Sektor UMKM

Meskipun dalam keadaan pandemi virus covid-19 sedang melanda saat ini, UMKM tetap mengupayakan agar usahanya tetap bertahan.

Untuk tetap mampu mempertahankan usaha, pelaku UMKM merencanakan berbagai strategi. Beberapa strategi atau upaya yang diterapkan.

UMKM

Sumber: MediaIndonesia.com

 

Bca Juga: Upaya Penanganan Tantangan yang Dihadapi UMKM yang Perlu Diterapkan
  1. Menganlisa kelebihan dan kekurangan

Sebagai pelaku UMKM, harus memahami betul apa yang menjadi kelemahan usahanya dan apa yang menjadi kekuatan usahanya. Strategi ini dapat diterapkan untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan atau kekuatannya. Dengan begini, usaha dapat terus berjalan dan menjalankan segala peluang usaha yang ada.

  1. Promosi

Dalam berbisnis berbagai inovasi diupayakan oleh pelaku untuk meningkatkan pasar. Tidak sedikit yang melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan menggunakan teknologi yang sudah sangat banyak saat ini.

  1. Join dengan komunitas

Sebagian besar pelaku UMKM mengakui bahwa dengan bergabung dengan beberapa komunitas mampu memberikan banyak sekali manfaat. Manfaat yang diperoleh mulai dari ilmu pengetahuan, sikap yang saling membantu sampai ke promosi usaha.

  1. Merencanakan dana

Sebagai pekerja di dunis industri harus tanggap dan bijaksana dalam hal merencanakan keuangan. Untuk tetap mampu bertahan, pelaku harus mengorganisir keuangan dengan sebaik mungkin. Sehingga meskipun dalam keadaan pandemi seperti ini, usahanya tetap bisa berjalan meskipun tidak selancar biasanya.

  1. Stok barang

Meskipun usaha terbilang kecil atau besar, mengecek persediaan barang adalah salah satu hal yang sangat penting. Pelaku dapat mengatur penjualan dengan stok yang tersedia. Pengecekan yang dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda sesuai dengan yang sudah biasa diterapkan.

  1. Memantau usaha

Pelaku UMKM harus mampu memantau atau memonitoring usahanya setiap saat. Di masa pandemi saat ini, pelaku tidak harus terjun langsung. Tetapi bisa juga menggunakan teknologi yang sudah ada untuk memantau usaha yang ada.

Sektor UMKM

Sumber: Katadata.co.id

Nah itu beberapa upaya yang perlu dilakukan pelaku UMKM untuk mempertahankan usaha yang sedang dilakukan atau dijalankan. Kita berharap bersama agar pandemi ini segera berakhir agar semua pekerjaan yang tersendat dapat beraktivitas normal seperti semula bahkan lebih baik lagi.

Baca Juga: Memperkuat UMKM di Tengah Pandemi

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi

https://www.merdeka.com/peristiwa/7-cara-agar-umkm-tetap-produktif-di-tengah-pandemi.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.