Pemerintah Akan Buka Impor Sapi Bakalan dan Daging Kerbau

Mau tau rencana impor daging dari pemerintah? Pak Tani digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Impor Daging

Pentingnya Impor Bagi Suatu Negara

impor daging
pixabay.com

Baca juga: Strategi Stop Impor Garam Ala Edhy Prabowo

Impor adalah barang atau jasa yang dibawa ke satu negara dari negara lain. Kata impor berasal dari kata pelabuhan karena barang sering dikirim melalui kapal ke luar negeri.

Impor ini sangat penting terutama bagi perkembangan ekonomi sebuah negara Seiring dengan ekspor, impor merupakan tulang punggung perdagangan internasional.

Manfaat dari impor adalah membantu perkembangan pasar produk, memperluas skala produksi dan jangjkauan pasar, menghindari persaingan lokal, menjalin hubungan antar negara, mengatasi kekurangan kebutuhan negara dan mencegah monopoli produk

Rencana Impor Daging

impor daging
pixabay.com

Baca juga: Petugas Karantina Pangkalpinang Amankan Ratusan Kg Daging Sapi Beku

Pemerintah berencana membuka kembali keran impor daging pada tahun ini. Rencananya akan ada impor 60 ribu ton daging kerbau dan 550 ribu ekor sapi bakalan guna menjaga pasokan harga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan target harga daging sebenarnya bisa mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Sedangkan dari Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga masih berada di level Rp 120 ribu per kilogram.

Konsumsi daging sapi dan kerbau pada tahun depan diperkirakan sama dengan tahun ini yang mencapai 600 ribu ton. Sedangkan kebutuhan daging sapi dan kerbau untuk industri mencapai 129 ribu ton.

Namun, pemerintah belum menentukan rencana impor akan diambil dari negara mana saja. Pemerintah masih mencari dari Brasil atau Australia, masih melihat kemungkinan untuk menekan harga turun.

Pada tahun ini Perum Bulog (Persero) menargetkan 18 ribu ton impor daging kerbau asal India masuk pada Desember 2019. Jumlah tersebut merupakan bagian dari izin impor daging yang didapat Bulog sepanjang tahun ini sebanyak 100 ribu ton.


Itulah informasi mengenai impor daging di Indonesia. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ekspor Hasil Pertanian Itu Tidak Seribet Yang Kita Pikir

Sumber: Katadata.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.