Strategi KKP Lawan Corona Dalam Menjaga Ketersediaan Perikanan

Mau tau informasi mengenai strategi untuk menjaga ketersediaan perikanan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Ketersediaan Perikanan RI

Usaha KKP Melawan Corona

strategi KKP
merahputih.com

Baca juga: Dampak Ekspor Perikanan Akibat Virus Corona

Dalam kondisi pandemi corona memang sangat dibutuhkan dalam memastikan ketersediaan pangan untuk beberapa bulan kedepan.

Dampak yang diberikan ketika virus corona melanda Indonesia sangat besat pengaruhnya pada sektor perdagangan.

Di tengah wabah Corona ini, masyarakat untuk tetap mengonsumsi ikan, bahkan lebih ditingkatkan lagi.

Ikan dengan kandungan gizinya yang tinggi merupakan asupan yang pas untuk membantu tubuh agar tetap sehat guna menangkal serangan virus corona.

Dengan mengonsumsi ikan kita juga telah membantu nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar ikan untuk tetap memperoleh penghasilan di tengah situasi yang sulit ini.

Dalam kondisi yang pelik seperti ini sebaiknya setiap warga Indonesia saling bahu membahu untuk terlepas dari wabah virus corona.

Melihat hal tersebut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui terus memantau ketersediaan, perkembangan pasokan dan harga ikan di Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak Covid-19 jika usaha perikanan terinfeksi corona.

Pemantauan dilakukan melalui telekomunikasi dengan berbagai sumber antara lain pihak pelabuhan perikanan, sentra produksi budidaya, eksportir, pengelola gudang beku dan pasar retail.

Adapun lokasi pemantauan yang telah dilakukan di antaranya Bali, DKI Jakarta, Surabaya, Kendari, Purwakarta, Bekasi, Pekalongan, Trenggalek, Malang,

Cilacap, Indramayu, Tegal, Gunung Kidul, Bitung, Makassar, dan Kota Ternate. Nantinya akan berlanjut ke lokasi sentra produksi dan pengolahan ikan lainnya.

Strategi Menjaga Persediaan Perikanan

strategi KKP
kompas.com

Baca juga: Melirik Potensi Budidaya Perikanan di Riau

Untuk menjaga stabilitas harga ada strategi khusus untuk mencapainya, sehingga pelaku usaha dapat terhindar dari kerugian dan produksi ikan terserap.

Stategi adalah kerja sama dengan Kemensos agar terjadi sinergi yang berdampak langsung di masyarakat berupa penyaluran bahan baku ikan segar

Dan olahan dengan cara Bantuan Pangan Non Tunai, yang sebagian dari itu dapat dibelikan ikan.

Selain itu dapat pula dilakukan strategi lain yang disiapkan KKP adalah optimalisasi pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) ikan atau dikenal dengan sistem tunda jual.

Dengan begitu, pada saat harga turun, nelayan dan pembudidaya ikan tidak mengalami kerugian dengan menitipkan produknya di Gudang Beku (cold storage) yang ditunjuk dalam SRG

Serta dapat menjualnya kembali saat harga membaik. Bahkan resi dari penitipan ikan di Gudang Beku, dapat dijaminkan ke lembaga pembiayaan untuk mendapatkan dana tunai sebagai modal usaha.


Itulah informasi mengenai strategi menjaga ketersediaan perikanan RI. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Hadirkan Cold Storage Untuk Eskpor Perikanan

Sumber: Detik.com

Gambar Unggulan : PT Sarana Tani Pratama

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini