Selama pandemi, sektor perekonomian UMKM mengalami banyak penurunan. Bahkan banyak usaha yang tutup. Ini tidak dapat disalahkan juga tidak dapat dibenarkan, karena setiap usaha memiliki kebutuhan dan keperluan yang berbeda.

Untuk usaha yang masih tetap bergerak ada beberapa upaya yang bisa diterapkan dalam mengatasi kendala usaha yang disebabkan oleh covid-19, diantaranya adalah:


1. Waspada dan jangan panik


Waspada dari virus itu memang baik namun jangan sampai terlalu panik berlebihan. Segala sesuatu harus dilalui dengan tenang dan ikuti prosedur yang sudah diterapkan. Dengan begitu kesehatan semua orang dapat dikontrol. Lagipun dengan pola pikir yang lebih sehat dan santai, orang mampu bekerja lebih sigap dan maksimal.

Baca Juga: 9 Strategi Menyelamatkan Ekonomi RI Saat Corona 

2. Bijak mengambil nilai positif dari sebuah kejadian


Belajar untuk selalu mengambil nilai positif dari sebuah kejadian. Ini berbeda dengan mengambil keuntungan dari masalah yang dihadapi orang. Namun, untuk tetap mampu bertahan hidup dimasa pandemi saat ini, kita harus bisa mengolah pikiran agar menhasilkan ide baru yang positif dan mampu meningkatkan penghasilan.

Contohnya, saat semua orang melakukan segala sesuatu di rumah termasuk olahraga ini membuka kesempatan kerja untuk menjual alat olahraga sesuai permintaan pasar. Setiap pelaku usaha harus mampu berpikir cerdas dan sigap dalam setiap keterbatasan.

3. Merencanakan strategi


Melihat keadaan saat ini, banyak usaha yang tutup atau pendapat yang mungkin menurun jauh. Untuk tetap mampu bertahan hidup, setiap pelaku usaha harus mampu membaca situasi untuk membolak balikkan bisnis dan menjangkau pasar. Jika usaha sebelumnya sedang tidak dibutuhkan di masa sekarang maka coba beralih ke usaha lain yang menjanjikan.

Misalnya mencoba bercocok tanam atau bertani, ini dikarenakan saat ini masyrakat sedang membutuhkan makanan yang sehat dan higienis. Sektor seperti ini memberikan peluang bisnis lain yang juga bermanfaat dan cukup menguntungkan.

Baca Juga: Ekspor Produk Sawit Turun Akibat Adanya Corona

4. Merencanakan keuangan dengan baik


Setiap bisnis berskala menengah keatas atau setidaknya usaha yang sudah memiliki karyawan dan kantor tentu saja memiliki pengeluaran tetap, seperti gaji, sewa bangunan, tagihan listrik dan yang lainnya.

Untuk mampu bertahan dalam skala yang lama, pelaku usaha harus mampu menghemat pengeluaran dan memanfaatkan hal lain seperti teknologi untuk meminimalisir pengeluaran. Juga dapat menggantikan hal lain dengan hal yang menggunakan lebih sedikit pengeluaran.

5. Memanfaatkan program dari pemerintah dengan baik.


Untuk menangani wabah yang sedang terjadi dan mengganggu sektor perekonomian negara khususnya dari UMKM pemerintah sudah mengeluarkan beberapa teknologi yang diharapkan mampu membantu meningkatkan kembali sektor perekonomian UMKM.

Kementerian pun mengaku sudah menjalin banyak kerja sama dengan ebebrapa e-commerse di Indonesia.

 

Baca Juga: Harapan Pada KUR Pertanian Untuk Lawan Covid-19

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.