Persiapan Daya Saing Produk Akuakultur

Mau tau infrormasi mengenai daya saing produk akuakultur? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Produk Akuakultur

Persaingan Produk Akuakultur

akuakultur
detikfinance.com

Baca juga: Tegakkan Perlindungan Untuk Ekosistem Terumbu Karang

Dalam menghadapi persaingan global dan juga tantangan akuakultur (budidaya perairan), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong penguatan daya saing di Indonesia di tahun 2020 yang akan menerapkan prinsip Good Aquaculture Practices (GAP).

KKP akan bekerja sama dengan AP5i untuk meningkatkan kualitas produk, memperkuat pasar, dan membuka peluang ekspansi pasar baru guna memastikan produk asal Indonesia bisa masuk.

Ditambah lagi Indonesia masih tercatat sebagai negara dengan kepatuhan yang cukup baik sehingga hingga saat ini belum ada penolakan terhadap produk akuakultur di negara buyer.

Tim audit dari Uni Eropa akan melakukan penilaian kesesuaian di lapangan untuk memastikan konsistensi dalam menerapkan GAP dan diharapkan tidak ada temuan mayor, sehingga produknya tetap diterima.

Tantangan yang perlu dihadapi saat ini yakni dinamika persaingan pasar perdagangan global yang menuntut kita harus lebih cepat mengambil peluang melalui strategi yang efektif.

Sehingga dituntut untuk memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penciptaan devisa ekspor. Selain itu, Presiden Jokowi secara khusus meminta KKP untuk fokus mengoptimalkan industri akuakultur nasional.

Secara spesifik bahkan Presiden memberikan target kenaikan ekspor udang sebesar 250% hingga tahun 2024.

Persiapan Daya Saing

akuakultur
selarasfarm.com

Baca juga: Berbagai Modus Pencurian Ikan Oleh Nelayan Asing

Program akan disiapkan untuk pengarahan pengembangan industri budidaya yang berorientasi ekspor dan untuk menopang ketahanan pangan nasional.

Berbagai program tersebut yakni pengembangan kawasan budidaya udang berkelanjutan, kawasan budidaya rumput laut, kawasan budidaya patin, kawasan budidaya ikan hias.

Membangun dan mengembangkan industri perbenihan melalui pusat induk dan benih (Broodstock Center), penataan sistem logistik benih, dan pengembangan pakan mandiri berbasis maggot.

KKP telah melakukan model pengembangan budidaya udang berkelanjutan berbasis kawasan di berbagai daerah dan hasilnya sangat memuaskan dengan produktivitas mencapai 40 ton per ha

Upaya lain yang akan dilakukan di hulu yaitu dengan terus meningkatkan efesiensi produksi dan realokasi anggaran untuk Subsektor Perikanan Budidaya mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 300 miliar yang semula Rp 739,57 miliar bertambah menjadi Rp 1,03 triliun.

Hal ini menjadi tambahan energi untuk lebih mengoptimalkan berbagai program strategis yang telah direncanakan. Anggaran ini akan difokuskan langsung dalam mengakselerasi pengembangan industri budidaya nasional.

Khususnya untuk komoditas berbasis ekspor. Subsektor perikanan budidaya dituntut untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional dan tentu ini harus didorong dengan peningkatan devisa ekspor.


Itulah informasi mengenai persiapan daya saing produk akuakultur. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kesepakatan Dalam Budidaya Kakap Putih di Batam

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.