ternak burung cucak rowo

Buat kamu yang ingin ternak burung cucak rowo yuk, jadiin artikel pertanian berikut ini sebagai panduan kamu.

Burung cucak rowo merupakan jenis burung yang seringkali dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Meskipun harganya yang cukup mahal, namun burung ini tetap memiliki banyak peminat.

Lantaran bentuk fisiknya yang indah dengan suaranya yang merdu mampu menarik perhatian. Tak sedikit orang yang membudidayakan burung ini dan memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Karena keuntungan yang didapatkan dari pembudidayaan burung ini cukup tinggi. Siapapun bisa membudidayakannya, karena cara ternak cucak rowo bagi pemula tidak terlalu sulit.

3 Langkah Ternak Burung Cucak Rowo

Untuk para pecinta hewan, terutama pada burung, tentunya sudah tidak asing dengan cucak rowo. Untuk melakukan ternak burung cucak rowo, Anda hanya perlu melakukan tiga langkah mudah, seperti berikut ini:

Baca Juga: Cara Budidaya Burung Kacer Poci Bagi Pemula

Memilih Indukan Burung Cucak Rowo

Sebelum membudidayakannya, Anda perlu menyiapkan dan memilih indukan burung cucak rowo yang baik. Anda bisa membelinya di tempat peternakan burung maupun pasar hewan.

Agar lebih praktis, Anda bisa membeli burung yang sudah di pasangkan antara indukan jantan dengan betina.

Pilihlah induk burung yang berkualitas, yaitu yang memiliki fisik sehat, tidak cacat, tidak terserang penyakit, mempunyai suara merdu. Tubuh induk burung mesti memiliki panjang 28 cm.

burungnya.com

Baca Juga: Cara Ternak Burung Parkit Bagi Pemula

Menyiapkan Media Burung Cucak Rowo

Diperlukan media burung cucak rowo yang baik untuk pembudidayaan. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Pembuatannya seperti kandang burung biasa.

Anda bisa membuat 2 kandang, pertama untuk induk cucak rowo dan kedua untuk burung cucak rowo yang muda. Alat serta bahan yang disediakan seperti kayu, kawat, gergaji, triplek dan lain-lain.

Ukuran kandang indukan yang dibuat minimal 2 x 1 x 2,5 m. Sedangkan ukuran kandang burung cucak rowo yang masih muda 4 x 2 x 2,5 m.

Masukkan ranting pohon untuk tempat burung hinggap, serta buatlah sarang menggunakan jerami dan letakkan pada wadah kecil, untuk tempat telur. Masukkan juga wadah makan dan minum di setiap kandang burung cucak rowo.

Lokasi kandang harus berada di tempat yang mendapatkan pencahayaan dan sistem sanitasi baik, bersih dari sampah, jauh dari polusi kendaraan dan asap. Anda bisa menyimpannya di lahan taman atau halaman belakang rumah.

Setelah semuanya selesai Anda bisa memasukkan indukan burung dalam kandang serta melakukan perawatan. Agar burung tidak stres, tutuplah kandang menggunakan kain tembus pandang.

Jika indukan menetas anak burung yang cukup kuat, Anda mesti memindahkan cucok rowo muda itu ke kandang lain.

cucak rowo
youtube.com

Melakukan Perawatan Burung Cucak Rowo

Anda perlu melakukan perawatan pada burung cucak rowo supaya tetap sehat serta tumbuh dengan optimal. Perawatan yang dilakukan pun cukup mudah, yakni dengan memberikan pakan secara rutin dan menjaga kebersihan burung serta kandangnya.

Adapun pakan yang bisa Anda berikan yaitu buah-buahan, seperti pepaya dan pisang. Buah tersebut memiliki banyak nutrisi dan tekstur lembut sehingga mudah dicerna. Pemberian buah secara rutin membuat suara burung cucak rowo merdu.

Makanan cucak rowo lainnya yaitu serangga, seperti cacing dan jangkrik. Cacing memberikan protein yang baik pada tubuh cucak rowo agar tetap sehat.

Anda juga perlu menjaga kebersihan burung dan kandang burung agar burung cucak rowo tidak mudah terkena penyakit. Anda bisa menyemprot cucak rowo untuk menjaga kebersihan.


Itulah 3 langkah mudah ternak burung cucak rowo, yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ingin Ternak Burung Lovebird Koloni? Ikuti 5 Tips Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-burung-cucak-rowo

Sumber gambar utama: dictio.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.