mereka.

Tak bisa dipungkiri, bahwa hasil dari cangkok tanaman sangat bagus dengan kualitas yang baik. Namun tak sedikit pula yang masih kurang paham untuk mencangkok tanaman yang baik dan benar.

Langkah-Langkah Cangkok Tanaman

Berikut ini merupakan langkah-langkah cangkok tanaman diantaranya adalah:

Memilih Batang yang Tepat

Memilih batang untuk dicangkok merupakan cara yang tepat agar membuahkan hasil yang maksimal. Pilihlah batang yang sesuai dan dengan keadaan yang baik, serta memilih batang yang memiliki ukuran diameter 2 cm atau lebih. Pastikan bahwa batang tersebut berkambium.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Budidaya Durian Musang King

Menguliti Batang Dengan Baik

Sayatlah kulit batang dengan luas sekitar 10 cm persegi. Setelah itu, biarkan selama beberapa saat, agar lebih baik Anda juga bisa mengelapnya dengan kain. Hal tersebut bertujuan agar kandungan kambium yang menempel pada permukaan hilang.

Untuk mengecek kambium dalam batang, Anda bisa memegang bekas sayatan yang telah dibuat apakah sudah kering atau masih lengket.

Menyiapkan Air dan Tanah

Setelah menyayat batang, Anda bisa menunggunya sampai batang menjadi kering. Lalu siapkan air dengan tanah yang dicampur hingga merata. Dalam pembuatan pencampuran tanah dan air, usahakan tidak terlalu encer ataupun tidak terlalu padat agar hasilnya baik.

Karena bila campuran air dengan tanah encer, maka campuran tersebut tidak bisa menempel ke batang pohon. Sama halnya bila terlalu padat pun sulit untuk menempel dengan baik.

proses-cangkok
lamandala.net

Baca Juga: 4 Tips Membudidayakan Mangga yang Berbuah Manis

Menempelkan Campuran

Setelah campuran tanah dengan air tersebut jadi dengan baik, maka tempelkanlah campuran tersebut ke dalam sayatan yang telah Anda buat.

Agar menempel dengan sempurna, Anda bisa menggunakan plastik yang diikat dengan tali untuk membalut campuran tanah tersebut pada batang pohon.

Menyirami Air

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memberikan air setiap hari untuk cangkok tanaman yang Anda inginkan. Bila cuaca sedang musim hujan, Anda bisa memanfaatkan dan mengandalkan air hujan tersebut untuk batang cangkokan.

Sehingga Anda juga bisa menempatkan cangkok tanaman Anda di ruang yang terbuka. Namun berbeda halnya, bila terjadi hujan yang sangat deras dengan tiupan angin yang cukup kencang.

Hal tersebut tentu bukan merupakan kesempatan yang baik, melainkan bisa merusak cangkok tanaman Anda. Pilihlah musim atau waktu yang tepat untuk melakukan cangkok tanaman.

Bila batang hasil cangkok sudah mulai terlihat akarnya, hal itu menandakan bahwa proses cangkok tanaman berhasil. Pada saat itu, Anda bisa memotong hasil cangkokan dengan hati-hati, jangan sampai akar yang masih kecil dan baru tumbuh dirusak.

Karena pada saat akar masih kecil sangat rentan untuk rusak meskipun hanya dengan gesekan atau sentuhan biasa.

Pindahkan Cangkok yang Sudah Jadi

Hasil cangkok yang sudah jadi dipindahkan ke tempat yang baru dan sesuai. Dengan begitu, maka hasil cangkokkan tersebut akan tumbuh dengan sendirinya.

Pastikan tanah yang digunakan merupakan tanah yang subur untuk ditempati. Sehingga proses cangkok tanaman berhasil dengan maksimal.

Perawatan Hasil Cangkok

Hasil cangkok yang sudah Anda buat harus dirawat dengan maksimal. Siram batang cangkokan dengan air secara rutin. Selalu pantau perkembangan cangkokkan, bahkan bila perlu lakukan pencegahan hama tanaman dengan memberikan pupuk yang sesuai dan bagus.


Itulah langkah-langkah cangkok tanaman keuntungan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Adapun jenis pohon yang bisa dicangkok diantaranya seperti pohon durian, pohon mangga, dan pohon jambu biji.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Cara Budidaya Jambu Kristal di dalam Pot

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-mencangkok-tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.