Melihat Robot Bebek Pengusir Hama Padi

Padi adalah salah satu sektor pertanian terbesar di Indonesia melihat dominansi kebutuhan pangan Indonesia adalah dengan mengkonsumsi beras. Namun, dalam budidaya padi, hama tetap menjadi momok yang menakutkan bagi petani. Oleh karena itu, segala cara dilakukan oleh petani untuk menjaga agar tanaman tetap tumbuh baik dan tidak diganggu oleh hama.

Jika pada umumnya petani mengusir hama dengan cara tradisional seperti menggunakan pestisida atau orang-orangan sawah, tetapi tidak dengan yang satu ini. Inovasi ini sangat unik yaitu memanfaatkan robot untuk menjaga padi. Ya, kenalkan robot bebek, robot canggih pengusir hama padi! Robot bebek yang keren ini dapat menghancurkan gulma, memakan serangga hingga menyuburkan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Keren sekali bukan?

Saat ini, teknisi Nissan memiliki alternatif untuk membantu para petani dalam menjaga padi-padinya. Nissan sedang menguji robot bebek pengusir hama (Roboducks) yang dibiarkan berkeliaran di sawah. Robot bebek ini akan berjalan dan dibiarkan di sawah sembari menjalankan tugasnya seperti mengeruhkan air untuk mengganggu gulma.

Baca Juga : 3 Teknologi Peningkatan Produksi Padi

Hal ini dilakukan untuk mencegah gulma mendapatkan sinar matahari agar tidak dapat tumbuh di sawah. Kemampuannya yang sangat baik dalam mengusir, mengendalikan berbagai hama sekaligus ramah lingkungan ternyata menjadi andalan robot ini.

Robot Bebek Pengusir Hama adalah Proyek Pribadi

Robot ini merupakan proyek pribadi yang diwujudkan dengan fitur GPS, koneksi WiFi, dan tenaga surya untuk meminimalkan dampak lingkungannya. Hingga saat ini, Nissan belum memiliki isyarat untuk produksi massal robot bebek tersebut. Pasalnya, robot bebek perlu dukungan upaya dari teknisi sebelum akhirnya benar-benar diproduksi.

Ketertarikan negara pada robot pekerja sebagian didorong oleh penurunan populasi dan kurangnya staf dalam perusahaan. Roboducks ini diharapkan bisa mengurus pertanian padi besar tanpa memerlukan banyak pekerja.

Baca Juga :5 Teknologi Tepat Guna yang Dibutuhkan Petani Padi

Dilansir dari Tekno Liputan6

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.