Cara Budidaya Burung Kacer Poci Bagi Pemula

Mau tau cara budidaya burung kecer poci? Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Burung Kecer Poci

Mengenal Burung Kecer Poci

burung kecer poci
jalak.com

Baca juga: 5 Alasan Memulai Bisnis Burung Puyuh Bagi Pemula

Burung kacer poci memiliki kicauan yang tak kalah atraktif dengan kacer jawa. Terdapat dua jenis burung kacer dan dapat dilihat dari perbedaan yaitu warna bulunya, dimana kacer jawa didominasi warna hitam dari bagian lejer hingga kloaka.

Sedangkan untuk kacer poci terdapat bulu watna putih dari bagian kloaka hingga dada. Selalu kedua hal tersebut, keduanya relatif sama.

Modal yang dikeluarkan juga relatif tidak besar  karena harga kacer poci sendiri tidak sefantastis burung kicau lainnya. Jadi untuk mmebudidayakan burung kecer tidaklah sulit.

Cara Budidaya Burung Kecer Poci

Persiapan Kandang

Kadang yang dibuat harus membuat nyaman burung kecer sehingga menyamakan dengan habitat aslinya yaitu burung kecer sangan menyukai tempat yang luas untuk pergerakannya.

Pada dasarnya jenis kandang yang digunakan sama dengan kandang burung pada umumnya. Untuk kandang harus memperhatikan bagian dasar kandang, diberi alas berupa kardus atau kain agar memudahkan proses pembersihan kotoran.

Berikan tengger, wadan makan dan minum didalam kandang. Dan untuk kandang perkawinan sebaiknya lebih besar sehingga pergerakan kedua indukan dapat lebih nyaman.

Memilih Indukan

Indukan yang berkualitas akan memjadi penting sebab pasti akan dapat menghasilkan anakan yang juga berkualitas.

Baik indukan jantan ataupun betina keduanya dalam kondisi sehat, tidak terpapar penyakit, memiliki gerakan yang lincah dan aktif, ukuran betina akan lebih besar dari ukuran jantan, warna indukan juga harus mengkilap dan suara kicauan memiliki ciri khas unik.

Oleh sebab itu, jangan sampai memilih indukam dengan asal asalan. Sebab nantinya justru budidaya yang dilakukan todak akan mampu menghasilkan kacer poci kualitas unggulan yang diinginkan oleh pasar.

burung kecer poci
burungbabe.com

Baca juga: Cara Ternak Burung Parkit Bagi Pemula

Proses Perkawinan

Perjodohan ini dilakukan dengan memasukkan indukan ke dalam kandang yang berbeda tapi berdekatan yang bertujuan agar indukan dapat berkenalan terlebih dahulu.

Jika indukan sudah mengeluarkan kicauan aktif maka keduanya akan disatukan dalam satu kandang dan siapkan langsung tempat untuk indukna betina bertelur. Biasanya selesai perkawinan indukan akan menujukkan sikap agresif maka indukan harus dipisahkan.

Perawatan dan Pemeliharaan Indukan dan Anakan Kacer Poci

Pemberian pakan berupa berupa voer khusus burung kicau dan diberikan minimal 3-4 kali dalam sehari. Burung juga harus dimandikan untuk menjaga kebersihan tubuh burung,dengan cara menyemprotkan air pada burung dan dijemur dari jam 7-9 pagi.

Kandang juga harus diperhatikan kebersihannya dengan cara membersihkan wadah dan mencuci kandang seminggu sekali untuk mengurangi resiko penyakit pada burung.


Itulah informasi mengenai budidaya kecer poci. Selamat mencoba dan semoga berhasil sobat PTD!

Baca juga: Ketahui 5 Langkah Ternak Burung Nuri Merah Sampai Kawin

Penulis: Rini Itona

Sumber Gambar Utama: Pawanghewan.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.