Berikut informasi dari Pak Tani Digital peran lumbung padi dalam menjaga ketahanan pangan di sebuah daerah.

Lumbung Padi

Pengertian Lumbung Padi

pixabay.com

Baca Juga : Beberapa Kendala Pemasaran Produk Agribisnis

Lumbung pangan merupakan lembaga cadangan pangan di daerah perdesaan, berperan dalammengatasi kerawanan pangan masyarakat.

Lumbung pangan telah ada sejalan dengan budaya padi dan menjadibagian dari sistem cadangan pangan masyarakat.

Keberadaan lumbung pangan cenderung menurun karenabeberapa sebab, yaitu:

(a) penerapan revolusi hijau yang mengintroduksikan teknologi padi unggul, danmodernisasi pertanian dinilai tidak sesuai dengan lumbung tradisional masyarakat

(b) keberadaan Bulog yangberperan dalam stabilisasi pasokan dan harga pangan (gabah) di setiap wilayah pada setiap waktu menyebabkantidak ada insentif untuk menyimpan gabah

(c) globalisasi yang menyebabkan terbangunnya beragam pangan,termasuk pangan olahan sampai ke perdesaan, telah merubah pola konsumsi

(d) kegiatan pembinaan yangtidak konsisten dan cenderung orientasi proyek menyebabkan pembinaan yang dilakukan tidak efektif.

Peran Lumbung Padi Terhadap Ketahanan Pangan

pixabay.com

Baca Juga : Tips Pemasaran Produk Pertanian

Ketahanan pangan merupakan salahsatu isu paling strategis dalam pembangunannasional, terlebih bagi negara berkembangseperti Indonesia yang berpenduduk besar.

Perhatian terhadap ketahanan pangan (foodsecurity) mutlak diperlukan karena terkait eratdengan ketahanan sosial (social security),stabilitas ekonomi, stabilitas politik dankeamanan atau ketahanan nasional (nationalsecurity).

Kerawanan pangan masih menjadipermasalahan di Indonesia, dan kerawananpangan sangat berkaitan dengan kemiskinan.

Keberadaan lumbung pangan sebagaikelembagaan cadangan pangan masyarakattelah banyak berperan dalam mengatasi kera-wanan pangan masyarakat.

Namun lumbungpangan semakin hilang terpinggirkan sejalandengan dinamika pembangunan antara lainkeberadaan dan menguatnya peran Bulogdalam menjaga stabilisasi pangan nasional.

Lumbung pangan sangat berguna dalam menjaga ketahanan pangan suatu daerah, dimana lumbung padi digunakan sebagai penyimpanan hasil panen, dimana hasil panen akan menjaga keseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan masyarakat.


Itulah informasi mengenai peran lumbung padi dalam menjaga ketahanan pangan di sebuah daerah . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Pertanian

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.