Produk Olahan Pangan Berpeluang Dongkrak Ekspor

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai produk olahan pangan berpeluang dongkrak ekspor.

Produk Pangan Olahan

Pangan Olahan

pixabay.com

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Jagung

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukkan sebagi makanan dan minuman bagi konsumsi manusia.

Berdasarkan cara perolehannya, pangan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :

Pangan segar

Pangan segar adalah pangan yang belum mengalami pengolahan. Pangan segar dapat dikonsumsi langsung atau tidak langsung, yaitu dijadikan bahan baku pengolahan pangan.

Pangan Olahan

Pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses pengolahan dengan cara atau metode tertentu, dengan atau tanpa bahan tambahan..

Pangan olahan bisa dibedakan lagi menjadi pangan olahan siap saji dan tidak saji.

Pangan olahan tertentu

Pangan olahan tertentu adalah pangan olahan yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu dalam upaya memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Pangan Olahan Ubi

pixabay.com

Baca Juga : Perkembangan Produksi Beras di Indonesia

Keripik ubi merupakan salah satu pangan olahan yang sangat terkenal, dan sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari dan dijadikan cemilan.

Keripik ubi merupakan cemilan yang sangat digemari banyak orang, sangat jarang orang mau menolaknya.

Ubi menjadi bahan baku utama dalam pengolahan keripik ubi, kita ketahui bahwa persebaran tanaman ubi di Indonesia sangat luas serta mendukung industri pengolahan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku.

Di kota medan ada salah satu industri yang mengolah ubi menjadi kripik ubi.

Beliau memulai usaha keripik di tahun 1990 bermodal 5 kg ubi kayu, kini produksi keripik H misli sudah mencapai 7 ton per hari.

Kini keripik ubi cap rumah adat minang sudah cukup dikenal, bahkan mulai tahun 2008 lalu sampai saat ini uangkap H misli, produknya pun sudah rutin di ekspor ke korea dengan total ekspor sekitar 6-7 ton per bulan diluar produksinya yang 7 ton per hari.

Bahkan dua tahun belakangan ekspor keripik singkongnya pun merambah ke malaysia.

Bukan hanya milik perorangan yang sudah menembus pasar ekspor, tetapi ada keripik singkong yang diproduksi usaha kecil dan menengah indonesia berhasil menembus pasar Amerika Serikat.

Produk yang dihasilkan PT Paretu Estu Guna tersebut telah melakukan ekspor perdana senilai 5.200 dolar AS atau sekitar Rp. 71.615.440. Nilai tersebut sebanding dengan jumlah 320 karton singkong.

Dari dua realita diatas menyatakan bahwa indonesia memang mampu menembus pasar ekspor dengan pangan olahannya berupa keripik ubi.


Itulah informasi mengenai Produk Pangan Olahan Ubi Berpeluang Dongkrak Ekspor. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Ketahanan Pangan Bagi Indonesia

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.