Peran petani tidak perlu dipertanyakan lagi untuk membantu mengembangkan ekonomi. Berbicara tentang peran petani dalam pertanian tidak hanya sebatas membahas pangan juga sampai ke perikanan dan peternakan begitu juga dengan lingkungan hidup. Pertanian mempunyai peran yang sangat berguna untuk keberlangsungan hidup. Semua menyadari pertanian sangat berperan dalam hal pangan, industri, pekerjaan dan kebutuhan pahan.

Sumber: Pexels.com

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi besar mengembangkan pertumbuhan ekonomi melalui pertanian. Beberapa fakta bahwa pertanian dapat membantu pertumbuhan ekonomi yaitu pergerakan grafik penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan PDB, menjadi sektor yang menghasilkan keuntungan dari ekspor bahkan sampai ke bagian mengurangi angka kemiskinan.

peran petani

Sumber: Slideshare.info

Beberapa peran pertanian yang nyata dan dapat dilihat dan dirasakan

  1. Penyedia Pangan

pangan

Sumber: Prelo.co.id

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang kurang lebih dari 200 juta orang tentu saja bukan hal mudah untuk memastikan ketersediaan pangannya. Keberhasilan petani dalam menjaga ketersediaan pngan sehingga tetap masih dalam keadaan stabil adalah sesuatu yang harus dibanggakan dan diapresiasi. Jika pangan dapat terpenuhi itu artinya keadaan negara cukup baik. Selain itu keadaan ekonomi, sosial dan politik juga akan terdampak baik.

  1. Penghasil Devisa

devisa

Sebagai sektor yang melakukan ekspor hasil kebun, pertanian juga menyumbangkan beberapa keuntungan dalam meningkatkan ekonomi Indonesia. Setiap kali Indonesia melakukan ekspor maka Indonesia juga menghasilkan devisa yang cukup bahkan sangat berpengaruh untuk Indonesia. Jika Indonesia, dapat tetap mempertahakan kestabilan ekspor maka akan meningkatkan pendapatan negara dan memperbaiki kestabilan ekonomi nasional.

  1. Penyedia lapangan kerja

lapangan kerja

Sumber: Pexels.com

Jika angka pengangguran menurun maka artinya baik untuk ekonomi negara. Sedangkan seperti yang sudah diketahui bersama bahwa sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah pertanian termasuk perkebunan.

  1. Peningkat pendapatan nasional

PDB

Sumber: akseleran.co.id

Sebagai sektor yang membentuk produk domestik bruto (PDB) pertanian memiliki peran yang cukup dan sangat penting. Perkebunan merupakan subsektor yang kontribusinya sangat besar dalam menciptakan PDB.

  1. Kesejahteraan petani

Sumber: Pexels.com

Sebagai pelaku utama dalam sektor pertanian, kesejahteraan petani sangatlah penting. Kesejahteraan ini tidak hanya terfokus pada pangan yang terpenuhi juga membahasa ke partisipasi petani yang semakin meningkat. Peningkatan ini akan berdampak pada sosial ekonomi, teknologi, modal bahkan pasar.

 

Potensi negara sebagai negara agraris harusnya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memperbaiki ekonomi negara Indonesia. Semakin baik pertumbuhan pertanian semakin membaik ekonomi negara dan semakin sejahtera masyrakat di dalamnya.

 

Baca Juga: Mendukung Para Petani Mempertahankan Ketahan Pangan

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.