Segudang Manfaat Bunga Krokot yang Wajib Diketahui

Mau tau informasi mengenai manfaat bunga krokot. Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Bunga Krokot

Tanaman krokot merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat, meskipun pada awalnya tanaman ini disangka sebagai gulma karena terlihat seperti rerumputan.

Namun, setelah banyak yang mengetahui manfaat krokot, tanaman ini dibudidayakan oleh banyak orang.

Tanaman krokot mempunyai ciri seperti bunga cantik berwarna-warni, daunnya lunak dan berukuran kecil, dan batangnya berwarna kemerahan serta kehijauan.

Setiap bagian tanaman ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, mulai dari daun krokot, akar, batang, hingga manfaat bunga krokot.

manfaat krokot
pxhere.com

Baca juga: Manfaat Bunga Matahari dan Cara Mengolahnya

Manfaat Bunga Krokot

Selain memiliki bentuk yang indah, bunga krokot juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Biasanya, bunga ini diolah bersama daun, akar serta batang tanaman menjadi ramuan alami yang menyehatkan.

Berikut ini merupakan manfaat bunga krokot yang wajib diketahui,

Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ tubuh penting yang mesti dijaga. Bukan hanya dengan mengkonsumsi alpukat dan nanas saja, untuk mencegah penyakit jantung.

Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan air perasan krokot yang baik dikonsumsi.

Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang menyerang bagian organ usus, yang ditandai dengan beberapa gejala seperti, diare, kram pada perut, demam, mual, hingga muntah.

Untuk mengobati disentri secara alami, Anda bisa memanfaatkan bunga krokot. Caranya dengan membuat ramuan dari bunga krokot lalu mengkonsumsinya.

Mengobati Penyakit Maag

Jika anda memiliki keluhan penyakit maag, Anda bisa mengobatinya secara alami dengan mengkonsumsi ramuan bunga krokot. Pasalnya, manfaat krokot baik untuk mengatasi penyakit maag.

Cara membuat ramuan bunga krokot ini yaitu dengan menghaluskan bunga krokot bersama akar, batang, serta daunnya, setelah itu diperas. Anda bisa langsung meminum air perasan tersebut untuk mengatasi maag.

Mencegah Penuaan Dini

Krokot memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, yaitu mencegah penuaan dini. Karena, bunga krokot memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk melindungi sel kulit dari serangan radikal bebas.

Sehingga, jika Anda mengkonsumsi bunga krokot, wajah akan terlihat lebih muda.

manfaat krokot
pxhere.com

Baca juga: 3 Manfaat Utama Tanaman Saffron Crocus

Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan memanfaatkan bunga krokot. Anda bisa membuat ramuan bunga krokot dan mengkonsumsinya untuk menjaga kestabilan pada tekanan darah.

Selain mengkonsumsi ramuan krokot secara rutin, Anda juga perlu menerapkan hidup sehat seperti rajin berolahraga, mengatur pola makan sehat, hindari rokok serta kafein untuk menjaga tekanan darah.

Meningkatkan Stamina serta Vitalitas

Untuk menjaga dan menambah stamina serta vitalitas, bisa mengkonsumsi ramuan bunga krokot secara rutin.

Disamping itu juga perlu melakukan olahraga seperti skipping dan wall sit

Mengatasi Rasa Nyeri serta Pegal

Rasa nyeri dan pegal pada tubuh disebabkan karena terlalu banyak melakukan aktivitas. Untuk mengatasi nyeri dan pegal,  perlu istirahat dengan cukup dan mengkonsumsi ramuan krokot.

Karena bunga krokot memiliki manfaat untuk mengatasi rasa nyeri serta pegal agar cepat pulih.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Untuk mengobati infeksi saluran kemih secara alami, bisa membuat serta meminum ramuan bunga krokot.

Pasalnya, ramuan bunga krokot mampu mengatasi bakteri yang terkontaminasi pada organ saluran kemih.

Mengatasi Keputihan

Setiap wanita pasti pernah mengalami masalah keputihan abnormal.

Namun tak perlu khawatir, bisa memanfaatkan kandungan penting dalam bunga krokot mampu mengatasi permasalahan keputihan abnormal tersebut.


Itulah informasi menegenai berbagai manfaat bunga krokot. Semoga informasi yang diberikan dapat bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Mengenal Bunga Puring dan Cara Menanamnya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • http://manfaat.co.id/manfaat-bunga-krokot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.