Melesat, Pertanian Menjadi Penyumbang Sektor Ekonomi

Menurut Badan Pusat Statistik, pertanian Indonesia merupakan penyumbang tertinggi untuk tingkat ekonomi. Pertumbuhan ekonomi pertanian Indonesia pada kuartal II berhasil menjadi penyumbang sebesar 2,19%.

Meskipun diketahui bahwa pada triwulan II Indonesia sedang berada dalam kemerosotan namun diketahui bahwa sektor pertanian adalah yang paling banyak menyumbang. Meskipun keadaan ekonomi berada di angka negatif namun kontribusi dari pertanian untuk ekonomi negara berada pada angka positif. Ini merupakan suatu kebanggaan pemrintah untuk pertanian yang ada di Indonesia.

Perkembangan sektor pertanian yang cukup melejit ini diduga selain dari pergerseran musim tanam, juga diduga karena konstribusi dari kementerian yang mendukung penuh pertanian Indonesia.

Sumber: Pexels.com

Kementerian terus memberikan dukungan dan menyokong perkembangan pertanian. Kementerian juga gencar memberikan beberapa bantuan agar pertanian terus berkontribusi.

Meskipun kementerian memberikan perhatian lebih untuk pertanian, namun pemerintah juga memberi kesempatan untuk para petani dapat melakukan pekerjaan secara mandiri. Meskipun begitu, pemerintah tetap menyalurkan banyak bantuan dan mendampingi para petani.

Selama pendemi ini memang diakui bahwa produktivitas pertanian sedang dalam baik baiknya. Sehingga melihat kemungkinan ini, persediaan pangan masih tetap bisa diselamatkan.

Pemerintah juga mengupayakan, agar pertanian Indonesia tidak hanya fokus untuk mempertahankan pangan, namun juga tetap dapat menjadi penyokong ekonomi Indonesia. Bahkan, kementerian berharap besar, di masa pandemi ini, sektor pertanian dapat melakukan ekspor dalam jumlah besar.

Melihat keadaan pertanian yang sedang terjadi saat ini, pemerintah berharap besar ekonomi Indonesia dapat kembali membaik. Pemerintah juga optimis bahwa tidak menjadi kemustahilan jika sektor pertanian Indonesia tidak sampai ke masa resesi.

Pemerintah merasa sangat bangga dengan pencapaian sektor ekonomi berkat pertanian ini, sehingga pemerintah dan kementerian sudah mengupayakan berbagai fasilitas terhadap perkembangan pertanian Indonesia.

Hal ini didukung dengan keluarnya KUR (kredit Usaha Rakyat) yang dapat digunakan masyarakat Indonesia.Kementerian juga sudah memberikan banyak bantuan berupa alat-alat pertanian, seperti pada pasca panen, benih dan yang lainnya dengan jumlah yang cukup.

Baca Juga: Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi Dengan New Normal

 


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.