Melihat Perkembangan Pertanian Tomat Modern di Gurun

Arab Saudi atau yang dikenal United Arab Emirates saat ini sedang mengimpor setidaknya 80% jumlah pangan mereka. Masalah seperti ini tentu sangat tidak baik jika dibiarkan. Oleh karena itu, sebuah startup dari ibukota Abu Dhabi muncul dengan misi untuk membantu masalah impor pangan negara.

Berdiri tahun 2016, Pure Harvest Smart Farms sedang dikembangkan dengan menggunakan model smart greenhouses. Teknologi ini membantu meningkatkan produktivitas pertanian meskipun di tengah lingkungan keras sekalipun. Untuk saat ini, baru tanaman tomat yang dapat tumbuh.

Baca Juga : Aplikasi HARA Dapat Mengatasi Masalah Lahan Pertanian Indonesia

“Saya ingin membuat sesuatu yang berdampak dan berarti”, ujar CEO dan Co-Founder dari Sky Kurtz ini. “Masalah yang kita alami ini tentu adalah hal yang berkaitan dengan masalah ketahanan pangan, konservasi air dan diservertifikasi ekonomi di daerah serta menjaga ketahanannya dengan satu palu”, ujarnya lagi.

Perkembangan Pertanian Tomat Modern di Gurun Ini Sedang Naik Daun
Perkembangan Pertanian Tomat Modern di Gurun Ini Sedang Naik Daun

Pertanian Tomat Modern Dengan Teknologi Canggih

Selama di bulan musim panas yang menyengat di daerah Gulf, temperatur udara dapat meningkat hingga 120 derajat Fahrenheit. Meskipun demikian, didalam greenhouse , keadaan lingkungan diciptakan optimal untuk bertani.

Startup ini membangun sebuah sistem yang mampu menganalisis data untuk menetapkan kecerahan sinar, suhu udara dan kelembapan. Tidak hanya itu, sistem ini juga mampu untuk menganalisis keadaan didalam rumah kaca seperti tingkat karbon dioksida, air dan lainnya.

Meskipun teknologi yang digunakan sudah canggih, namun campur tangan manusia tetap dibutuhkan. Contohnya seperti operator yang memperhatikan keadaan tanaman lewat informasi yang disampaikan oleh sistem untuk menyesuaikan keadaan lingkungan greenhouse.

“Mungkin di masa depan, kita akan memiliki cukup sensor kepada seluruh tanaman sehingga mungkin akan menggantikan pekerjaan monitoring manusia oleh sistem” ujar Jan Prins, kepala pemerhati kepada wartawan CNN. “Ada sekitar ribuan orang yang bekerja juga di seluruh dunia yang akan membuat dunia lebih baik”, ujarnya lagi.

Pertanian yang diharapkan ini dapat menaikkan sekuritas pangan di UAE, meskipun demikian, inovasi ini masih dalam tahap pengembangan. Berdasarkan para ahli, ketersediaan pangan global harus ditingkatkan dua kali lipat di tahun 2050.

Baca Juga Ingin Memanen Tomat Setiap Hari? Coba 3 Teknik Ampuh Ini

“Dalam rangka untuk memproduksi sejumlah makanan yang demikian besar dengan sumber daya yang ada, kita harus mampu memodernisasi teknologi pertanian”, ujar Heitor Pellegrina, asisten professor di NYU , Abu Dhabi.

Disadur dari CNN 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.