Kabar Gembira Dari Petani Karet Sambas Jelang Tutup Tahun 2019

Mau tau kabar gembira dari para petani karet? Berikut Pak tani Digital akan memberikan informasi mengenai kabar tersebut. Berikut ulasannya!

Petani Karet

petani karet
wartaekonomi.co.id

Baca juga: Produksi Ikan Tahun Depan Ditargetkan KKP Akan Naik

Kebahagian Petani Karet di Sambas

Sejatinya produksi karet alam Indonesia bisa menjadi nomor satu di dunia. Itu bisa dicapai, jika produktivitas per hektare ditingkatkan.

Petani di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat bersyukur harga karet naik sebesar Rp1.000 per kilogram dari harga  Rp9.000-an per kilogram. Kenaikan harga karet ini dapat mendorong pendapatan mereka dalam sebulan terakhir.

Sebelumnya harga karet sempat mengalami penurunan sehingga kebanyakan mulai beralih dalam mencari sumber pendapatan seperti beralih menanam lada, sawit dan lainnya.

Dengan harga yang turun tajam seperti sebelumnya dengan kondisi yang ada dulu karet yang tidak disadap bisa saja disadap lagi.

petani karet
ekonomi.com

Baca juga: Produk Pertanian di Jawa Timur Diekspor ke 22 Negara

Selain harga karet, harga tandan buah sawit juga kembali naik, dengan harga di tingkat petani swadaya, seperti di Desa Sendoyan, Kecamatan Sajangkung, mencapai Rp1.000 per kilogram.

Para petani sangat merasa gembira dengan adanya kenaikan harga karena berdampak positif kepada tingkat pendapatan.

Padahal dahuli harga tandan sawit hanya Rp600-an saja, sekarang sudah sampai Rp1.000. Bahkan di daerah lain harga tandan sawit bisa mencapai Rp1.500 per kilogram.

Para petani mengatakan dengan harga seperti ini saja sudah cukup baik dan para petani berharap harga tandan sawit tidak berubah lagi.

Saat ini, di Desa Sendoyan, sebagian besar masyarakatnya merupakan petani karet, lada, dan sebagian kecil juga ada sawit.

Para petani karet dan sawit di desa tersebut sangat berharap bahwa harga tidak mengalami penurunan yang kembali tajam seperti beberapa waktu lalu dan dengan peningkatan harga ini dapat mensejahterakan para petani karet dan sawit.


Itulah informasi mengenai harga para petani karet yang mulai meningkat. Semoga informasinnya bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Mentri Ajak Nelayan Perbesar Kapal dan Manfaatkan ZEE

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.