Ternak Burung Nuri Merah - GU

Salah satu jenis burung nuri yang banyak diminati dan sering dibudidayakan adalah burung nuri merah. Seperti namanya, ternak burung nuri ini dominan berwarna merah dan memiliki harga di atas Rp800.000 per ekor.

Burung nuri adalah burung yang memiliki nama latin Eclectus Roratus. Burung ini memiliki paruh bengkok, yang menandakan bahwa burung nuri adalah burung pemakan biji-bijian.

Keistimewaan burung nuri tak hanya terdapat pada bulunya yang memiliki warna-warni, tapi juga kecerdasan yang dimiliki terbilang tinggi. Jika dilatih dengan baik, burung nuri dapat melakukan akrobat yang dapat menghibur manusia.

Dengan keistimewaan tersebut, tak heran jika harga burung nuri cukup mahal. Harga burung nuri berkisar antara ratusan hingga jutaan ribu rupiah. Prospek inilah yang membuat beberapa orang ingin menternak burung nuri.

Tips Ternak Burung Nuri Merah

Bagi Anda yang berminat untuk menternak burung nuri merah, Anda perlu memperhatikan 5 tips berikut agar budidaya burung nuri merah dapat berjalan dengan baik.

Memperhatikan kualitas indukan pada bayi burung nuri merah

Kualitas indukan menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam beternak burung nuri merah. Mencari indukan yang baik sehat dan berbulu mengkilap menjadi salah satu tips yang perlu Anda lakukan.

Tentu dari indukan yang baik akan didapat burung nuri anakan yang berkualitas. Umur ideal burung nuri siap untuk dikawinkan adalah 1-1,5 tahun. Apabila indukan berumur lebih dari 2 tahun bisa dikatakan sudah tua dan tidak produktif lagi.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Ternak Puyuh Bagi Pemula

Anak Burung Nuri Merah

Menjaga kebersihan kandang burung

Menjaga kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan dalam internet burung nuri merah. Kebersihan kandang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan burung nuri merah.

Jaga selalu bersihkan kandang dan semprot dengan desinfektan, supaya dapat membunuh kuman-kuman yang ada sehingga tidak mempengaruhi kesehatan burung nuri merah. Serta kandang yang baik dapat mempengaruhi tingkat stres burung nuri merah.

Memperhatikan pemberian pakan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa burung nuri merah merupakan jenis burung dengan paruh bengkok, yang berarti makanan dari burung nuri merah adalah biji-bijian.

Namun, Anda dapat memberi burung nuri merah dengan makanan buatan, seperti pelet dan lainnya. Perhatikan selanjutnya adalah frekuensi pemberian pakan.

Frekuensi atau waktu pemberian pakan dilakukan secara bervariatif 3-5 kali pemberian dalam sehari. Jumlah pakan yang diberikan juga sedikit demi sedikit, untuk menghindari penumpukan sisa makanan.

Baca Juga: Ternak Lovebird dengan Cara Ampuh Ini Supaya Cepat Bertelur

Menjaga kesehatan dan kebersihan burung

Menjaga kesehatan dan kebersihan burung sendiri juga perlu Anda perhatikan. Karena hal ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan burung. Sama seperti burung lainnya, burung nuri merah dapat terjangkit berbagai macam penyakit.

Burung Nuri Merah

Penyakit yang banyak ditemukan di burung nuri merah antara lain demam, infeksi saluran pernapasan, infeksi mata, infeksi cacing dan gangguan kesehatan lainnya. Salah satu pencegahan, yang dapat Anda lakukan dengan menjaga kesehatan dan kebersihan burung.

Melatih kemampuan burung nuri merah

Burung nuri merah merupakan jenis burung dengan kemampuan yang dapat dilatih, dengan melatih burung nuri merah dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual sendiri.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajak bicara burung nuri, atau mengajak bermain dapat melatih kemampuan burung nuri merah, seperti berbicara atau gerakan-gerakan akrobatik.


Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam usaha ternak burung nuri merah.

Dengan memperhatikan kesehatan dan kualitas burung nuri merah, dapat membuat harga jual burung nuri merah melambung tinggi, semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Kenali Diare Yang Menyerang Burung Puyuh dan Solusinya!

Penulis: Dino Laferda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://ilmubudidaya.com/budidaya-burung-nuri-merah
  • https://www.google.com/amp/s/arenahewan.com/penyakit-pada-burung-nuri/amp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.