Melihat Robot Bebek Pengusir Hama Padi

Padi adalah salah satu sektor pertanian terbesar di Indonesia melihat dominansi kebutuhan pangan Indonesia adalah dengan mengkonsumsi beras. Namun ternyata dalam budidaya padi, hama tetap menjadi momok yang menakutkan bagi petani. Sehingga segala cara dilakukan oleh petani untuk menjaga agar tanaman tetap tumbuh baik dan tidak diganggu oleh hama. Salah satu upaya yang dilakukan para petani adalah dengan membuat robot bebek pengusir hama padi ini.

Baca Juga : 7 Tahap Sukses Membudidayakan Padi di Lahan Rawa

Jika pada umumnya petani mengusir hama dengan cara tradisional, tetapi tidak dengan yang satu ini. Inovasi ini sangat unik memanfaatan robot untuk menjaga padi kamu loh. Ya, kenalkan robot bebek, robot canggih pengusir hama padi!

Kemampuan unik dari inovasi robot bebek keren yang satu ini dapat menghancurkan gulma, memakan serangga hingga menyuburkan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Keren sekali bukan?

Saat ini, teknisi Nissan memiliki alternatif untuk membantu para petani menjaga padi-padinya. Nissan sedang menguji robot bebek pengusir hama (Roboducks) yang dibiarkan berkeliaran di sawah. Robot bebek ini akan berjalan dan dibiarkan di sawah sembari menjalankan tugasnya seperti mengeruhkan air untuk mengganggu gulma.

Baca Juga : 3 Teknologi Peningkatan Produksi Padi

Hal ini dilakukan untuk mengeruhkan air sehingga mencegah gulma mendapatkan sinar matahari agar tidak dapat tumbuh di sawah. Kemampuannya yang sangat baik dalam mengusir, mengendalikan berbagai hama sekaligus ramah lingkungan ternyata menjadi andalan dari robot ini.

Robot Bebek Pengusir Hama Proyek Pribadi

Robot ini merupakan proyek pribadi yang diwujudkan dengan fitur GPS, koneksi WiFi dan tenaga surya untuk meminimalkan dampak lingkungannya.

Baca Juga :5 Teknologi Tepat Guna yang Dibutuhkan Petani Padi

Hingga saat ini, Nissan belum memiliki isyarat untuk produksi massal robot bebek tersebut. Pasalnya robot bebek perlu dukungan upaya dari teknisi sebelum akhirnya benar-benar diproduksi.

Ketertarikan negara pada robot pekerja sebagian didorong oleh penurunan populasi dan kurangnya staf dalam perusahaan. Roboducks ini diharapkan bisa mengurus pertanian padi besar tanpa memerlukan banyak pekerja.

Dilansir dari Tekno Liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.