impor susu

Susu dalam negeri sudah hampir habis. Apakah harus mengimpor susu dari luar negeri? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan informasinya. Berikut ulasannya!

Impor Susu

Kebutuhan Susu Dalam Negeri

impor susu
pixabay.com

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) mengatakan bahwa produksi susu dalam negeri saat ini masih belum mampu memenuhi konsumsi susu rakyat Indonesia secara menyeluruh.

Kebutuhan Indonesia hari ini sampai 9 juta liter/tahun, sementara produksi kita baru 1,5 juta liter/tahun. Sehingga, tidak dapat dipungkiri, pasokan susu dalam negeri saat ini paling banyak memang diisi oleh susu impor.

Sedangkan secara total, produk susu dalam negeri di pasar domestik baru mencapai 20% dari total produk susu yang diperjual-belikan. Maka, untuk rencana ke depan ini, dalam waktu dekat, produksi susu harus ditingkatkan dan mengurangi impornya.

Baca juga: Dalam 4 Tahun, Ekspor Produk Pertanian Ditargetkan Naik 3 Kali Lipat

Tindakan Pemerintah Terhadap Produksi Susu

Demi menggenjot produksi susu dalam negeri, pemerintah akan koordinasikan dengan Kementerian Pertanian dan kementerian terkait lainnya.

Menteri telah merangkum strategi peningkatan produksi susu dalam negeri yaitu dengan meremajakan indukan sapi yang berkualitas agar produktivitas petani meningkat, lalu menyiapkan lahan untuk pakan ternak, dan menyiapkan pembiayaan.

Koordinasi juga akan dilakukan dengan beberapa kementerian untuk mengakses lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sebagai lahan pakan ternak, serta menyangkut impor indukan, dan sebagainya.

Pihaknya juga siap bekerjasama dengan Kementan untuk memproduksi susu dan dengan Kementerian Kesehatan untuk penyediaan susu bagi anak sekolah secara berkala. Kementerian BUMN pun akan dilibatkan agar bisa memanfaatkan lahan-lahan yang menganggur.

Untuk masalah pembiayaan, Kemenkop memiliki LPDB KUMKM. Selain itu, kini sudah ada KUR (kredit usaha rakyat) untuk peternak dengan jangka waktu kredit lebih panjang.


Itulah informasi mengenai impor susu. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Dongkrak Ekspor Pangan, Mendag dan Mentan Susun Strategi Baru

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.