ubi jalar

Apakah makanan yang mengenyangkan selain nasi? Pasti jawabannya beragam. Ubi jalar sendiri merupakan merupakan salah satu bahan makanan kaya karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

ubi jalar

Rasanya yang manis, membuat Anda tidak perlu repot-repot lagi mengonsumsinya dengan tambahan lauk seperti saat memakan nasi. Sebelum mencari tahu tentang ragam manfaat yang dihadirkan oleh ubi jalar, kenali dulu ragam kandungan nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Beragam manfaat ajaib yang dihadirkan oleh ubi jalar tentu tak bisa terlepas dari banyaknya nutrisi penting yang dikandungnya. Ubi jalar memiliki kandungan kalori yang tinggi dan bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, vitamin A dan juga vitamin C.

Selain itu ubi jalar juga mengandung beberapa jenis nutrisi lain yang tak kalah penting antara lain:

  • Beta-karoten

Beta karoten merupakan salah sau jenis zat yang menghasilkan warna cerah pada ubi jalar. Di dalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Beberapa manfaat yang diberikan oleh beta karoten sendiri yaitu mampu menjaga kesehatan mata dan memperbaiki kerusakan yang ada pada mata.

  • Kalium dan Serat

Di dalam satu ubi jalar ukuran sedang mengandung setidaknya 4 gram serta dan juga 483 g kalium. Kandungan serat dan kalium ini terletak pada bagian kulitnya. Oleh karena itu ketika akan mengolah dan mengonsumsi ubi jalar, pastika untuk tidak membuang bagian kulitnya sehingga manfaatnya bisa Anda serap dengan maksimal.

  • Kolin

Kolin merupakan salah satu kandungan nutrisi yang berperan penting dalam proses penyerapan lemak, membantu proses kimiawi yang terjadi pada sel syaraf serta mempertahankan struktur membran sel.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan kolin yang terdapat di dalam ubi jalar mampu mengatasi peradangan dan juga menangkal radikal bebas.

 BACA JUGA: Taro dan Ubi Ungu Tidak Sama, Kenali Perbedaannya

Manfaat Ajaib Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Lalu apa saja manfaat ubi jalar yang bisa didapat setelah mengonsumsinya? Agar tidak menambah rasa penasaran, ini dia beberapa ulasannya.

ubi jalar siap dimakan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan yang berlebih, maka Anda bisa mengganti konsumsi nasi dengan ubi jalar. Selain bisa membantu menurunkan berat badan serta lemak yang berlebih, mengonsumsi ubi jalar secara rutin juga dapat meningkatkan funsgi hati dan ginjal sehingga bisa bekerja lebih maksimal.

2. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Mengonsumsi ubi jalar secara rutin sendiri dilansir mampu membantu meningkatkan kerja otak. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan adanya kandungan anthocyanin pada ubi yang dapat mencegah radikal bebas.

 3. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan gula yang terdapat di dalam darah. Mengonsumsi nasi terlalu banyak juga dapat memicu diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi. Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti konsumsi nasi dengan ubi jalar.

Kandungan indeks glemik rendah yang terkandung pada ubi jalar mampu membantu resistensi insulin pada penderita penyakit diabetes. Selain itu kandungan serat yang cukup tinggi juga mampu membantu proses penurunan kadar gula darah penderita.

4. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan ragam komplikasi penyakit serius jika tidak segera ditangani. Untuk mencegah datangnya penyakit berbahaya ini, Anda bisa mulai dengan rutin mengonsumsi ubi jalar.

Kandungan potassium ubi jalar yang sering disebut dengan kalium inilah yang berperan penting dalam pencegahan tekanan darah tinggi pada tubuh.

Hal tersebut juga diperkuat dari hasil penelitian yang menunjukakn adanya hubungan antara kandungan potassium ubi jalar dengan penurunan resiko kematian karena hipertensi.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan? Jangan khawatir. Untuk mengatasinya konsumsilah ubi jalar secara rutin. Kandungan serat tinggi yang terdapat di dalam ubi jalar mampu melancarkan sistem pencernaan yang bermasalah. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, ubi jalar mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

6. Melawan Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Walaupun masih dalam tahap penelitian lanjut, namun kandungan antioksidan yang terdapat di dalam ubi jalar diyakini mampu memabantu melawan beberapa jenis kanker yang menyerang tubuh.

Itulah tadi ragam manfaat serta kandungan nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar. Ternyata selain bisa dijadikan sebagia makanan pengganti nasi yang mampu menurunkan berat badan, ubi jalar juga memiliki berbagai khasiat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk mengonsumsi ubi jalar sebagai makanan utama atau camilan.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Budidaya Ubi dengan Stek

Nah demikianlah artikel mengenai ragam manfaat dari mengonsumsi ubi jalar. Semoga menambah wawasan Anda dan selamat mencoba berbudidaya!

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru lainnya? Langsung saja klik di sini.

Gambar utama: Pixabay.com


Sumber:

https://cantik.tempo.coread/1248116/selain-pengganti-nasi-ini-ragam-manfaat-kesehatan-ubi-jalar

https://www.alodokter.com/manisnya-nutrisi-di-dalam-manfaat-ubi-jalar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.