bunga krisan

Mau tau informasi mengenai menanam bunga seruni atau krisan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulsannya!

Bunga Seruni atau  Bunga Krisan

Siapa yang tidak mengenal tanaman krisan? Bunga yang memiliki nama lain bunga seruni ini memiliki bentuk yang indah nan cantik sehingga tak heran jika peminat yang semakin banyak tiap harinya.

Walaupun bisa dibeli di toko bunga, namun banyak orang yang mengeluhkan kesegaran bunga krisan yang sangat singkat.

Jika saat dibeli bunga masih berada pada kondisi segar, maka ketika sudah sampai di rumah, banyak sekali bunga krisan yang layu.

Bunga seruni atau bunga krisan memiliki penampilan yang sangat cantik dan memiliki banya kelopak dengan bentuk yang menarik.

Bunga krisan juga menghasilkan wangi yang harum. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang banyak membelinya sebagai bunga potong.

Langkah Penanaman Krisan agar Berbunga Indah

Karena tingginya permintaan bunga krisan, maka Anda bisa mulai menanam bunga krisan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Selain itu menanam bunga krisan sendiri di rumah, juga membuat lebih mudah untuk menikmati keindahan bunganya setiap hari.

Lalu apa saja langkah yang harus dilakukan untuk menanam bunga krisan? Agar proses penanaman berhasil dilakukan, ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan.

bunga krisan
pxhere.com

Baca juga: Coba 5 Tips Ini untuk Menanam Bunga Baby Breath di Rumah

Cermati Kondisi Lingkungan yang Sesuai untuk Pertumbuhannya

Agar tanaman dapat menghasilkan bunga yang indah, tentu harus tahu kondisi lingkungan yang seperti apa yang cocok untuk pertumbuhan bunga seruni.

Bunga krisan atau bunga seruni sendiri sangat cocok ditanam pada lingkungan yang memiliki suhu dingin atau hangat. Jika ditanam di tempat yang panas, maka bunga krisan akan cenderung layu.

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk menanam bunga krisan, pastikan bahwa lingkungan yang Anda pilih memiliki suhu dingin atau hangat.

Tentukan Jenis Bunga Krisan yang Akan Ditanam

Bunga krisan sendiri memiliki beragam jenis. Jika ingin menanam bunga krisan atau seruni untuk mempercantik halaman rumah.

Bisa menanam jenis bunga krisan pot karena tanamannya pendek, memiliki harga yang relatif murah, dan juga menghasilkan beragam jenis warna yang sangat bervariasi.

Sedangkan jika ingin membudidayakan bunga untuk keperluan bisnis, maka Anda bisa menanam jenis bunga krisan potong.

Pilih Waktu Penanaman yang Tepat

Agar tanaman ini dapat berbunga maksimal, tentu harus memilih waktu penanaman yang tepat. Di luar negeri, bunga seruni atau bunga krisan biasanya mekar pada musin gugur.

Jika di Indonesia, bisa memulai menanamnya ketika memasuki awal musim penghujan.

 Siapkan Pot Penanaman yang Sesuai

Menanam bunga krisan juga tidak sesulit kelihatannya, hanya perlu menyiapkan pot yang sesuai untuk pertumbuhannya dan juga media tanah.

Gunakan pot yang sesuai untuk pertumbuhan bunga seruni baik pot plastik ataupun tanah liat.

Namun bila dibandingkan dengan pot plastik. pot berbahan dasar tanah liat sendiri memiliki beberapa keuntungan karena mampu menyerap kelebihan air dan juga menjaga media tanam agar tetap lembab.

Gunakan Media Tanam yang Tepat

Agar pertumbuhan bunga seruni dapat berlangsung optimal, maka harus menggunakan media tanam yang tepat.

Media tanam yang paling cocok untuk pertumbuhan bunga seruni sendiri antara lain pupuk kompos, tanah humus, dan juga sekam padi.

Dan bisa dengan mudah mendapatkan beragam jenis media tanam ini di toko pertanian dengan harga yang murah.

Lakukan Perbandingan Komposisi Media

Untuk menanam bunga seruni, lakukan perbandingan pemberian media tanam tanah humus dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1/2.

Buat Lubang Penanaman

Jika media tanam sudah dibuat, maka sudah bisa menanam bunga seruni langsung kedalam pot. Sebelum melakukan penanaman, jangan lupa untuk membuat lubang tanam terlebih dahulu.

Masukkan media yang telah dibuat dengan perbandingan tadi kedalam pot. Setelah itu buatlah lubang penanaman dengan kedalaman kurang lebih 3 cm.

Jika lubang tanam sudah selesai dibuat, tanam bunga seruni kedalam lubang lalu tutupi bagian atas media dengan sekam.

bunga krisan
pxhere.com

Baca juga: Cara Budidaya Bunga Panca Warna Hingga Perawatannya

Pindahkan Tanaman yang Telah Bertunas ke Pot yang Lebih Besar

Meda tanam yang sudah dibuat tadi bisa digunakan untuk melakukan pembibitan bunga. Jika bunga sudah besar dan menghasilkan tunas, maka Anda sudah bisa memindahkannya ke pot yang lebih besar.

Keluarkan tanaman dari pot yang lama lalu pindahkan ke pot yang lebih besar. Tambahkan media tanam pada ruang-ruang pot yang masih kosong.

Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Jika bunga seruni sudah ditanam di dalam pot, maka lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban tanaman. Namun perhatikan juga frekuensi dan kuantitas air yang diberikan.

Lakukan penyiraman secukupnya dan jangan siram tanaman hingga air menggenang.Penyiraman air secara berlebihan justru akan membuat tanaman mati karena akar membusuk.

Selain itu jangan lakukan penyiraman saat siang hari karena akan mengganggu proses fotosintesis dan cukup melakukan penyiraman sekali sehari saat pagi hari.

Cukupi Asupan Sinar Matahari

Agar tanaman dapat berbunga indah, maka Anda harus memberikan asupan sinar matahari yang cukup. Cukup letakkan tanaman di bwah sinar matahari penuh selama beberapa jam.

Jangan letakkan tanaman di tempat panas terlalu lama karena justru akan membuat tanaman mati dan juga layu.

Berikan Asupan Nutrisi Pupuk secara Rutin

Bunga seruni juga membutuhkan supan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Bisa mencukupi asupan nutrisi bunga dengan melakukan pemupukan secara rutin setiap 1-2 bulan sekali.

Lakukan pemupukan ketika tanaman masih berada pada kondisi setenagh kuncup. Namun jika tanaman sudah dewasa dan siap potong, tidak perlu melakukan pemupukan lagi.


Itulah tadi beberapa langkah penanaman bunga seruni yang dilakukan agar tumbuh dengan sehat. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Mengenal Bunga Puring dan Cara Menanamnya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

http://ilmubudidaya.com/tips-menanam-dan-merawat-bunga-seruni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.