mesin padi

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai kisah pembuatan mesin perontok padi yang berasal dari Ciamis.

Mesin Perontok Minimalis

Mengenal Siapa Penciptanya

mesin padi
pixabay.com

Baca juga: Nelayan Siap Ekspor Puluhan Ton Ikan Ke Korea Selatan 

Sorang pemuda bernama Miftah bersal dari warga Dusun Baregbeg, Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Jawa Barat.

Pemuda Pemuda lulusan jurusan Pendidikan Islam (Tarbiyah) STAINU Kebumen ini merintis produksi mesin perontok padi minimalis sejak 4 tahun lalu

Ia telah sukses membuat dan memproduksi sebuah alat mesin perontok padi minimalis. Alat ini diduga mampu memudahkan panen para petani langsung di ladang.

Pembuatan mesin ini tak luput dari peran petani yang diminta memberikan masukan agar mesin yang dibuat sesuai dengan keinginan petani dan karakteristik ladang.

Respon positif terus berdatangan dari petani sekitar bahkan beberapa petani memberi ucapan terimakasih dari para petani dan dipercaya untuk memproduksi lebih banyak.

Mesin Perontok Padi

mesin padi
bukalapak.com

Baca juga: New Normal Membuka Kembali Ekspor Produk Olahan Pertanian

Mesin padi minimalis buatan Miftah memiliki bobot hanya 25 kilogram. Padi dirontokkan dengan menggunakan paku yang telah disusun di dalam mesin.

Penggunaan paku rapat meringankan saat padi dimasukan ke mesin untuk dirontokkan. Harga mesin padi minimalis buatan Miftah dibandrol dengan harga Rp 3,5 juta.

Pemasarannya dilakukan juga melalui media sosial seperti Facebook hingga YouTube.

Facebook serta jaringan organisasi kepemudaan di wilayahnya, yakni Ansor. Berkat sarana internet tersebut, produksinya terus mengalami peningkatan.

Sekarang sudah sekitar 100 unit mesin terjual dan sudah menjelajah ke beberapa daerah seperti Yogyakarta, Tegal, Cilacap, Brebes, Karawang, Indramayu, Blitar bahkan sampai Sumatera Barat.

Sejauh ini semua mesin yang telah diproduksi berjalan baik, tak ada komplain dari pembeli.

Produksi mesin ini diharapkan teruus meringankan petani dan buruh tani.

Biasanya yang memiliki mesin perontok padi hanya pemilik sawah yang luas. Namun kini buruh tani juga mampu memiliki mesin tersebut untuk membantu kerjaannya


Itulah informasi mengenai suksesnya produksi mesin perontok padi minimalis. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Pemusnahan Bibit Ilegal Dari 14 Negara

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.