Pemilihan Pupuk Yang Cocok Untuk Tanaman

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai pemilihan pupuk untuk tanaman kelengkeng.

Tanaman Kelengkeng

Untuk menanam atau membudidayakan lengkeng (kelengkeng) diperlukan pemeliharaan serta perawatan yang baik.

Dengan begitu, maka tanaman lengkeng akan menghasilkan buah yang baik dan sehat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat lengkeng, salah satunya adalah penggunaan pupuk lengkeng.

Perlu Anda ingat sebelum menanam kelengkeng, Anda perlu mengetahui varietas yang ditanam. Hal tersebut guna mempermudah dalam pemeliharaan atau perawatan tanaman lengkeng. Anda bisa memilih varietas unggul untuk ditanam.

Pemberian pupuk lengkeng sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Namun, tanaman kelengkeng harus diberikan pupuk lengkeng yang cocok dan sesuai.

pixabay.com

Baca juga: Bagaimana Dosis Pupuk yang Baik Bagi Padi ?

Pupuk Untuk Tanaman Kelengkeng

  1. Pertama, Anda perlu memperhatikan umur tanaman. Jika tanaman kelengkeng masih berusia 6 bulan kebawah, Anda dapat menggunakan jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dipakai untuk tanaman ialah pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk kelelawar, serta pupuk organik yang lain.
  2. Jika tanaman kelengkeng berusia diatas 6 bulan, Anda bisa menggunakan pupuk booster. Pupuk lengkeng ini memiliki kandungan senyawa potassium klorat. Selain itu, kandungan lainnya dalam pupuk ini ialah KNO3, asam amino, unsur mikro, unsur makro, yang membuat pohon lengkeng cepat berbuah.

Adapun untuk memberikan pupuk lengkeng yang berusia minimal 6 bulan, harus memiliki kriteria seperti tanaman sehat, bagian pucuk daun tanaman tidak terlalu tua dengan warna hijau muda serta tidak ternaungi. Adapun langkah-langkah untuk memberikan pupuk lengkeng diantaranya adalah,

Potong batang pohon dengan hati-hati, setelah itu kupas pada batang yang memiliki warna kecoklatan. Pengupasan ini dilakukan dengan tipis. Siapkan bambu untuk mengkerok bagian batang pokok serta bagian batang primer.

Siapkan pupuk lengkeng booster, dan campur menggunakan air bersih sekitar 4-5 liter setelah itu aduk hingga merata.

Siapkan kain lap yang bersih dan higienis. Lalu masukkan kain lap yang bersih tadi, ke dalam campuran pupuk dengan air bersih yang Anda buat sebelumnya.

Setelah selesai mengerjakan pencampuran pupuk tersebut, pasti akan tersisa beberapa larutan. Larutan tersebut bisa Anda siramkan ke bagian area pangkal batang. Waktu yang baik untuk memberikan larutan ini yaitu pagi hari.

Pemberian pupuk ini ditunjukkan agar tanaman terangsang untuk cepat mengeluarkan bunga. Jika tanaman sudah berbunga, maka pohon lengkeng akan cepat berbuah.

Selain itu, pemberian pupuk juga harus dilakukan dengan dosis yang sesuai. Biasanya untuk takaran 1 dosis penggunaan larutan bisa mencakup 12 cm lingkar batang. Biarkan tanaman lengkeng tersebut menyerap larutan pupuk yang sudah diberi selama 4 jam.

Adapun untuk tanaman kelengkeng dengan jenis varietas diamond river menggunakan pupuk NPK 16 atau 2 botol kandungan KN03 yang berbentuk cair.

Meskipun tanaman diberikan pupuk, namun tanaman tetap membutuhkan waktu serta proses untuk menghasilkan bunga serta buah. Adapun pemberian pupuk ini hanya untuk mempercepat proses serta waktu tersebut, dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberi pupuk.

pixabay.com

Baca juga: Apa Saja Limbah Yang Bisa Di Olah Menjadi Pupuk Kompos

Penyebab Kegagalan Pemupukan

Biasanya, tanaman lengkeng membutuhkan waktu untuk berbunga sekitar 22 hari hingga 2 bulan. Sehingga, ketika sudah melebihi waktu yang sudah ditentukan, kemungkinan besar pohon Anda belum mencukupi umur atau tidak sedang musim buah.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kegagalan dalam pemupukan serta pertumbuhan tanaman, diantaranya yaitu varietas tanaman yang tidak sesuai, tanah yang tidak subur, tidak memenuhi syarat tumbuh, tanaman tidak terkena matahari, serta penyebab lainnya.

Selain itu, pemilihan bibit yang dilakukan di awal juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena bibit yang bagus akan mengurangi resiko kegagalan tanaman.


Itulah beberapa penjelasan mengenai pupuk lengkeng yang cocok untuk tanaman kelengkeng agar cepat berbuah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Beberapa Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Terhadap Kesuburan Tanah

Sumber: Agrotani.com

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.