Staregi Pencapaian Ketahanan Pangan Nasional Saat Pandemi

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai pencapaian ketahanan pangan nasional saat pandemi berlangsung

Ketahanan Pangan Nasional

Mengurangi Konsumsi Beras

jagung
pexel.com

Baca juga: Antisipasi Perubahan Iklim Dengan Sistem Konservasi

Setiap negara sekarang tengah mengahadapi kelangkaan pangan akibat dampak Covid-19 yang belum menemukan titik terang dalam penanganan nya.

Saat ini pemerintah Indoensia tengah mengambil strategi dalam menjaga ketahanan pangan dan terlepas dari krisis pangan saat masa pandemi.

Pemerintah akan menjamin ketersediaan pangan seta mengambil langkah-langkah seperti mengupayakan intensifikasi yaitu meningkatkan produktivitas pertanian yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan lahan pertanian yang telah ada.

Selain itu dilakukan diversifikasi, penguatan Cadangan Beras Pemeritah Daerah (CBPD), serta membangun Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).

Mengurangi ketergantungan konsumsi beras, diperlukan kampanye diversifikasi atau penganekaragaman pangan, bahwa pemenuhan pangan tidak selalu beras.

Namun masih banyak komoditas lain di setiap daerah yang bisa dijadikan makanan pokok pengganti beras.

Hal ini didorong dengan kekayaan Indonesia yang memiliki beragam sumber daya alam berupa berupa ragam sumber hayati penghasil karbohidrat tinggi.

Ditambah lagi akan akan dilakukan pengembangan pangan skala luas (food estate). Kebijakan ini merupakan langkah menciptakan ketahanan pangan untuk jangka menengah dan panjang

Yang memerlukan perencanaan yang baik, kehati-hatian, dan tidak sporadis serta dengan kalkulasi hasil produksi yang nyata.

Strategi Ketahanan Pangan

cabai
pixabay.com

Baca juga: Menuju Swasembada Bawang Putih Agar Terlepas Dari Impor

Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki strategi jitu dalam menjalankan pembangunan pertanian di tahun 2021 memdatang.

Strategi itu di antaranya adalah memperkuat ketahanan pangan, meningkatkan daya saing pertanian di pasar global, pengembangan sumber daya pertanian serta menjamin ketersediaan sarana dan prasarana produksi pertanian.

Menurut Mentan, kelima strategi tersebut memiliki sasaran akhir, yakni mewujudkan kemandirian pangan nasional, mencukupi kebutuhan pangan penduduk Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Untuk mempercepat semua target tersebut, Mentan mengaku telah menginstruksikan semua direktorat jenderal teknis pada lingkup Kementan untuk segera melakukan pengelolaan dan tanggung jawab sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Dengan demikian, masing-masing direktorat wajib merumuskan semua program kegiatan strategis yang telah mengalami penyesuaian termasuk dalam penganggarannya yang telah disetujui bersama Komisi IV DPR RI.


itulah informasi mengenai menjaga ketahanan pangan nasional saat masa pandemi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Apa itu Perjanjian Perdagangan Bebas Pada Produk Pertanian ?

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.