Jokowi Resmikan Bendungan Kamijoro Yogyakarta Untuk Ketahanan Pangan

Mau tau bagaimana manfaat pembangunan bendungan di Yogyakarta? Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Pembangunan Infrastruktur Untuk Ketahanan Pangan

Pentingnya Bendungan Bagi Petani

bendungan
tribunnews.com

Baca juga: Produk Pertanian di Jawa Timur Diekspor ke 22 Negara

Ketersediaan air merupakan salah satu faktor penting dalam bidang pertanian, terutama untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Meski Indonesia memiliki curah hujan cukup tinggi terutama saat musim hujan, namun hal tersebut tidak menjamin ketersediaan air untuk irigasi serta merta terpenuhi untuk para petani.

Namun kondisi di lapangan masih jauh pada kondisi ideal. Sebagai negara agraris, masih banyak yang perlu mendapat perhatian. Ketersediaan air perlu dibenahi, lebih tepatnya harus dimanajemen dengan baik.

Demikian pula dengan pengeloaan sumber air, sungai, ataupun selokan yang melintasi.

Peresmian Bendungan Kamijoro

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Bendung Kamijoro di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan selesainya bendungan yang sudah dibangun sejak 2016.

Pembangunan bendung dikerjakan sejak 2016 oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dengan kontrak sebesar Rp 229 miliar oleh kontraktor PT Waskita Karya dan PT PP melalui kerjasama operasi/KSO.

bendungan
pipitanku.com

Baca juga: Penandatanganan MoU Kementan dan Bank Mandiri

Pembangunan bendungan ini akan memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat dan diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan.

Sebab, Bendung Kamijoro diperkirakan mampu menyediakan kebutuhan air irigasi bagi lahan pertanian di Kabupaten Bantul seluas 2.370 hektare. Bendungan ini juga akan meningkatkan intensitas tanam dari semula berkisar 205% menjadi 270%.

Ada sebelas desa dari empat kecamatan yang akan memperoleh manfaat irigasi dari adanya bendungan tersebut. Bendung Kamijoro ini juga dapat bermanfaat untuk ketersediaan air baku, khususnya di Kabupaten Bantul.

Lokasi Bendung Kamijoro dapat bertransformasi menjadi destinasi wisata, seperti adanya taman bermain dan plasa terbuka, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi baik masyarakat setempat maupun daerah.

Selainitu, pembangunan Bendung Kamijoro dapat semakin memudahkan akses transportasi masyarakat, khususnya di Bantul dan Kulon Progo. Hal ini seiring dengan adanya jembatan di Bendung Kamijoro.

Presiden berharap agar pemerintah daerah setempat dapat menjaga Bendung Kamijoro agar terus beroperasi dengan baik. Masyarakat setempat juga diminta memanfaatkan bendungan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.


Itulalah informasi mengenai pembangunan bendungan di yogyakarta. Semoga informasinya bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kabar Gembira Dari Petani Karet Sambas Jelang Tutup Tahun 2019

Sumber: Katadata.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.