Untuk menghadapi pandemi yang terjadi saat ini, kita harus tetap memperkuat UMKM. UMKM juga dianggap sebagai pendorong yang cukup besar dalam memajukan ekonomi negara. UMKM juga sangat baik dalam pemenuhan kebutuhan.

Seperti yang kita tahu, UMKM dapat mengalihkan hasil product sesuai dengan kondisi. Misalnya product yang saat ini sedang tidak laku dipasaran, maka UMKM dapat mengganti produk sesuai yang dicari pasar. Hal seperti inilah yang membuat ekonomi dapat bertahan meski terseot.

Upaya meningkatkan dan memperkuat UMKM menjadi salah satu fokus meningkatkan ekonomi Indonesia yang sedang tidak stabil.

UMKM

Baca Juga: Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi dengan New Normal 

 

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dan diperbaiki untuk memperkuat UMKM

  1. Finansial

Financial dapat memberi kemudahan dan keefisiensian keuangan atau dana. Ada beberapa akses yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM dalam menggerakkan atau memajukan usaha yang sedang di lakukan.

Meskipun begitu, penggunaan dana yang bijaksana harus tetap dinomro satukan. Pengusaha UMKM harus dapat memilah dana yang menjadi bagian modal dan dana untuk keperluan lain. Dalam menentukan dana juga harus selektif, gunakan dana sebaik mungkin untuk memproduksi produk yang memungkinkan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

  1. SDM

Jelas saja untuk menggerakkan semua usaha ini diperlukan sumber daya manusia yang bijaksana dan bisa diandalkan. SDM harus mampu mengontrol pertumbuhan usaha yang dilakukan. Mampu mengatur dan memonitoring finansial dan pertumbuhan pasar. Kebanyakan orang membuka sebuah usaha tanpa persiapan yang matang, tidak memikirkan kemungkinan untuk jangka waktu yang panjang. Ini merupakan kesalahan dalam membuka usaha. Meskipun banyak yang beranggapan “mulai saja dulu” namun harus tetap ada persiapan dan rancangan untuk usaha lebih lanjut.

  1. Inovasi pemasaran yang terupdate

Melihat keadaan yang sekarang, kebanyakan orang masih melakukan segala sesuatu dari rumah. Nah, keadaan seperti ini, tidak menjadi alasan untuk memulai membuka usaha. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita dapat memanfaatkan berbagai platform e-commerse untuk memulai usaha kita. Kita dapat membuat sebuah produk dan menjualnya melalui online. Cara ini sudah sangat banyak dilakukan oleh orang-orang yang memproduksi barang seperti UMKM.

Nah, ketiga cara ini bisa kita terapkan jika ingin memulai atau memajukan UMKM yang sudah ada. Kita sabagai warga negara biasapun dapat berperan dalam memajukan ekonomi negara.

Baca Juga: Upaya Penanganan Tantangan yang Dialami UMKM yang Perlu Diterapkan

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

https://www.liputan6.com/regional/read/4252808/pentingnya-memperkuat-umkm-dalam-menghadapi-pandemi-corona-covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.