Petani Aceh Besar Lakukan Panen Raya Beras

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai petani aceh besar lakukan panen raya beras.

Pengertian Panen Raya Beras

Panen Raya Beras

pixabay.com

Baca Juga : Berikut Manfaat Dari Mengkonsumsi Jagung

Panen raya adalah panen yang menghasilkan produksi dalam jumlah besar dan terjadi dibanyak wilayah.

Panen tersebut dapat menutupi kerugian petani di dua panen sebelumnya. Namun, ia tak terjadi setiap tahun, tapi tigatahun sekali Universitas Sumatera Utara ketikacurah hujan.

Pergerakan matahari dan bulan membuat kondisi iklim dan tanah sangat baik Republika Online, 2015 Salah satu masalah klasik yang sering dialami petani padi adalah anjloknya harga jual gabahberas pada saat panen raya, dan meningkatnya harga pada saat diluar panen.

Panen raya beras adalah salah satu kegiatan yang banyak menguntungkan suatu daerah, dengan itu kebutuhan beras untuk masyarakat dapat terpenuhi.

Apalagi saat ini indonesia sedang berhadapan dengan Pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi proses kegiatan pertanian dan mengurangi jumlah produksi padi.

Aceh Besar Lakukan Panen Raya

pixabay.com

Setelah beker­ja keras sekitar tiga bulan lebih, kini ribuan petani di Aceh Besar bersiap-siap menyongsong panen raya musim tanam gadu tahun 2020. Di masa pandemi ini memang sulit.

Penanaman padi per­dana musim tanam gadu tahun 2020 di Aceh Besar diawali di kawasan Blang­bintang  Penanaman perdana itu dilakukan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali bersama Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin, unsur forkopimda dan pejabat terkait lainnya.

Bupati Mawardi Ali men­gatakan, dampak dari pandemi Covid-19 itu tidak hanya pada kesehatan, juga terdampak pada ekonomi. Bahkan, ka­tanya, Presiden Joko Wido­do mengingatkan pentingnya menjaga ketahanan pangan, untuk mengantisipasi an­caman krisis pangan.

Dikatakan, hasil padi yang akan segera dipanen oleh petani musim tanam gadu ini sangat baik. Aceh Besar selama ini bisa surplus hingga menopang dua daerah tetangganya yakni Kota Banda Aceh dan Sabang.

Bahkan, hingga memenuhi ke­butuhan beras di luar daer­ah. Karenanya, Pemkab Aceh Besar berterima kasih kepada petani, yang menyelamatkan negara di sektor pangan.

Pada musim tanam gadu tahun 2020, Kabupaten Aceh Besar melakukan penana­man lahan sawah seluas 5.500 hektare tersebar di se­jumlah kecamatan, ditambah 500 hektare khusus varietas IP 300 di kawasan Indrapuri yang merupakan dukungan dari Distan Aceh. Dari tana­man musim gadu ini, ditarget­kan akan mendapatkan hasil sebanyak 6,5 ton per hektare.


Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai petani aceh besar lakukan panen raya beras.

Baca Juga : Perkembangan Produksi Beras di Indonesia

Sumber : Liputan 6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.