Indonesia Berpotensi Mengekspor Pangan segar

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai Indonesia Berpotensi Mengekspor pangan segar.

Ekspor pangan Segar

Pangan Segar

pixabay.com

Baca Juga : Dampak dari Kebijakan Impor Beras Terhadap Petani

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan dan minuman bagi konsumsi manusia.

Berdasarkan cara perolehannya, pangan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :

Pangan segar

Pangan segar adalah pangan yang belum mengalami pengolahan. Pangan segar dapat dikonsumsi langsung atau tidak langsung, yaitu dijadikan bahan baku pengolahan pangan.

Pangan Olahan

Pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses pengolahan dengan cara atau metode tertentu, dengan atau tanpa bahan tambahan.

Pangan olahan bisa dibedakan lagi menjadi pangan olahan siap saji dan tidak saji.

Pangan olahan tertentu

Pangan olahan tertentu adalah pangan olahan yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu dalam upaya memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Pangan Segar

pixabay.com

Indonesia tercatat telah berhasil mengekspor pangan segar sebanyak 15.000 ton ke 29 negara selama semester 1 – 2019. Nilai total keseluruhan mencapai USD 12 juta atau Rp. 170 miliar.

Volume ekspor januari-juni, pangan segar saja, beras, beras ketan, jagung, kedelai segar, kacang tanah segar, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar, talas dan lainnya itu 15 ribu ton.

Itu sekitar 29 negara, seperti Hongkong, Amerika Serikat, Singapura, Australia, Amerika, Italia, China, Thailand, Filipina, Malysia, India, pakistan, dan sebagainya.

Target baru ekspor indonesia nantinya adalah negara-negara amerika latin seperti chili. Produk yang akan di ekspor juga berupa buah-buahan tropis hingga sawit.


Itulah informasi mengenai indonesia berpotensi mengekspor pangan segar. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan

Sumber : Liputan 6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.